Soal destinasi wisata, Banyuwangi memang patut diacungi jempol, apalagi sekarang destinasi wisata bahari di Banyuwangi kian digarap serius oleh pemerintah daerah setempat. Pantas saja kalau Badan Pariwisata PBB memberikan predikat perkembangan pariwisata terbaik di dunia kepada kota di ujung timur Pulau Jawa ini. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas Blue Bay atau Teluk Banyu Biru yang baru-baru ini dikelola oleh Kelompok Nelayan di Desa Muncar.

Penasaran gimana cantiknya destinasi wisata alam di Jawa Timur satu ini? Hhmm pastinya tidak kalah ciamik dari Gunung Ijen atau Pantai Pulau Merah yang lebih dulu dikenal. Gak sabar? Langsung simak yuk!

Cara Menuju Blue Bay

Untuk menginjakkan kaki di tempat wisata cantik ini memang butuh perjuangan yang tidak mudah. Wisatawan harus menempuh perjalanan selama 3 jam untuk sampai di kawasan Senggrong. Kamu harus menyewa perahu nelayan untuk sampai di tempat ini. Biar lebih hemat, kamu bisa mnegajak wisatawan lain untuk patungan menyewa perahu. Bukan hanya saat di Blue Bay saja kamu disuguhi pemandangan ciamik, selama di perjalanan pun kamu akan dimanjakan pemandangan yang tak kalah cantiknya. Sebelum sampai di Blue Bay, kamu harus mengelilingi Tanjung Sembulungan, yang air lautnya terlihat sangat biru dengan tebing cadas yang nampak menjulang tinggi. Belum lagi di sisi baratnya, yang terdapat goa kelelawar.

Mampir Sebentar Di Pasir Panjang

Sebelum tiba di kawasan Blue Bay, tidak ada salahnya untuk mampir sebentar di Pasir Panjang yang merupakan sebuah pantai yang tida terlalu lebar. Meskipun begitu, kamu bisa menyaksikan langsung putihnya pasir pantai yang menggodamu untuk segera berguling bebas. Walaupun namanya pantai, tapi tidak perlu takut kepanasan, karena di sepanjang tepi pantai Pasir Panjang banyak ditumbuhi pepohonan yang membuat suasanya terasa sejuk.

Dari sini pula kamu bisa melihat pepohonan besar yang menjulang tinggi dan lebat, maklum saja karena kawasan ini masuk masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat beristirahat sambil menyantap bekal.

Wajib Snorkeling Di Blue Bay

Setelah puas beristirahat sambil menikmati panorama Pasir Panjang, sekarang saatnya melanjutkan perjalananmu ke Blue Bay. Dari Pantai Pasir Panjang butuh waktu setidaknya satu jam perjalanan menuju ke Blue Bay.

Tempat yang juga bernama Teluk Banyu Biru ini adalah sebuah kawasan pantai yang di bawahnya dipenuhi terumbu karang yang luar biasa cantiknya. Kamu pecinta panorama bawah laut? Wajib hukumnya snorkeling di sini!

Tidak jarang kamu bisa berjumpa dengan hewan-hewan laut menggemaskan di bibir pantai, contohnya saja si bintang laut. Tidak jarang bintang laut terhempas ke pantai, jadi kalau kamu menjumpainya di atas pasir, jangan lupa untuk membantunya kembali ke laut ya.

Warna air laut di sini nampak sangat biru dan jernih serta pasir pantainya yang sangat lembut, sehingga siapapun yang datang pasti betah berlama-lama. Di sini pun dibentuk sebuah organisasi yang bernama Gerakan Muncar Rumahku yang dibentuk dengan tujuan menjaga wilayah perairan di sekitar tempat ini bebas dari aktivitas penjarahan bawah laut.

Walaupun butuh perjuangan sedikit ekstra untuk mengunjungi wisata bahari di Banyuwangi ini, tetap saja Blue Bay tidak boleh terlewatka dalam daftar kunjunganmu. Keindahan bawah laut dan keunikan satwanya memang pemberian Tuhan yang harus disyukuri.

Kamu punya daftar destinasi di sekitar Blue Bay atau di Banyuwangi lainnya yang masih jarang dikunjungi wisatawan? Bagi di kolom komentar yuk! Siapa tahu kita bisa mendukung pemerintah setempat untuk memajukan Banyuwangi lewat pariwisatanya. Semakin banyak wisatawan yang datang tentu nama Banyuwangi akan semakin bergema di seluruh  penjuru negeri bahkan juga dunia. Hmm, tunggu apalagi? Agendakan segera kedatanganmu di Blue Bay yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *