Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan kuliner dan cita rasanya yang istimewa. Salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan makanan khas yang lezat dan menggugah selera adalah Minangkabau. Ada banyak makanan khas yang bisa kamu cicipi saat berwisata ke tempat ini, tapi kalau kamu masih belum tahu jenis makanan apa saja yang harus dicicipi, berikut ini daftar makanan khas Minangkabau.

Nasi Kapau, Makanan Khas Minangkabau Yang Mirip Nasi Padang

Kalau kamu lihat sekilas, nasi kapau ini sangat mirip dengan nasi padang atau nasi rendang, namun tetap saja ada perbedaan di anatraa makanan tersebut yang dapat kamu temukan. Nasi kapau sangat terkenal di antara masyarakat Minangkabau karena rasanya yang tidak kalah dari nasi rendang. Makanan satu ini sangat mudah kamu jumpai di daerah Agam, Sumatera Barat. Nasi ini disajikan bersama sambal dan aneka lauk-pauk khas Minangkabau. Makanan ini biasanya juga disajikan dengan gulai urat kaku sapi atau kerbau dan beberapa macam gulai lainnya. Salah satu lauk yang sering ditambahkan adalah sayur Nangka.

Makanan Khas Minangkabau Kalio Baluik

Kalio baluik terlihat sangat mirip dengan rendang, perbedaannya ada pada warnanya yang lebih coklat muda karena proses memasaknya yang tidak selama proses memasak rendang. Cita rasanya pun sangat menggoda dengan teksture yang sedikit lengket dan basah. Kalau dibandingkan dengan rendang, sajian khas Minangkabau ini lebih bervariasi karena terdapat banyak varian seperti daging ayam, hati sapi, dan daging kerbau.

Lamang Tapai, Jajanan Khas Minangkabau

Jajanan khas Minangkabau satu ini memiliki rasa yang legit, dengan bahan dasarnya yang berasal dari ketan. Ketan yang telah dibersihkan akan dimasak dengan santan kelapa dan dimasukkan ke dalam bambu. Kemudian, bambu tersebut akan dibakar hingga ketan di dalamnya matang, tidak heran kalau makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang unik. Jajanan ini terasa makin nikmat kalau disantap bersama ketan hitam. Biasanya jajanan ini banyak disajikan ketika Ramadahan, rasa manis dan sedikit asam pasti menggugah seleramu untuk segera mencicipinya.

Lengkapi Perjalananmu Dengan Menikmati Bubur Kampiun

Perjalananmu di Minangkabau semakin lengkap setelah mencicipi menu yang satu ini. Sajian ini lebih bervariatif karena terdiri dari bubur sumsum, ketan putih, bubur kacang hijau, bubur candil, bubur ketan hitam, ubi, dan kolak pisang. Semua bahan tersebut akan didajikan satu dan dikukus bersama sehingga ada 6 kelezatan dalam satu makanan. Kamu juga akan merasakan cita rasa unik yang mungkin tidak dijumpai pada jenis kuliner lainnya. Sajian ini bisa kamu temukan dengan mudah ketika bulan Ramadhan.

Sate Padang Khas Minangkabau

Sate padang ini adalah salah satu makanan khas Minangkabau yang tak kalah lesatnya dari makanan khas lainnya. Kalau sate Madura biasanya dibumbui dengan kecap dan bumbu kacag, berbeda dengan sate yang satu ini yang disajikan bersama uah kaldu kental yang kaya rempah. Teksturnya pun terasa kenyal dan pas dengan cita rasa bumbunya yang khas.

Dendeng Balado Minangkabau

Dendeng balado ini adalah salah satu makanan khas Minangkabau yang sudah terkenal di banyak wilayah di Indonesia. Bahkan, karena kelezatannya sangat sayang rasanya kalau kamu melewatkan makanan yang satu ini ketika berada di Minangkabau. Dendeng tersebut umumnya terbuat dari sapi yang diolah sedemikian rupa dan dimasak dengan bumbu balado yang sedikit pedas. Agar makin nikmat, kamu bisa menyantapnya bersama nasi putih hangat.

Palai Rinuak Yang Sekilas Mirip Pepes Ikan

Dari tampilannya makanan ini memang sangat mirip dengan pepes ikan. Menu khas Minangkabau ini menggunakan bahan dasar ikan rinuak yang bentuknya sangat mirip dengan ikan teri. Ikan jenis ini juga sangat mudah dijumpai di danau Maninjau, sehingga menjadi salah satu yang sangat khas dari wilayah sekitarnya. Ikan tersebut akan dipepes dengan bumbu rempah khas Minangkabau dan ditambah parutan kelapa untuk menambah rasa gurihnya. Setelah itu, ikan tersebut akan dikukus dengan daun pisang yang kemudian dikukus hingga matang. Biasanya ketika ikan rinuak sedang tidak musim, masyarakat akan menggantinya dengan ikan teri.

Itulah 7 makanan khas Minangkabau yang bisa kau cicipi ketika liburan di Minangkabau. Kamu pernah mencicipi salah satu di anataranya? Atau punya rekomendasi sajian khas daerah lain yang wajib untuk dicoba? Komen yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *