Green-Valley-CitumangPangandaran tidak hanya populer karena keindahan pantainya. Kecantikan alam Pangandaran mencakup kekayaan bawah laut, hutan, hingga sungai yang mengalir. Sungai di Pangandaran memang terkenal karena kejernihannya sehingga cocok menjadi lokasi aktivitas seperti body rafting. Salah satunya body rafting.
Beberapa lokasi lain sering menjadi destinasi wisata body rafting di Pangandaran adalah Santirah dan Ciwayang. Khusus di Citumang, pengunjung akan diajak menyusuri sungai jernih dengan air biru-kehijauan dengan jarak tempuh hingga 2 jam. Sambil menyusuri sungai, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam yang melingkupinya.

Tiket Masuk Body Rafting Citumang
Untuk memasuki Komplek Objek Wisata Citumang, terdapat tiket untuk hari biasa dan akhir pekan yang bisa dibeli. Harga tiket juga dibedakan bagi warga negara Indonesia dan turis mancanegara. Tiket berlaku bagi pengunjung mulai dari usia 2 tahun hingga 70 tahun. Reservasi body rafting bisa dilakukan langsung di tempat atau melalui situs resmi penyedia paket wisata Citumang.

Paket Body Rafting (min. 10 orang) mulai dari Rp69.000 per orang

Tiket Masuk WNI
Hari biasa Rp19.000
Akhir pekan Rp24.000

Tiket Masuk WNA
Hari biasa Rp24.000
Akhir pekan Rp29.000

Jam Operasional Body Rafting Citumang
Objek wisata Citumang terbuka untuk umum setiap hari. Pada akhir pekan, objek wisata ini selalu ramai oleh wisatawan terutama dari luar daerah.

Jam Buka
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Serunya Body Rafting Citumang
Citumang adalah nama salah satu sungai yang mengalir di Pangandaran, Jawa Barat. Sekilas namanya mungkin akan mengingatkan pada nama anjing peliharaan tokoh legenda Sangkuriang, yaitu Si Tumang. Namun, sebenarnya kata “tumang” dalam Bahasa Sunda di sini memiliki arti tungku.

Sungai Citumang memiliki aliran air yang jernih dengan warna biru-kehijauan. Alirannya tenang dan memiliki beberapa air terjun rendah. Di kanan-kiri, terdapat hutan yang masih asri. Bagi penyuka aktivitas menantang, melakukan body rafting di Citumang akan menambah pengalaman tak terlupakan.

Persiapan Sebelum Memulai
kolam-ikanUntuk mencapai lokasi titik dimulainya kegiatan body rafting, peserta harus melalui akses jalan yang cukup sulit. Kondisinya tidak terlalu baik dan sempit sehingga hanya cukup jika dilewati kendaraan berukuran kecil. Sebaiknya peserta melakukan reservasi untuk menghindari antrian di tempat. Di samping itu, harganya pun lebih murah.

Sebelum mulai, setiap peserta akan diberi perlengkapan keselamatan standar seperti helm dan jaket pelampung. Pemandu kemudian akan menginformasikan panduan kegiatan dan rute. Setelah selesai, peserta harus pemanasan untuk melemaskan otot-otot.

kolamBody rafting merupakan kegiatan yang memerlukan gerakan hampir seluruh tubuh, sehingga pemanasa wajib dilakukan. Ini untuk menghindari cedera yang bisa membahayakan. Usai pemanasan, sempatkan diri untuk mencelupkan kaki di kolam ikan nilam yang tersedia.

Seperti kolam ikan terapi pada umumnya, ikan-ikan di kolam ini akan menggerogoti kulit mati pada kaki manusia. Namun, ternyata kolam ini juga menjadi tempat latihan bagi peserta untuk membiasakan diri dengan gigitan kecil ikan-ikan. Sungai Citumang merupakan habitat ikan-ikan, sehingga tidak jarang akan ada segerombolan ikan yang menggigiti kaki peserta ketika menjalani body rafting.

Menyusuri Sungai Citumang
air-terjun-Wisata-CitumangSetelah seluruh persiapan selesai, peserta akan dibawa menuju lokasi dimulainya kegiatan body rafting. Peserta harus berjalan kaki menyusuri tepian sungai. Rutenya akan membawa peserta melewati kebun, tebing-tebing, dan menuju gua yang dihiasi formasi stalaktit.

Peserta kemudian memasuki sungai satu per satu. Rasakan sensasi air sungai yang dingin, sejuk, dan bersih di Sungai Citumang. Pemandu kemudian akan mengawal peserta menyusuri aliran sungai ke sejumlah spot. Beberapa di antaranya adalah air terjun, bendungan, dan akar gantung.

Oray-orayan body rafting citumang
oray-orayanPemandu juga akan meminta kelompok peserta membentuk beragam formasi. Di bagian sungai yang tenang dan luas, peserta bisa bergandengan dan membentuk lingkaran besar. Peserta juga akan saling berkait kaki dan membentuk “oray-orayan” atau ular-ularan. Kegiatan body rafting memang cocok untuk meningkatkan keakraban dan kekompakan.

Melompat dari Ketinggian

bergelantung-di-akarPenyuka kegiatan cliff jumping bisa merasakan sensasi melompat dari berbagai ketinggian di Citumang. Di beberapa spot, terdapat tebing dengan ketinggian tertentu. Mulai dari yang rendah sekitar 3 meter hingga yang menantang adrenalin dari ketinggian 7 meter ada di sini.

Selain lompat dari tebing, peserta juga bisa berayun dan melompat dari akar gantung. Sejumlah spot dihiasi oleh akar gantung dari pepohonan yang kuat untuk dinaiki manusia. Dapatkan pengalaman menjadi tarzan dengan berayun dan melompat ke Sungai Citumang yang menyegarkan!

Fasilitas Body Rafting Citumang
Kawasan wisata Citumang sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti area parkir, toilet, mushola, dan warung makan. Di sekitar kawasan wisata terdapat beragam pilihan penginapan bagi yang ingin bermalam. Sementara biaya paket body rafting sudah termasuk dengan sejumlah fasilitas seperti perlengkapan body rafting, pemandu wisata, asuransi, dokumentasi, dan makan siang.

Lokasi Body Rafting Citumang
Pengalaman body rafting bisa didapatkan di Sungai Citumang yang berada di Pangandaran, Jawa Barat. Sungai ini termasuk dalam Komplek Objek Wisata Citumang, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Lokasinya berada di tengah hutan dengan akses jalan yang kecil terbatas.

Berkunjung kemari lebih disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat kecil. Namun jangan khawatir jika datang sebagai rombongan menggunakan bus, karena perjalanan masih bisa dilanjutkan dengan menaiki angkot.

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

Selamat Berlibur!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *