Pastikan Harga Sewa Mobil di Jogja Cocok Untukmu, Sebelum Ambil Mobil Rentalan!

Cara aman menyewa mobil untuk wisata di Yogyakarta memang wajib menjadi perhatian wisatawan. Tentu bukan berarti banyaknya hal-hal yang merugikan saat merental mobil di Jogja, sayangnya setiap pengguna sewa mobil tempat wisata mesti tetap harus waspada. Wisata Jogja merupakan kota destinasi di Indonesia yang banyak dipilih wisatawan, karena ada banyak tempat-tempat wisata terbaik di Jogja.


Tips Aman Sewa Mobil Untuk Berwisata

Merental mobil merupakan pilihan wajib saat liburan ke luar kota. Anda bisa leluasa pergi ke tempat-tempat wisata pilihan dan dapat mengatur waktu liburan dengan baik jika merental mobil. Akan tetapi, ada hal lain yang wajib diperhatikan sebelum Anda menyewa mobil Jogja, karena perjalanan yang ditempuh tentu tak akan sama dengan kondisi di dalam kota seperti yang biasa dilalui. Selain itu, pastikan harga sewa mobil di Jogja cocok untukmu, karena Anda juga harus mempertimbangkan budget yang dimiliki.

  1. Pilih Jenis Mobil Sesuai Kebutuhan

Semakin besar kendaraan yang disewa, tentu saja budget yang dikeluarkan pun akan semakin besar, termasuk waktu penggunaan. Sebab sebelum Anda memilih sewa mobil sebaiknya pertimbangkan banyaknya rombongan yang ikut berwisata. Selain itu, pastikan kemana saja tempat tujuan yang akan Anda pilih, agar saat memilih sewa mobil Anda dapat menyesuaikan kebutuhan. Sehingga budget sewa mobil yang Anda persiapkan pun tidak mubazir. Contoh, ketika Anda menyewa mobil kecil tapi ternyata tidak cukup memuat anggota keluarga dan barang bawaan, hingga akhirnya acara wisata pun menjadi terhambat.

2. Cek Kondisi Mobil

Sebelum memilih mobil yang akan Anda gunakan untuk liburan, sebaiknya lakukan pemeriksaan eksterior mobil dengan jasa penyedia rental. Sehingga Anda bisa melihat body mobil yang lecet atau penyok. Selain itu, Anda juga bisa memfoto bagian pada mobil mana yang terlihat lecet atau penyok agar Anda bisa membuktikan apabila pemilik jasa sewa mobil mengklaim mobil lecet atau penyok, padahal sebelum Anda menyewanya lecet atau penyok pada mobil sudah ada.
Pilih kendaraan yang kondisinya masih prima, umumnya kondisi kendaraan yang masih bagus berusia setidaknya kurang dari 6 tahun. Lakukan pengecekan kelistrikan, kondisi rem, ban, mesin, dan kestabilan mobil. Anda bisa memakai alat bantu berupa voltmeter  saat pengecekan sumber listrik aki ataupun alternator. Sama halnya dengan permesinan, apabila dihidupkan selama beberapa menit sudah tersengal-sengal ini artinya mesin mobil sudah dalam kondisi tidak baik.

3. Bandingkan Harganya

Sebelum Anda memilih jasa rental mobil, penting sekali mencari referensi mengenai harga rental mobil yang ditawarkan jasa rental di Jogja. Hal ini penting agar Anda dapat memperoleh harga sewa lebih miring di bawah anggaran. Rental mobil sekarang ini sangat fleksibel, dimana harganya dapat menyesuaikan kebutuhan termasuk durasi penggunaan.
Jadi, jangan langsung tertarik dan memilih jasa sewa mobil yang mengiming-imingi harga rental murah tapi tidak masuk akal. Anda harus hati-hati, sebab dikhawatirkan ada yang tak beres saat di perjalanan. Sebenarnya cari harga sewa yang terjangkau sah-sah saja, tapi jangan mudah percaya karena bisa jadi hal tersebut jebakan. Karena itu, Anda harus cerdas membandingkan harga rental sesuai kebutuhan Anda.

4. Pilih Jasa Rental Terpercaya

Cari informasi mengenai jasa rental mobil lewat kenalan, teman, ataupun kerabat terpercaya. Sehingga Anda bisa mengetahui informasi lebih banyak berdasarkan pengalaman dari orang yang sudah menggunakan jasa sewa mobil tertentu sebelumnya.
Pelajari Perjanjian Rental Mobil Dengan Cermat

Setelah Anda menemukan jasa rental terpercaya misalnya, pelajari terlebih dulu perjanjian rental mobil yang diberikan oleh jasa rental mobil tersebut saat Anda hendak menyewa. Hal yang perlu ditanyakan ialah jika terjadi keterlambatan dalam pengembalian mobil. Ini harus diajukan sebab kondisi perjalanan selama wisata biasanya tak menentu. Bahkan bisa saja Anda terjebak kemacetan selama berjam-jam di perjalanan.

Itulah 4 tips aman sewa mobil Jogja yang harus diperhatikan sebelum Anda mengambil mobil rentalan yang dipilih. Tentu dengan proses perencanaan yang matang dapat membuat perjalanan selama liburan di Jogja lebih nyaman dan juga aman. Selain itu, pastikan memilih website Traveloka untuk mendapatkan mobil rentalan berkualitas dalam waktu singkat dan mudah. Semoga bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *