Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya di ujung Pulau Sumatera. Layaknya daerah lain di Indonesia, Aceh juga menyimpan destinasi wisata alam yang beragam dan tak kalah memukaunya. Luasnya yang mencapai 57.117 km persegi telah mencakup semua destinasi, seperti pantai, danau, pegunungan, perbukitan hingga air terjun. Nah, berbicara soal air terjun, berikut ini ada 5 air terjun di Aceh yang pasti memikat hatimu saat mengunjunginya nanti.

Kuta Malaka, Air Terjun Di Aceh Yang Bertingkat

Air Terjun Kuta Malaka adalah sebuah air terjun bertingkat yang airnya meluncur mulai dari ketinggian 3 sampai 6 meter pada tiap tingkatnya. Air terjun ini memiliki sumber mata air langsung dari pegunungan sehingga tidak mengherankan mengapa airnya terasa sangat menyegarkan.

Pesona lain yang dimiliki oleh salah satu air terjun cantik di Aceh ini adalah adanya telaga pada tiap tingkatnya yang bisa kamu gunakan untuk berenang maupun sekedar berendam dan bermain air. Air Terjun Kuta Malaka berada di Kabupaten Aceh Besar, pada ketinggian 600 meter  di atas permukaan laut dan menawarkan suasana alami dengan lokasinya yang lingkari oleh rimbunnya pepohonan.

Air Terjun Peucari Gampong Bueng Di Belantara Aceh

Rekomendasi air terjun di provinsi ujung Indonesia berikutnya adalah Peucari Gampong Bueng yang berada di Gampoeng Bueng, Jantho Aceh Besar. Kondisi alamnya yang masih terjaga dan terasa sangat alami dikarenakan tempat ini masih cukup jarang dijamah oleh wisatawan. Salah satu alasan mengapa tempat ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan adalah medannya yang cukup menantang. Untuk sampai di tempat ini kamu harus trekking sejauh 4,5 km atau sekitar 2 jam berjalan kaki. Kondisi jalannya pun licin dan penuh semak belukar. Pokoknya pas banget untuk kamu yang suka petualangan!

Pesona Air TerjunSuhom Lhoong

Air terjun satu ini memiliki sumber air yang berasal dari sebuah bukit, dan ketinggian tumpahan airnya yang mencapai 20 meter. Letak air terjun ini berada di Desa Suhom, Kabupaten Aceh Besar dan terbagi menjadi tiga tingkatan. Namun, dari ketiga tingkatan tersebut, wisatawan yang datang tidak boleh naik ke tingkat kedua dan tiga dikarenakan adanya pembangkit listrik bertegangan tinggi.

Walaupun begitu, kamu bisa menikmati kesegaran air terjun ini dari bawah dengan suasana alam di sekitarnya yang terasa sejuk nan mempesona. Air Terjun Suhom Lhoong juga dikelilingi banyak pohon durian, sehingga kalau kamu datang ke tempat ini ketika musim durian tentu saja kamu dapat menikmati suasana alamnya sambil menyantap legitnya buah durian.

Air Terjun Mengaya Yang Sembunyi Di Balik Perbukitan

Sesuai namanya, air terjun ini berada di Desa Mengaya, Kec Bintang, Kab Aceh Tengah. Air terjun cantik ini bersembunyi di balik perbukitan dan dikelilingi oleh hutan. Air terjun bertingkat ini memiliki air yang sangat jernih, bersih, dan dihiasi oleh bebatuan alami. Sebelum sampai di air terjun, kamu harus berjalan kaki dulu melintasi persawahan, kebun kopi, dan kawasan hutan.

Uniknya Air Terjun Blang Kolam

Air terjun yang terakhir masuk dalam daftar rekomendasi ini berada di Desa Sidomulyo, Kabupaten Aceh Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 75 meter, yang dikelilingi oleh kawasan hutan yang masih sangat lebat. Yang membedakannya dari air terjun lain adalah tempatnya yang dibatasi oleh bebatuan sehingga membuat airnya mengalir ke beberapa bendungan alami kecil layaknya kolam. Kamu bisa berenang bersama ikan-ikan kecil di kolam, kalau kamu merendam kaki di kolam ini, ikan-ikan tersebut akan berkerumun di sekitar kakimu untuk memakan sel kulit mati di kaki.

Lengkap sudah dafatr 5 air terjun di Aceh paling recommended untuk masuk ke dalam bucket list liburanmu. Kamu punya pengalaman mengunjungi salah satu destinasi wisata alam di aceh di atas? Atau punya daftar rekomendasi tempat wisata di Aceh maupun tempat wisata di Sumatera lainnya? Bagikan pada kolom komentar di bawah ini yuk! Siapa tahu kita bisa jalan-jalan bareng sobat cakrawala lainnya hehehee.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *