Malang memang banyak menawarkan tempat wisata menarik yang didukung oleh kontur alam yang dimilikinya. Berlibur dan berwisata memang menjadi cara paling tepat untuk mengembalikan semangat setelah berjibaku dengan rutinitas yang padat. Kota Malang ini memang pantas dijuluki sebagai surganya tempat wisata, karena setiap tahun selalu saja ada tempat wisata baru yang menarik. Nah, di bawah ini ada 3 tempat wisata hits di Pujon, Malang yang wajib untuk dijelajahi. Langsung simak dulu yuk!

Flora Wisata San Terra Pujon

Salah satu yang terbaru adalah Flora Wisata San Terra Pujon, tempat ini memiliki taman bunga yang menjadi salah satu spot instagrammablenya. Destinasi wisata baru ini juga memiliki koleksi 150 jenis bunga dengan berbagai warna yang cantik. Dengan fasilitasnya yang lengka dan rute yang mudah diakses, membuatnya menjadi destinasi utama bagi para pelancong yang datang untuk berlibur di Malang.

Tempat wisata satu ini baru dibuka secara resmi pada tanggal 24 Desember 2019 lalu dan berdiri di lahan seluas 4 hektar. Walaupun tergolong tempat wisata baru, namun tempat ini berani memasang target 250 ribu wisatawan setiap tahunnya, dan kini sudah mulai tertarget. Bagi wisatawan yang suka hunting foto, tempat ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain taman bunga, ada juga beberapa wahana lain seperti istana balon, kuda hunting, otopet, trampoline, dan beberapa wahana permainan seru lainnya.

Walaupun fasilitasnya lengkap, dan tempatnya yang cantik, destinasi wisata baru di Malang ini mematok harga tiket masuk yang cukup terjangkau loh. Setiap pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 saja bago orang dewasa dan Rp 20.000 untuk pengunjung anak-anak.

Sedangkan untuk lokasinya berada di Dusun Sebaluh, Desa Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang. Atau berjarak 29 km dari pusat Kota Malang, dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Tempat wisata di Malang ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai 18.00.

Desa Wisata Pujon Kidul, Tempat Wisata Hits Di Pujon

Selain Flora Wisata San Terra, ada juga tempat wisata hits di Pujon lainnya. Salah satunya adalah Desa Wisata Pujon Kidul yang sempat menyedot perhatian para wisatawan. Pesona utamanya adalah café yang berada di tengah persawahan dengan kuliner khas Malang sebagai sajiannya.

Selain café dengan pemandangan petak-petak sawah dan pegunungan, desa wisata ini juga memiliki aktifitas wisata lain seperti camping, membuat biogas, hingga menanam aneka sayur. Menarik sekali bukan?

Air Terjun Sumber Pitu

Ingin yang lebih alami? Pujon juga punya air terjun cantik bernama sumber pitu loh. Air terjun ini berada di wilayah hutan perhutani Kabupaten Malang, dalam Bahasa Indonesia sumber pitu berarti air terjun yang memiliki tujuh sumber.

Seperti Namanya, air terjun ini memiliki tujuh aliran air terjun yang saling berdekatan dan memenuhi tebing selebar 50 meter. Secara administratif air terjun ini masuk ke dalam wilayah Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Namun untuk menuju ke sana, akses paling mudah bisa melewati jalur Batu-Kediri. Jika wisatawan datang dari arah Kota Malang, langsung saja menuju ke Kota Wisata Batu, dari Kota Batu kemudian ambil arah menuju Kediri, lurus saja hingga di pertigaan patung sapi Ringin Punden lalu belok ke arah kiri. Dari sana, lanjutkan perjalanan lurus menuju ke arah barat menuju ke Desa Pujon Kidul.

Untuk menikmati cantiknya air terjun ini, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri perkebunan sayur miliki warga sekitar dan hutan milik perhutani sejauh 2 km. 100 meter dari air terjun, wisatawan masih harus mendaki lagi untuk lebih dekat menuju air terjun utama. Karena sangat licin, wisatawan harus sangat berhati-hati dan usahakan memakai pakaian dan alas kaki yang tepat.

Setelah perjalanan Panjang yang cukup menantang tersebut, rasa lelah pasti akan hilang seketika setelah melihat keanggunan air terjun Sumber Pitu. Jernihnya air yang berpadu dengan tebing tinggi yang ditumbuhi tanaman hijau, membuatnya layak untuk dikagumi.

Apalagi dengan udaranya yang sejuk khas pegunungan, siapapun yang datang pasti betah untuk berlama-lama menikmati kecantikan dari air terjun perawan ini. Nah, itulah 3 tempat wisata hits di Pujon, Malang yang wajib untuk masuk ke dalam list kunjunganmu. Punya daftar tempat wisata lain yang wajib untuk dikunjungi? Share di kolom komentar yuk!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *