Objek wisata Tangkahan merupakan destinasi yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Letaknya diapit oleh dua ddesa, yaitu Desa Namo Sialang dan Desa Sei Serdang. Destinasi ini menawarkan udara segar yang pastinya menyejukkan dan pemandangan spektakuler tentunya.

Pesona Objek Wisata Tangkahan

Kalau kamu ingin datang ke tempat ini, langsung saja memulai perjalanan dari Terminal Pinang Baris yang ada di Kota Medan. Selanjutnya kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus Pembangunan Semesta yang langsung menuju ke Tangkahan, lewat Stabat. Dari Kota Medan membutuhkan waktu perjalanan 3 sampai 4 jam, dan harus menyeberangi Sungai Batang Serangan yang berarus deras, sehingga kamu harus menggunakan rakit untukĀ  sampai ke seberang. Dan di sinilah petualanganmu akan dimulai!

Tangkahan memiliki kombinasi vegetasi hutan hujan tropis dan letak geografinya yang berbukit, sehingga menjadikannya tempat yang ideal untuk berlibur. Saat menyeberangi sungai kamu bisa langsung mengenalinya sebagai tempat yang khas dengan hutan tropis dan dihuni oleh aneka ragam jenis tumbuhan. Air sungainya yang jernih dan nampak berwarna kehijauan menciptakan panorama alama nan mistis. Tangkahan layak menjadi pilihan yang tepat untuk bersembunyi dari hiruk-pikuk perkotaan yang padat dengan segala aktivitasnya.

Panduan Wisata

Banyak kegiatan wisata yang bisa kamu nikmati ketika berada di Tangkahan, baik yang sifatnya petualangan atau hanya sekedar trekking di hutan tropis. Ada 3 jalur trekking di hutan ini, mulai dari jalur untuk anak-anak atau keluarga, sampai yang menantang dan siap mengajakmu berpetualang. Jangan khawatir tersesat, karena kamu akan ditemani oleh pemandu lokal yang memiliki pengetahuan mengenai hutan dan interpretasi alam, sehingga kamu juga bisa tahu akan kekayaan alam tersembunyi di hutan ini.

Yang dimaksud trekking di sini adalah menjelajahi hutan dengan menunggang gajah, total ada 7 gajah yang biasa digunakan untuk trekking. Gajah-gajah inipun juga sudah terlatih dan kerap digunakan untuk berpatroli untuk melindungi Taman Nasional Gunung Leuser dari illegal loging, perburuan hewan liar, dan perambahan. Selain Trekking, di kawasan ini juga ada beberapa tempat yang bisa kamu singgahi, seperti:

Air Terjun

Tidak jauh dari pertemuan antara Sungai Buluh dan Sungai Batang Serangan terdapat sebuah air terjun kecil. Sebelum sampai di air terjun ini, kamu harus berjalan ke cekungan sungai terlebih dahulu sejauh 100 meter. Ada juga air terjun yang lebih besar di Tangkahan, tapi kamu harus berjalan menyusuri Sungai Buluh bahkan juga berenang di sungai pada beberapa bagiannya. Cukup mendebarkan kan?

Goa

Kawasan Tangkahan juga makin lengkap dengan adanya goa kelelawar yang di dalamnya dihuni oleh ribuan hewan mamalia ini. Tapi jangan khawatir, asal tidak membuat kegaduhan, aman-aman saja kok untuk dimasuki.

River Tubing

Jangan ngaku sudah ke Tangkahan kalau belum melakukan aktivitas seru yang satu ini. Sebenarnya tubing hampir sama dengan rafting, kamu akan diajak untuk menyusuri sungai, yang bedanya kalau rafting menggunakan perahu karet. Sedangkan kalau tubing kamu akan duduk di atas ban dalam truk yang ukurannya sangat besar dan telah dipompa. Selanjutnya kamu hanya perlu mengikuti arus sungai hingga sampai ke titik tertentu sambil menikmati panorama di sekitar tepi sungai.

Jangan panik dulu, karena kamu akan didampingi oleh para pemandu berpengalaman yang memang sudah terlatih dalam hal keselamatan dan prosedur standar operasional. Menarik untuk dicoba nih!

Selain potensi wisatanya yang tinggi, Tangkahan juga punya cerita tersendiri yang cukup menarik untuk disimak. Dari cerita tersebut akhirnya menjadi inspirasi dan pembelajaran bagi para penggiat pelestari alam dan penggiat wisata di berbagai kawasan lindung di Tanah Air. Karena dulunya, kawasan ini adalah salah satu titik pusat bagi penebangan liar atau illegal loging.

Tapi sekarang, masyarakat sekitar sudah diedukasi dan dibekali sedemikian rupa sehingga tidak bertindak merusak hutan terlalu jauh lagi. Sekarang mereka sudah sadar kalau lingkungan alam di Tangkahan ini menjadi anugerah yang harus dilindungi keberadaannya. Kamu punya pengalaman liburan di kawasan lindung lainnya di Indonesia? Share pengalamanmu di sini yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *