Jepara masih simpan keelokan alam terselinap, dari bermacam pelosok Jepara, ada keelokan alam yang paling memikat, salah satunya ialah air terjun. Berbicara masalah air terjun, di Jepara Jawa tengah ada salah satunya air terjun yang populer dengan legenda hubungan cintanya yakni Air Terjun Jurang Nganten. Air Terjun yang ini berada di Dusun Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara.

Kabarnya, penamaan Jurang Nganten oleh warga karena dahulunya ada pasangan pacar yang menikah tanpa restu orang tuanya. Satu hari mereka naik kereta yang diambil oleh kerbau, di saat melalui tempat ini, kereta itu terjerumus ke jurang hingga tempat ini diberi nama Air Terjun Jurang Nganten. Disitu, Anda akan mendapati panorama yang pasti akan buat Anda kerasan lama-lamaan. Kondisi alam masih alami karena tidak ada pertanda terlibat manusia, debet airnya relatif banyak sama air yang jernih dan sejuk.

Di Jurang Nganten ada Dua lajur yang dapat diputuskan oleh Anda, lajur yang pertama ialah lajur yang bakal bawa Anda sampai di atas air terjun Jurang Nganten, dan Lajur yang ke-2 lajur yang dapat bawa Anda segera beradi di bawah air terjun hingga Anda tidak pakai repot untuk turun ke bawah. Jika Anda ingin berkunjung air terjun ini Anda dapat memakai salah satunya lajur saja. Anda harus waspada karena jalan ke arah Jurang Nganten bila musim penghujan sangat licin.

Namun dibalik medan posisinya yang extra berhati-hati, perjuangan Anda akan di bayar lunas karena mata dan badan Anda akan disajikan panorama yang mengagumkan cantik, bahkan juga kerap kali objek rekreasi ini jadi tempat aktivitas out dor/camping. Udara di Air Terjun Jurang Nganten masih sejuk dan Anda dapat melihati keelokan alam yang asri dan cantik. Air Terjun Jurang Nganten mempunyai air yang deras di saat musim penghujan, dan mempunyai air yang jernih dan dingin yang pasti membuat Anda dapat rasakan kesan alam yang tidak dapat dilalaikan.

Air Terjun Jurang Nganten mempunyai ke cantikan tertentu, umumnya air terjun airnya langsung jatuh mengarah bawah sementara Air Terjun Jurang Nganten jatuh di bagian dinding yang mencatatr hingga Air Terjun Jurang Nganten dapat disaksikan mempunyai air terjun yang jatuh di atas air terjun. Posisi air terjun ini cukup sepi dan tenang. Di posisi air terjun ada batu-batuan besar, dahulunya di bawah air terjun ada PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) tetapi saat ini tidak ada dan hampir tidak berbekas, beberapa pipa besi telah musnah diambil oleh tangan-tangan tidak bertanggungjawab.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *