Indonesia memiliki panorama alam yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya, setiap tahunnya pun jumlah kunjungan wisatawan mengalami tren peningkatan. Salah satu yang bisa menjadi tujuan travellingmu adalah Kalimantan Barat. Mulai dari destinasi wisata alam, kekayaan budaya hingga makanan khas Kalimantan Barat yang worth it untuk dijajal. Penasaran? Langsung aja yuk kita berwisata kuliner di Kalimantan Barat! Eitss, sebelumnya simak dulu daftar rekomendasi kuliner khasnya di bawah ini.

Gurihnya Bubur Pedas Yang Mantap Disantap Saat Masih Hangat

Kalau melihat bentuk dan warnanya, mungkin kamu kurang tertarik untuk mencicipinya. Tapi, kalau sudah mencobanya sekali saja, pasti bakal ketagihan. Kuliner yang memiliki nama asli Bubbor Paddas ini sering dikira oleh kebanyakan orang sebagai salah satu makanan yang bercita rasa pedas, walaupun sebenarnya tidak. Kata pedas berasal dari perumpamaan yang berasal dari aneka macam sayuran dan rempah yang menjadi komposisi dari bubur ini.

Terdiri dari perpaduan aneka macam sayur, seperti kangkung, daun pakis, daun kunyit, jagung, daun kesum, dan beberapa jenis rempah-rempah. Campuran tersebut kemudian dimasak bersama kaldu sapi dan daging hingga matang. Rasanya sudah pasti gurih dan cocok disantap ketika masih dalam kondisi hangat.

Burung Punai, Makanan Khas Kalimantan Barat Yang Menggugah Selera

Makanan khas Kalimantan Barat selanjutnya adalah burung punai yang dilihat sekilas penampilannya mirip seperti sajian dari burung dara. Burung punai sendiri memiliki bulu berwarna hijau dan paruhnya berwarna kemerahan yang biasanya hidup secara berkelompok. Banyak sekali olahan yang terbuat dari burung punai, salah satu yang populer adalah burung punai goreng dan bakar.

Sebagai pelengkap hidangan biasanya akan ditambah lalapan, sambal dan nasi hangat yang membuatnya semakin terasa mantab! Dagingnya yang empuk dan gurih, serta rasa khas dari bumbu-bumbu ala Kalimantan Barat membuatnya terasa begitu nikmat, apalagi kalau disantap ketika malam hari bersama sahabat maupun keluarga.

Wisata Kuliner Di Kalimantan Barat Tidak Lengkap Tanpa Mencicipi Lek tau Suan

Lek tau Suan memiliki arti butiran Mutiara kacang hijau, Namanya diambil dari penampilannya yang seperti butiran kacang hijau berkilauan. Sajian ini dibuat dari kacang hijau kupas yang kemudian dimasak dengan kuah kental bening. Kuahnya tersebut terbuat dari tepung tapioka lalu dicampur dengan gula dan daun pandan agar beraroma harum. Penyajiannya biasanya dilengkapi dengan ca Kwee garing, dan paling pas dinikmati ketika hari sedang hujan atau saat malam hari. Hhmm, tentu rasa manis dan hangat akan membuatmu merasa merindukan makanan yang satu ini.

Segarnya Sagu gunting / Ce Hun Tiao / Su Fun Tiao

Makanan khas Kalimantan Barat berikutnya adalah sagu gunting atau Ce hun Tiao dalam Bahasa China yang berupa es khas Pontianak. Minuman ini terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang dalam penyajiannya dipotong tipis layaknya mie.

Selanjutnya akan disajikan bersama ketan hitam, kacang merah, Mutiara, dan bongko yang kombinasinya membuat minuman satu ini semakin terasa unik. Paling cocok kalau dinikmati ketika siang hari yang terik atau sore hari. Penasaran? Banyak kok penjual kaki lima yang menawarkan menu es yang satu ini.

Sotong Pangkong, Makanan Khas Kalimantan Barat Yang Unik

Kuliner satu ini paling banyak dijajakan saat bulan Ramadhan, bahannya terbuat dari sotong atau cumi-cumi kering yang dibakar dan dipukul-pikul menggunakan palu sehingga menjadi pipih. Cara menyajikannya dengan menggunakan kuah sambal kacang dan lebih rasanya lebih nendang kalau ditambahkan sedikit cuka. Cara menikmatinya adalah dengan mencampurkan sotong ke dalam kuah sambal kacang dan biarkan hingga sotong mengembang dan menyerap bumbunya. Ketika sotong telah mengembang potong menggunakan tangan, karena kuahnya membuat sotong menjadi lembut. Rasanya pun semakin gurih dengan kuahnya yang terbuat dari campuran ebi dan beberapa rempah.

Itulah lima makanan khas Kalimantan Barat yang wajib untuk kamu cicipi saat jalan-jalan ke Kalimantan Barat. Sobat cakrawala punya daftar kuliner lain yang patut untuk dicoba saat di Kalimantan Barat? Langsung share yuk di kolom komentar!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *