Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang tidak pernah kehabisan destinasi wisata yang menarik dikunjungi bagi wisatawan. Salah satu destinasi wisata di Jogja yang wajib kalian kunjungi adalah Seribu Batu Songgo Langit.

Wisata satu ini akan membawa kalian seperti berada di negeri dongeng. Suasananya yang asri dan sejuk membuat siapa saja cinta dengan kota ini. Banyak spot menarik yang bisa kalian coba seperti rumah Hobbit, kincir Angin, Rumah seribu kayu dan masih banyak lagi.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Letak wisata Seribu Batu Songgo Langit berada tidak jauh dari gerbang utama di Kawasan hutan Pinus Mangunan Yogyakarta. Untuk itu, jika kalian hendak berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit berada di Kawasan Dlingo, disini kalian akan disuguhkan dengan berbagai macam spot foto antimainstream yang membuat Anda serasa berada di negeri dongen.

Rutenya, kalian langsung saja menuju ke arah Kebun Buah mangunan. Kemudian, ikuti arah ke Terminal Giwangan, lalu lurus ke selatan menuju arah jalan Imogiri Timur sampai kaliam menemukan Pasar Imogiri. Setelah itu belok kiri dan ikuti jalan menuju ke arah makam Raja Imogiri, sampai nemu pertigaan sebelum makan, lalu ambil arah kanan ke Kebun Buah Manungan, kemudian ikuti saja petunjuk ke arah wisata Seribu Batu Songgo langit.

Sedikit info, sebelum menjadi objek wisata,  Seribu Batu Songgo Langit ini memiliki ribuan batu dan hutan pinus yang menjulang tinggi. Tentu nama wisata ini memiliki maknanya tersendiri, dimana Songgo Langit memiliki arti Penyangga Langit. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan di lokasi tersebut terdapat bukit yang seakan-akan merupakan tiang dari langit.

 

Kembali ke pembahasan destinasi wisatanya..

Saat kalian memasuki lokasi wisata tersebut kalian dari gerbang harus menuruni tangga yang terbuat dari kayu untuk mendapatkan spot foto pertama yakni Rumah Dongeng Seribu Kayu. Di spot foto satu ini, kalian disuguhkan pemandangan rumah kecil yang ditata secara mengerucut sehingga menghasilkan angle foto yang sangat cantik.

Selain itu, kalian juga bisa sejenak duduk melepas lelah di bawah pohon pinus sebelum akhirnya kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju rumah Hobbit. Rumah Hobbit ini menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan, sehingga tidak heran jika kalian perlu mengantri untuk mendapatkan foto di rumah Hobbit tersebut.

Untuk mendapatkan panorama alam yang lebih indah, kalian harus mendaki lebih tinggi lagi ke puncak bukit songgo langit tersebut. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer dari rumah Hobbit menuju puncak bukit. Meski cukup melelahkan, namun hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kalian sehingga kalian harus menyiapkan tenaga dan stamina untuk mencapai puncak bukit tersebut.

Bukankah untuk mendapatkan hasil yang indah perlu dilakukan perjuangan???

Tidak akan membosankan selama kalian mendaki ke puncak, karena dalam perjalanan kalian akan melihat pemandangan dari hamparan pohon pinus yang tinggi dan menyejukkan mata. Tidak perlu takut kesasar karena sepanjang jalan kalian disiapkan petunjuk jalan dan tempat beristirahat.

Perlu diingat kalian tetap harus menjaga kebersihan lingkungan disana ya, untuk itu mohon tidak buang sampah sembarangan selama berada di wisata tersebut.

Sesampainya di puncak bukit songgo langit, rasa lelah kalian semua akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat indah. Di puncak tersebut kalian bisa melihat hamparan sawah yang luas dan beberapa rumah warga.

Yang lebih menarik perhatian, khususnya kalangan anak muda yaitu berbagai spot foto unik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Selain itu, kalian juga bisa menikmati sunrise atau sunset jika kalian datang di waktu yang tepat.

Harga Tiket Masuk Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Untuk harga tiket masuk wisata Seribu Batu Songgo Langit cukup murah, kalian harus menyiapkan kocek sebesar Rp. 2000 per orang. Dan untuk kendaraan juga dikenakan biaya sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Sangat murah bukan?

Tidak perlu ragu lagi berkunjung di wisata ini, keindahan alam dan panorama dari Seribu Batu Songgo Langit ini memang sangat memukau, ditambah banyak spot foto menarik yang bisa kalian nikmati. Untuk itu, jika kalian berwisata di kota Jogja dan bingung mau kemana, jadikan wisata satu ini sebagai daftar wisata yang wajib kalian kunjungi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *