Travelling ke Pulau Bali kurang lengkap kalau tidak berburu makanan khas Bali, namun kebayakan restoran terkenal di sini selalu menawarkan aneka kuliner daging babi. Hal tersebut menjadikan traveller muslim sedikit was-was dan sedikit takut untuk berwisata kuliner di Bali. Tapi, sekarang untuk kamu para traveller muslim yang ingin liburan ke Bali tidak usah khawatir lagi. Karena, berikut ini ada daftar makanan khas Bali yang halal dan dapat menjadi rekomendasi kulinermu saat liburan di Pulau Dewata.

Nasi Tekor, Makanan Khas Bali Halal Yang Wajib Dicoba

Kuliner khas yang satu ini cukup unik karena masih sedikit asing didengar oleh kebanyakan wisatawan. Nasi tekor, adalah nasi yang dihidangkan di atas tekor atau pincuk yang merupakan wadah nasi tradisional yang biasanya terbuat dari daun pisang dan telah digunakan sejak dulu.

Kalau kamu tertarik mencicipinya? Kamu bisa langsung menuju ke kawasan Desa Budaya Kertalangu, Jalan By Pass Ngurah Rai Tohpati, No.28, Denpasar. Suasana di tempat ini seperti sebuah rumah makan tua lengkap dengan pernak-perniknya serta hiasan lain yang akan membawamu bernostalgia menuju ke masa kecil di rumah nenek. Menu nasi tekor sendiri terdiri dari nasi campur dengan lauk lawar biu batu, serapah ayam, sambal khas bali, ayam panggang, kuah ares, dan kriuknya kacang goreng.

Aneka Sajian Udang Di Bale Udang Mang Engking

Sesuai Namanya, restaurant satu ini terkenal dengan sajian udangnya. Aneka macam olahan udang terbaik bisa kamu coba di rumah makan ini. Salah satu yang paling favorit adalah menu Hurang Ageung yang merupakan berbagai varian udang yang dihidangkan dalam satu keranjang. Kalau penasaran, kamu bisa langsung mengunjungi Bale Udang Mang Engking di Kuta atau Ubud. Keduanya menawarkan suasana nyaman dengan nuansa pedesaannya yang kental. Bukan saja yummy tapi kamu juga dijamin betah berlama-lama di sini.

Gurihnya Makanan Khas Bali Sop Ikan Warung Mak Beng

Salah satu makanan khas Bali ini terkenal legendaris loh, tempat yang sudah dibuka sejak 1941 ini tidak pernah sepi pengunjung. Walaupun begitu, warung ini hanya punya satu menu yang menjadi andalannya, yaitu menu paket yang terdiri dari nasi putih, ikan goreng, sop ikan, dan sambalnya yang super pedas. Karena warungnya yang berada di pinggir Pantai Sanur, pasti suasananya lebih nyaman dan asik. Karena buka mulai jam 8 pagi, kamu bisa menyaksikan matahari terbit terlebih dahulu di Pantai Sanur yang kemudian dilanjutkan dengan menyantap sop ikan di Warung Mak Beng sebagai menu sarapan.

Ayam Bakar Taliwang Yang Bikin Kamu Mau Nambah Terus

Karena Pulau Bali bertetangga dengan Pulau Lombok, gak mengherankan kalau beberapa makanan khas Lombok juga bisa kamu nikmati di sini, khususnya di daerah Denpasar. Salah satu yang paling banyak dicari wisatawan adalah Ayam Bakar Taliwang Baru yang lokasinya berada di Jl Teuku Umar Denpasar.

Kebanyakan wisatawan akan mampir untuk makan di tempat ini setelah puas berbelanja di pusat oleh-oleh Erlangga atau Krisna Oleh Oleh Bali. Menu wajib yang kudu dicoba adalah ayam bakar, ada juga menu ayam plecing dan ayam sasak buat kamu yang kuat makan pedas. Sebagai pendampingnya wajib untuk memesan plecing kangkung atau beberuk terong. Kalau kalian heran kenapa ayamnya kecil, itu karena ayam yang digunakan adalah ayam kampung asli.

Makanan Khas Bali Ayam Kedawatan

Kalau kamu sedang liburan di daerah Ubud, ada makanan halal paling eksis yang wajib dicoba yaitu Nasi Ayaman Kedawatan Bu Mangku. Berada di bangunan pendopo yang merupakan rumah khas Bali, kamu bukan saja dihidangkan dengan sajian yang menggembirakan perut, tapi juga suasana tradisional dengan pekarangannya yang luas khas Bali.

Sesuai namanya, tempat ini hanya memiliki menu berbahan ayam, satu porsi nasi ayam dihidangkan bersama pelengkapnya yang berupa nasi lilit, ayam sisit, ayam goreng, sambal, dan sayur. Dengan 25.000 rupiah saja kamu sudah bisa membungkam perut yang keroncongan. Murah kan?

Itulah lima makanan khas Bali yang jadi rekomendasi sajian kuliner bagi traveller muslim seperti kamu. Punya rekomendasi makanan halal lain di Bali? Share di kolom komentar yuk!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *