Semarang tidak saja terkenal sebagai sebutan Kota Lumpia saja, namun juga identik dengan wisata sejarah dan budayanya yang kental. Apalagi, kalau mulai membicarakan soal bangunan tua yang menyimpan kisah bersejarah, Semarang adalah salah satu kota yang patut dikunjungi. Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, yang mana Kota Semarang ini termasuk salah satu dari lima kota metropolitan di Indonesia.

Sebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Semarang yang wilayahnya cukup luas ini juga menyimpan potensi wisata yang beragam. Dari sekian banyaknya destinasi wisata di Semarang, berikut ini 4 destinasi andalan Kota Lumpia yang identik dengan unsur sejarah dan budayanya.

Wisata Sejarah Di Lawang Sewu Semarang

Siapa sih yang tidak pernah dengar nama Lawang Sewu? Destinasi ini menajdi salah satu daya tarik dan merupakan salah satu objek wisata utama dari Semarang. Jika kamu masih berpikir destinasi satu ini menyeramkan dan horror untuk, hhmm buang jauh-jauh dulu deh! Gedung yang dulunya adalah kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschapiji atau NIS ini berada di bundaran Tugu Muda. Disebut dengan Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki banyak pintu meskipun pada kenyataannya jumlah pintu tersebut tidak sampai seribu buah.

Bangunan yang menjadi destinasi wisata sejarah di Semarang ini tidak hanya terkenal di kotanya saja, tapi juga sangat populer di seluruh Indonesia karena fenomenal akan warna sejarahnya yang kuat. Menjadi ikon dari Kota Semarang, bangunan ini juga menjadi bukti kegigihan para pejuang di Kota Semarang dalam mengusir penjajah melalui pertempuran 5 hari.

Sam Po Kong, Wisata Sejarah Di Semarang Yang Unik

Lokasinya berada di daerah Simongan, atau sebelah barat dari Kota Semarang. Destinasi yang berupa sebuah petilasan ini, merupakan bekas tempat singgah dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok bernama Zheng He atau Cheng Ho yang saat itu sudah beragama Islam.

Di tempat ini kamu bisa melihat empat kelenteng yang sekaligus bisa kamu kunjungi. Yaitu, Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Sam Poo Tay Dijen, Kelenteng Juru Mudi, dan Kelenteng Kyai Jangkar. Salah satu tempat wisata sejarah di Semarang ini juga menjadi favorit para traveler untuk berfoto, karena areanya yang memiliki nuansa oriental yang sangat kental dan membuat siapapun merasa seperti tengah berada di Negeri Tirai Bambu.

Kota Lama Semarang Yang Tak Pernah Padam

Kota yang identk dengan potensi budayanya ini, memiliki kawasan yang pada abad ke 19 dan 20 menjadi pusat kawasan perdagangan, yang tepatnya berada di Kota Lama Semarang.kawasan ini juga menjadi saksi bisu atas penjajahan Belanda di Indonesia. Sekitar 50 bangunan kuno masih berdiri kokoh di tempat yang kini menjadi destinasi wisata sejarah kolonialisme di Semarang ini. Memiliki arsitektur khas Eropa klasik menjadi salah satu alasan menarik mengapa kamu harus datang mengunjunginya. Selain tentunya juga menelusuri jejak sejarah yang tertinggal dan menjadi saksi atas kegigihan para pemuda Semarang dalam melawan kolonialisme.

Masjid Agung Jawa Tengah, Wisata Sejarah Di Semarang Sekaligus Wisata Religi

Masjid bersejarah ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan baru selesai pada tahun 2006 silam. Bangunan yang menjadi tempat beribadah bagi pemeluk Agama Islam ini berdiri di atas lahan 10 hektar. Salah satu yang membuat Masjid Agung menarik adalah gaya arsitekturnya yang memiliki campuran Jawa, Islam, dan Romawi. Bangunan utama dari masjid beratap limas yang khas bangunan Jawa, namun pada ujungnya dilengkapi dengan kubah yang berdiameter 20 meter ditambah juga dengan tiang yang memiliki tinggi 62 meter. Di setiap penjuru atap Masjid juga terdapat Menara terpisah dari bangunan masjid yang tingginya mencapai 99 meter.

Beragamnya tempat wisata sejarah di Semarang bukan hanya atas latar belakang masa lalunya yang berupa kisah-kisah sejarah masa kolonial maupun kerajaan yang sempat berdiri di Indonesia. Namun juga terdapat kisah religi, yang di dalamnya menyadarkan kita untuk terus memperkuat toleransi terhadap sesama. Kamu tertarik berkunjung ke salah satu tempatnya? Yang mana nih? Komen di bawah yuk!

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *