Jalan-jalan ke Sumatera Utara jangan hanya ke Danau Toba Saja, sesekali kunjungi juga objek wisata lain yang ada di provinsi satu ini. Salah satu destinasi yang wajib masuk ke dalam bucket list liburanmu adalah Kawah Putih Tinggi Raja.

Destinasi satu ini berupa kawah seluas 4 hektar yang berada di Kawasan cagar alam dengan luas 176 hektar. Karena letaknya yang berada di tengah hutan tropis lebat, menjadikan aksesnya masih cukup sulit. Selain itu, belum banyak juga orang yang mengeksplore objek wisata satu ini. Namun, pemandangan indah dari Kawah Putih Tinggi Raja pasti membuat seluruh rasa lelah dan perjuangan panjang selama perjalanan akan hilang seketika.

Pesona Salju Panas Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah putih ini merupakan bukit kapur yang terbentuk dari aliran air panas yang suhunya mencapai 90 derajat celcius. Selain membentuk bukit, aliran air panas tersebut juga membentuk bebatuan berundak dan beberapa kawah yang bisa digunakan sebagai kolam berendam. Air panas yang mengalir itulah yang membuat bukit kapur tertutup batuan putih yang terlihat mirip seperti salju. Ada juga kolam alami yang berukuran cukup kecil, namun pengunjung yang datang didak diperbolehkan berendam di kolam tersebut.

Selain bukit-bukit kapur, di sini masih ada spot lain untuk berendam air panas, yaitu di bagian bawah tebing yang terdapat aliran air sungai yang membentuk seperti air terjun panas. Di sini, wisatawan bisa menikmati aliran air panas yang mengandung belerang, tentu kandungan tersebut bermanfaat baik untuk kesehatan kulit. Warna air yang tertampung di dalam kawah-kawah juga terlihat sangat biru, kontras dengan bebatuan yang berwarna putih, membuat tempat ini terlihat semakin menawan.

Fakta Menarik Salju Panas Kawah Putih Tinggi Raja

Nah, setelah tahu pesona yang dimiliki oleh tempat ini, salju panas Kawah Putih Tinggi Raja juga memiliki beberapa fakta yang tak kalah menariknya untuk disimak. Penasaran? Langsung cek dulu di sini.

Suasana Musim Dingin Di Negara Tropis

Saat datang ke tempat wisata di Sumatera Utara ini, kamu akan mendapat pemandangan salju putih yang menawan. Eitsss, tapi salju di sini bukan berarti layaknya salju-salju di negara empat musim ya hhehehe. Banyak pengunjung yang terkecoh dengan adanya kabut putih yang sering mengelilingi Kawasan wisata ini. Sebenarnya, kabut tersebut berasal dari aliran air panas yang membuat tempat ini semakin menawan. Batuan kapur yang berjejer di tepi kawah dengan warnanya yang putih bersih membuat tempat ini memiliki suasana kental layaknya musim dingin.

Air Panas Yang Berasal Dari Edapan Lumpur

Keunikan lain yang dimiliki oleh tempat ini adalah sumber airnya yang berasal dari endapan kapur. Endapan kapur tersebut terjadi karena proses panas bumi yang mengandung belerang hingga akhirnya mengalir membentuk teras-teras berbukit. Di sini, kamu bisa melihat bukit kapur seluas 35 hektar.

Gelembung Air Di Atas Kawah Yang Unik

Destinasi wisata unik ini juga menyajikan pesona lain di bagian atas kawah, di area tersebut kamu bisa melihat sebuah kolam yang ukurannya tidak terlalu lebar. Kolam ini memiliki keistimewaan berupa adanya gelembung air yang bisa dilihat dari dasar kolam. Tapi, wisatawan dilarang berendam atau berenang di kolam ini, wisatawan hanya diizinkan untuk melihatnya dari jarak yang telah ditentukan.

Ingin Segera Berkunjung? Ini Dia Lokasinya

Melihat pesonanya siapa sih yang tidak tergoda, kalau sudah tidak sabar, langsung saja datang ke Sumatera Utara. Objek wisata ini bisa kamu tuju dengan menempuh perjalanan 3 jam dari Kota Medan, menuju ke Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, ujung pelosok Kabupaten Simalungun.

Soal bianyanya, tidak usah kawatir, karena kantong kering pun bisa kok menikmati kecantikan dari tempat ini. Wisatawan yang datang hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan saja, sedangkan untuk tiket masuknya tidak dikenai biaya alias GRATIS. Karena berada di tegah hutan, pastikan untuk membawa camilan atau bekal yang cukup. Kawasan alami ini belum dilengkapi kantin, sehingga sangat perlu untuk membawa perbekalan untuk perjalananmu di sini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *