Gunung Bromo bukan saja sekedar lokasi untuk berburu matahari terbit di Jawa Timur. Gunung berapi aktif ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang mencaku area seluas 800 km persegi. Di area seluas itu wisatawan tentu tidak akan kehabisan agenda untuk melakukan banyak hal seu.

Untuk menjelajahi destinasi wisata di kawasan TNBTS ini tentu butuh waktu lebih dari seminggu. Karena itulah, kebanyakan wisatawan biasanya hanya berkunjung ke tempat tertentu atau yang menjadi ikon kawasan tersebut. Misalnya puncak Gunung Bromo, Semeru, dan beberapa air terjun di sekitar taman nasional. Nah, kalau kamu bingung mau nglakuin apa saja di Bromo, berikut ini kami rangkumkan daftar aktifitas menarik yang bisa dilakukan di sekitar Gunung Bromo.

Bromo Tengger Semeru Adventure

Merupakan sebuah kegiatan petualangan yang mengajak kamu untuk menjelah kawasan TNBTS. Dalam paket wisata tersebut, kamu akan diajak untuk mendaki ke Gunung Semeru, kemping di tepi Danau Ranu umbolo, dan ranu-ranu lainnya di sepanjang jalur pendakian.

Bukan itu saja, kamu juga akan diajak untuk berpetualang di kawasan Bromo sambil berjalan kaki menyeberangi lauta pasir, meintas di tengah Bukit Teletubbies hingga naik ke atas kawah Bromo. Kegiatan ini biasanya berlangsung selama beberapa hari dengan tarif mencapai jutaan rupiah.

Berkunjung Ke Pura Luhur Poten Di Tengah Lautan Pasir Gunung Bromo

Untuk bisa lebih dekat dengan Gunung Bromo, tiap wisatawan harus melewati tantangan yang sama, yaitu menyeberangi hamparan luas lautan pasirnya. Nah, di tengah lautan pasir tersebut ada sebuah pura yang disakralkan oleh suku Tengger yang tinggal di sekitar kawasan Bromo. Pura tersebut bernama Pura Luhur Ponten yang dipercaya sebagai kediaman Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dipuja oleh mat Hindu.

Pura ini dibangun pada tahun 2000 dan digunaan sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Brahma. Biasanya pengunjung yang datang akan mengambil foto di depan pura. Wisatawan yang datang pun juga tidak diperbolehkan untuk masuk ek dalam bangunan suci tersebut, selain untuk beribadah.

Mampir Dulu Ke Puncak B29

Puncak B29 adalah salah satu tempat paling strategis untuk menyaksikan lanskap alam TNBTS secara lengkap. Dinamakan demikian karena lokasinya yang berada di ketinggian 2.900 mdpl. Destinasi wisata alam ini juga dikenal dengan nama Negeri Di Atas Awan karena saat pagi kawasan lembahnya diselimuti oleh kabut tebal hingga gumpalan awan saja yang terlihat.

Kalau tertarik, kamu bisa langsung menuju ke Desa Argosari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Cara satu-satunya untuk bisa sampai di tempat ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Desa Argosari berjarak sekitar 40km dari pusat Kota Lumajang. Dari tempat ini kamu juga bisa menyaksikan puncak beberapa gunung seperti Gunung Batok, Arjuna, Welirang, hingga Semeru dan Bromo.

Berkuda, Cara Santai Menikmati Gunung Bromo

Ada banyak cara untuk menyeberangi lautan pasir di Gunung Bromo. Cara paling cepat tentu saja dengan menyewa jeep yang bertarif Rp 350 ribuan. Tapi kalau kamu ingin menikmati suasana di sekitar Bromo dengan lebih santai dan puas coba saja untuk menyewa kuda. Tarif sewa kuda ini tentu lebih murah dibandingkan dengan menyewa mobil jeep. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar 30.000 sampai 100.000 rupiah, tergantung keahlianmu dalam menawar.

Selain lebih murah wisatawan yang menggunakan fasilitas kuda ini bisa lebih puas dalam menikmati pemandangan di kawasan Bromo. Kamu bisa menunggang kuda dengan du acara, yaitu dengan didampingi oleh pawang atau menunggang sendiri. Tidak perlu takut tidak kebagian, karena ada sekitar 500 kuda yang disiapkan di kawasan Bromo.

Nah, setelah membaca beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di sekitar kawasan Bromo di atas, tentu lebih seru kalau kamu datang berkunjung bersama sobat cakrawala lainnya. Kamu punya daftar aktivitas seru lain yang bisa dilakukan di sekitar kawasan Gunung Bromo? Jangan pelit! Bagiin yuk di kolom komentar di bawah ini! Siapa tahu ada sobat cakrawala lainnya yang penasaran dan ingin mencoba.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *