Kalau berbicara soal keindahan alam Lombo memang tidak pernah ada ujungnya, kemana pun kamu pergi ke sudut pulau ini, selalu saja ada bentnag alam cantik yang tersaji. Baik itu berupa pegunungan, pantai, danau, maupun lembah dan air terjun. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu objek wisata di Lombok yang wajib masuk dalam list teratas itinerary agenda liburanmu. Yaitu, Air Terjun Mangku Sakti.

Berbeda dari air terjun pada umumnya, Mangku Sakti memiliki aliran air yang tidak jernih, melainkan berwarna hijau toska. Hal ini dikarenakan campuran belerang pada air terjun, dan berasal dari Kokoq Puteq yang airnya mengalir langsung dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Sudah pasti, kamu akan betah bermain air atau sekedar menjelajah alam di sekitar area air terjun.

Tiket Masuk Air Terjun Mangku Sakti

Lombok kini makin dikenal wisatawan sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia. Bukan hanya panorama pantai dna pegunungan saja yang memapu memanjakan mata, namun air terjun di pulau ini juga menyajikan pemandangan unik nan cantik. Air Terjun Mangku Sakti ini salah satunya, berada di kaki Gunung Rinjani membuatnya sangat cocok untuk dijelajahi. Selain pesona alamnya, Mangku Sakti juga termasuk salah satu destinasi wisata alam di Lombok yang terjangkau. Yups! Kamu bisa menikmati keanggunan air terjun ini hanya dengan membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 saja.

Lokasi Air Terjun Mangku Sakti

Air terjun menawan ini berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, kabupaten Lombok Timur. Kamu bisa mengakses objek wisata satu ini menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Objek wisata ini berjarak 175 km dari Kota Mataram, atau membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan.

Karena lokasinya yang tidak jauh dari objek wisata lain, yaitu Air Terjun Mayung Putek, maka rutenya pun satu arah. Kamu bisa mulai berkendara dari Lombok Timur maupun Lombok Utara.

Aktivitas Menarik

Sudah datang ke air terjun menawan tentu sayang kalau hanya duduk manis di pinggir aliran sungai air terjun. Biar gak bosan dan lebih seru, berikut ini beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat tiba di objek wisata alam air terjun.

Berenang

Ini dia kegiatan utama yang wajib kamu lakukan saat berkunjung ke air terjun, tentu saja berenang! Nah, di sini kamu bisa melakukan aktivitas seru tersebut, karena Air Terjun Mangku Sakti memiliki kolam air alami yang bisa kamu buat berenang. Kolam air terjun tersebut juga nampak makin berbeda dari pada umumnya karena terdapat kandungan sulfur pada air  yang membuatnya terlihat biru.dengan luas kolam yang mencapai 15 meter dan kedalamannya yang mencapai 2 sampai 4 meter membuat aktivitas ini terasa lebih menyenangkan.

Setelah berenang atau berendam, pasti tubuh terasa lebih segar, karena airnya yang masih alami dan belum terkontaminasi sampah maupun senyawa kimia. Kalau kamu suka menguji adrenalin, di sini juga ada titik loncat sekitar 5 meter dari atas kolam air.

Hunting Foto

Kurang lengkap rasanya kalau liburan tidak terdokumentasikan dengan baik. Karena itulah, pastikan untuk membawa kamera dengan batrai penuh sebelum datang ke air terjun cantik satu ini. Karena ada banyak spot instagenic yang sayang kamu lewatkan begitu saja. Terutama pada curug air terjun yang terlihat sangat unik.

Selain Air Terjun Mangku Sakti, di Sembalun juga ada tiga air terjun lainnya yang bernama Mayung Putek, Mangku Kodek, dan Sembrani. Jadi, kalau kamu masih punya cukup waktu untuk liburan di Lombok, tidak ada salahnya untuk mampir ke beberapa air terjun tersebut sekaligus.

Itulah beberapa ulasan mengenai Air Terjun Mangku Sakti di Lombok yang pesonanya boleh diadu dengan air tejrun lainnya di Indonesia. Biar liburanmu lebih seru, yuk ajak juga sahabat atau keluarga! Tunggu apalagi? Agendakan dan atur jadwal keberangkatanmu sekarang juga, karena alam Lombok Sudah menanti untuk kamu datangi.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *