Google Maps/Johannes Braun

Banyak sekali peninggalan budaya di Indonesia. Peninggalan ini jadi khasanah kebudayaan yang tidak ternilai untuk Indonesia. Salah satunya peninggalan budaya tersohor di Indonesia, bahkan juga dunia ialah Candi Borobudur.
Candi yang berada di Magelang ini diketemukan oleh pasukan Inggris tahun 1814. Di bawah pimpinan Sir Thomas Stamford Raffles, pasukan Inggris seterusnya bersihkan tempat candi. Pembersihan tempat candi sukses usai di tahun 1835.

Harga Ticket Candi Borobudur

Ada banyak tipe ticket masuk di dalam teritori candi. Ticket pribadi dan ticket kelompok sekolah (tambah murah) dan paket beberapa candi.
Harga Ticket Candi Borobudur
Ticket Dewasa Lokal Rp50.000
Ticket Anak Lokal (3-10 tahun) Rp25.000
Guide Fee Rp100.000
Ticket Kelompok Minimum 20 Orang Rp25.000
Paket Terusan Borobudur dan Prambanan Dewasa Rp75.000
Paket Terusan Borobudur dan Prambanan Anak-Anak Rp35.000
Paket Terusan Borobudur dan Ratu Boko Dewasa Rp75.000
Paket Terusan Borobudur dan Ratu Boko Anak-Anak Rp35.000
Ticket Wisatawan Dewasa Mancanegara Rp350.000
Ticket Wisatawan Anak Luar negeri (3-10 years) Rp210.000

Beberapa info yang harus pengunjung lihat

1. Peraturan New Normal pengunjung yang merencanakan ke pelataran Borobudur harus menggunakan pemandu. Tiap pemandu akan bawa kelompok optimal 20 orang.

2. Untuk sekarang ini cuman dapat naik ke pelataran candi saja.Untuk ticket kelompok siswa atau mahasiswa dengan minimum peserta 20 orang. Harus bawa surat pengantar dari universitas atau sekolah yang berkaitan.

Jam Membuka

Pelancong dapat bertandang ke candi ini tiap hari. Karena Taman Rekreasi Candi telah membuka dimulai dari pagi sampai sore hari.

Jam Membuka

Tiap Hari (Senin TUTUP) 08.00-16.00 WIB
Jam Istirahat 12.00-13.30 WIB

Candi Budha Paling besar Di Dunia

Candi Borobudur sebagai warisan budha paling besar dalam dunia sekitaran 780-840 masehi. Candi ini dibuat oleh dinasti yang berkuasa waktu itu, yakni Dinasti Sailendra. Pembangunan Candi ini ditujukan sebagai tempat ziarah.

Bangunan candi berdasar arsitektur Mandala, yang dalam keyakinan buddha menyimbolkan semesta alam. Sedang bentuknya berupa kotak dengan 4 pintu masuk dan lingkaran sebagai titik pusat. Candi ini terdiri jadi 2 sisi, yakni alam dunia dan alam nirwana.
Mempunyai 3 zone yang menyimbolkan makna berlainan. Ke tiga zone itu yakni Kamadhatu, Rupadhatu, Arupadhatu. Hal bagus yang jarang-jarang pelancong tahu ialah Relief pada candi sebagai serangkaian narasi epik.

Pertunjukan dan Rutinitas Di Candi Borobudur

Kecuali menyaksikan keelokan candi, bermacam rutinitas lain ada di sini. Seperti nikmati taman lumbini, berkunjung museum, sampai melihat narasi riwayat Candi Borobudur. Berikut sejumlah aktivitas yang sayang bila lewatkan.

1. Nikmati Keasrian Taman Lumbini

Tidak cuman tawarkan peninggalan dunia, teritori rekreasi candi ini mempunyai taman yang asri. Taman yang ada di zone 2 ini namanya Taman Lumbini. Pengunjung akan gampang mendapati taman ini, karena umumnya lewatkan saat ke arah candi.
Taman Lumbini mempunyai luas 70 x 65 mtr. dengan rumput-rumputan yang hijau dan rapi. Tidak cuman pohon-pohon, ada candi borobudur sebagai background tawarkan keelokan tertentu. Taman ini kerap tampilkan bermacam acara, seperti pernikahan dan pelepasan lampion.

Pada 2017 lalu, Aktris Vicky Shu bahkan juga sewa Taman Lumbini untuk langsungkan pernikahannya. Walau sedang berjalan satu acara, rutinitas rekreasi masih jalan normal. Karena ajang acara di Taman Lumbini umumnya pada malam atau sore hari.

2. Bermacam benda monumental di Museum Candi Borobudur

Bermacam stupa monumental di museum GUSBI. Photo: Google Maps / Sulaeman Ali
Walau populer karena bagunan dan sejarahnya. Sejarah-sejarah itu dapat kelihatan di beberapa museum yang berada masih juga dalam Teritori Taman Rekreasi Candi. Beberapa museum itu salah satunya:

Museum GUSBI

Posisi museum GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia) berada ada di belakang candi. Museum ini dikenal juga sebagai museum MURI. Hal tersebut karena museum ini simpan beberapa hal unik dan rekor dunia.

Museum ini tidak diatur oleh faksi Taman Rekreasi Candi. Hingga untuk masuk di sana, pengunjung harus bayar ticket. Ticket masuknya terhitung murah, yakni Rp5.000.
Di museum ini pengunjung dapat menyaksikan jas paling besar di Indonesia. Jas ini pernah menulis rekor MURI pada 2006 kemarin. Ada pula manusia terpendek di Indonesia namanya Mas Islahudin, yang umurnya 36 tahun.

Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa berada tidak jauh dari museum GUSBI. Didalamnya ada Kapal Samudraraksa yang pernah berlayar dari Afrika sampai Indonesia. Pengunjung dapat masuk kapal ini dengan beli ticket sejumlah Rp. 100.000.

Museum Borobudur

Museum ini berada dari sisi Museum Kapal Samudraraksa. Sepanjang Dalam museum pengunjung dapat menyaksikan bagian lain candi. Langkah menyaksikannya lewat photo penggalian awalnya sampai relief di kaki borobudur yang terselinap.

Senang bertandang, pelancong tinggal turun mengikut tanda keluar. Seterusnya cukup jalan memotong taman, pelancong akan keluar ke arah pasar souvenir dengan bermacam barang yang memikat buat memberikan kepuasan keinginan berbelanja.

3. Berkeliling-keliling Dengan Kereta Odong-Odong

Di antara gerbang masuk sampai ke candi, jaraknya cukup membuat kaki pegal dengan jalan. Tetapi tidak boleh cemas, bila pengunjung malas jalan, ada kereta odong-odong. Ticket naik kereta odong-odong terhitung murah, yakni Rp. 7.500.
Dengan menumpang kereta odong-odong itu, pengunjung akan berkeliling-keliling taman sekitaran tempat candi. Perjalanan ini tawarkan panorama yang membahagiakan. Diantaranya karena melalui kandang gajah.

4. Sunrise di Candi Borobudur

Ada 9 tingkat pada bangunan candi pasti membuat bangunan ini lumayan tinggi. Ini benar-benar cocok untuk nikmati sunrise sekalian berpose. Ditambah pada pagi hari, umumnya pengunjung masih sepi, hingga berpose lebih bebas.

Sarana Di Candi Borobudur

Sebagai tempat rekreasi bertingkat internasional, sarana di candi borobudur benar-benar sangat berkualitas. Ada toilet nyaman dan bersih, tidak ketinggal restaurantnya. Untuk beli oleh-olehan ciri khas, ada beberapa toko souvenir.
Contact Dan Posisi Candi Borobudur
Berada di Kabupaten Magelang, posisi taman rekreasi ini lumayan gampang aksesnya. Alamat selengkapnya ada di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa tengah.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *