Berbagai Tempat Wisata Gunung di Malaysia (Bagian 1)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Malaysia merupakan sebuah negara yang mayoritasnya Islam, dari sumber yang penulis dapat, ada 60 persen lebih di negara tersebut yang beriman kepada Allah Shubhanallahu Wata’ala.

Dan mungkin teman-teman semua sudah pada tau siapa itu negara Malaysia. Negara tersebut merupakan tetangga kita. DI Malaysia, terdapat puncak tertinggi, yaitu Gunung Kinabalu, Pegunungan Corcker yang mungkin tingginya mencapai 4175m. Serta di Malaysia sendiri terdapat pegunungan terpanjang, yakni bernama Pegunungan Titiwangsa yang panjangnya mungkin 500 km.

Namun pada artikel ini kita tidak akan fokus membahas secara global tentang Malaysia, namun kita akan membahas tentang apa-apa saja gunung yang ada di Malaysia yang mungkin dapat kita jadikan tujuan wisata kita. Mari kita langsung saja bahas ini dia Berbagai Tempat Wisata Gunung di Malaysia (Bagian 1).

1. Bukit Bendera

Berbagai Tempat Wisata Gunung di Malaysia (Bagian 1)

Pertama kita akan membahas tentang Bukit Bendera. Bukit yang satu ini adalah kawasan parlemen yang ada di negara bagian Pulau Pinang, negara Malaysia. Pulau Pinan sendiri letaknya berada di antara negeri Kedah dengan negeri Perak yang ada di utara Semenanjung Malaysia.

Puncak bukit Bendera sendiri mungkin berada di atas Georgetown yang tingginya mencapai 830 m. DI tempat tersebut menyediakan tempat yang nyaman sehingga dapat memungkinkan para pelancong dapat mengasingkan diri dari panas yang menyengat di bawahnya.

Dari informasi yang penulis dapat, Bukit Bendera ini suhunya mencapai 5 derajat cecius, lebih dingin dari garis laut. Dari puncaknya, para pelancong dapat menyaksikan pemandangan yang bagus ke bawah seluruh pulau, bahkan ada pula ke tanah utama di seberang laut.

Ada taman yang bagus, pondok yang stylenya sudah tua, restoran dan juga penginapan, dan ada pula Masjid Muslim yang berada di puncaknya.

2. Cameron Highlands

Berbagai Tempat Wisata Gunung di Malaysia (Bagian 1)

Yang selanjutnya adalah Cameron Highlands atau Tanah Tinggi Cameron, ini adalah pusat istirahat yang berada di dataran tinggi yang terkenal di Semenanjung Malaysia. Cameron Highlands ini letaknya ada di barat daya negeri Pahang, sebuah negara dengan kekayaannya berupa khazanah hutan alamnya. Cameron Highlands letaknya setinggi 1.829 meter dari permukaan laut dan suhunya mencapai 10 derajat celcius sampai dengan 20 derajat celcius.

Selain menjadi tempat peristirahatan, Cameron Highlands juga dikenal dengan hasil tanamannya yakni teh, buah-buahan, sayur-sayuran dan juga bunga-bungaha yang emiliki mutu yang tinggi serta ada pula yang jarang didapati di tempat yang lain. Hal ini dikarenakan cuaca yang sejuk serta segar yang amat sesuai untuk berbagai tanaman tertentu saja contohnya daun teh, bunga-bunga seperti bunga anyelir dan juga buah stoberi.

3. Genting Highlands

Berbagai Tempat Wisata Gunung di Malaysia (Bagian 1)

Gunung yang selanjutnya adalah bernama Genting Highlands atau Tanah Tinggi Genting yang 2000 m di atas permukaan laut, yang merupakan puncak gunung  gunung dari pegunungan Titiwangsa di Malaysia dan menjadi tempat resort yang terkenal yang namanya sama.

Berada di perbatasan negara bagian Pahang dan juga Selangor, gunung ini bisa dicapai dala waktu satu jam dengan berkendara menggunakan roda empat dari Kuala Lumpur atau lewat kereta gantung Genting Skyway yang pada saat ini adalah yang tercepat di dunia dan juga terpanjang di Asia Tenggara.

Berbagai Tempat Wisata Gunung di Malaysia (Bagian 1)

Lim Goh Tong (dari Fujian, Cina) adalah orang yang mendirikan Genting Highlands ini yang pada awal tahun 1960-an. Pada saat itu, Genting Highlands berkembang dengan pesat serta penghasilkan perusahaan-perusahaan lain yang berada di bawah Genting Bhd, seperti perusahaan kertas, stasiun pembangkit tenaga listrik, kapal pesiar, dan yang lain.

Namun bagi yang Muslim, saya sarankan hati-hati, karena di tempat ini merupakan sebuah tempat berjudi. Dan kita tau sendiri bahwa dalam Islam, yang namanya berjudi itu sangat dilarang.

Nah bagaimana menurut kamu? Nantikan artikel bagian 2nya nanti nya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *