Sobat cakrawala pasti sudah tidak asing dengan Grand Canyon yang terkenal sebagai ikonnya benua Amerika. Nah, Indonesia tidak mau kalah loh, namanya Brown Canyon yang berupa tebing-tebing tinggi. Jika dilihat sekilas, Brown Canyon sangat mirip dengan Grand Canyon walaupun sebenarnya tempat ini adalah sebuah proyek galian yang berumur lebih dari 10 tahun.

Sebenarnya, tempat ini bukanlah destinasi wisata melainkan sebuah perbukitan biasa. Namun karena adanya penambangan material ayng dilakukan setiap hari dan berlangsung selama bertahun-tahun, akhirnya tercipta pemandangan layaknya Grand Canyon di Amerika.

Kecantikan panoramanya yang mampu membuat Brown cCanyn menjadi magnet tersendiri, terutama bagi pecinta fotografi. Tebing yang menjulang tinggi menjadikan pemandangannya terlihat menarik dan sayang jika sampai terlewatkan dari kunjunganmu.

Lokasi Dan Rute Menuju Brown Canyon

Brown Canyon berada di Daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Tidak jauh dari lokasi stasiun TVRI Jawa Tengah yang berdiri di Pucang Gading, Mranggen. Kalau kamu tertarik untuk mengunjunginya, tempat wisata di Semarang ini bisa dijangkau dari berbagai rute. Kalau kamu datang dari arah Semarang Timur misalnya, dari Jl Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang. Lalu ambil arah kiri dan menuju ke Klipang Golf. Perjalanan masih harus dilanjutkan sampai melewati jembatan besi ketiga dan setelah sampai di pertigaan, lanjutkan perjalanan dengan mengambil arah ke selatan. Dari situ, lurus saja kurang lebih 2 km sebelum sampai di Brown Canyon.

Kalau kamu datang dari Kendal, Simpang Lima, dan Batang lewati saja pertigaan “Pasar Kambing” kemudian ke Mrican, Kedung Mundu, Sambiroto, dan sampai di pertigaan Intan Permai beloklah ke kiri yaitu ke Jl Elang, kemudian sampailah di perempatan Pasar Meteseh dan belok kiri.

Persiapan Sebelum ke Brown Canyon

Karena Brown Canyon merupakan area penambangan bahan material yang masih aktif, jadi datanglah saat diluar jam kerja. Kalau memang terpaksa harus datang saat jam kerja, jangan lupa untuk memakai masker, dan kacamata untuk melindungi mata dari debu.

Karena jalan menuju Brown Canyon belum terlalu bagis, bergelombang, dan sangat berdebu, jadi sepeda motor bisa menjadi kendaraan yang bisa dipilih. Tapi, kalau kamu menyukai tantangan, bisa juga kok menggunakan sepeda gunung maupun onthel.

Pesona Brown Canyon

Selain tebing-tebing tinggi, keberadaan kolam di tempat ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Bentuk tepiaannya yang memanjang menjadi salah satu titik yang dipadati pengunjung. Keberadaan kolam di tengah batuan dan pasir ini seolah menjadi penyegar mata.

Uniknya kola mini tercipta dengan tidak sengaja, karena biasanya saat musim hujan ceruk besar di antara celah tebing terisi air. Lalu jadilah kolam dengan warnanya yang kehijauan ini, walaupun demikian, keberadaan kolam ini tetap saja menjadi peneduh mata dan siap mempesona siapapun yang melihatnya.

Aktivitas yang tidak boleh kamu lewatkan saat datang ke tempat wisata di Semarang ini tentu saja berburu foto. Mengabadikan momen di antara bebatuan besar dan menjulang tinggi tentu saja menjadi latar yang ciamik untuk fotomu. Salah satu titik favorit untuk berfoto di tempat ini adalah di sekitar dua tebing tinggi rata. Dengan pengambilan sudut yang tepat, kamu bisa mendapatkan foto bersama kemegahan alam.

Selain dua tebing tersebut, ada banyak tebing lagi dengan ukuran yang lebih besar untuk menjadi latar fotomu. Pakailah kamera berlensa lebar, sehingga area gambar di titik itu menjadi tampak lebih luas. Batu-batu besar di sekitarnya juga bisa menjadi pijakan saat berfoto, sehingga sudut pengambilan gambarnya pun bisa lebih bervariasi.

Tempat ini semakin nampak eksotis saat matahari mulai tenggelam, semburat warna jingga di langit akan nampak dari sela-sela tebing tinggi. Sungguh pemandangan indah yang tidak boleh kamu lewatkan. Setelah membaca ulasannya di atas, tentu kamu makin penasarankan kan untuk segera berkunjung ke Brown Canyon? Tunggu apalagi? Yuk segera jadwalkan keberangkatan dan agendakan liburanmu ke Semarang. Jangan lupa untuk memasukkan tempat wisata ciamik ini dalam salah satu daftar list kunjunganmu. So, Selamat liburan Sobat Cakrawala!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *