Menjadi Bahagia itu memang mudah, salah satunya adalah dengan berlibur ke Malang dan menjelajahi pesona alamnya. Ya! Malang adalah kota terbesar setelah Surabaya di Jawa Timur, kota yang terkenal sebagai sentranya buah apel ini memiliki bayak sekali lokasi wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Selain pergi ke taman rekreasi yang menawarkan aneka wahana permainan seru, atau pergi ke Malang Selatan untuk menikmati deretan pantainya yang eksotis. Malang punya sejumlah air terjun yang satu diantaranya adalah Coban Ciblungan yang menawan dan tentu saja masih alami.

Coban Ciblungan atau air terjun Ciblungan ini memiliki suasana yang menyejukkan. Perpaduan alamnya benar-benar tertata rapi, dimana ada jajaran air terjun rendah dengan satu aur terjun utama, yang disempurnakan dengan tebing berselimut tumbuhan hijau, bebatuan yang tertata sedemikian rupa membuatnya terlihat sangat elegan dan menakjubkan.

Sekarang bersiaplah untuk menentukan jadwal keberangkatan dan persiapkan segala sesuatunya untuk berpetualang di alam Kota Malang. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan sebelum kamu memutuskan untuk berkunjung ke destinasi wisata alam eksotik ini, yaitu bekal informasi. Karena itulah, lanjutkan dulu petualangan mayamu dengan terus membaca artikel ini sampai tuntas.

Alasan Mengapa Coban Ciblungan Harus Dikunjungi

Coban Ciblungan bisa dikatakan sebagai salah satu air terjun terunik, karena destinasi ini memiliki aliran air rendah dan sangat jernih serta terdiri dari beberapa air terjun. Alasan lain yang mengharuskanmu datang ke sini adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat, jaraknya dari jalan raya menuju area parkir hanya 15 menit, kemudian perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit saja. Kondisi alamnya pun masih sangat alami, dimana belum banyak perubahan, suhu udara sejuk khas pegunungan akan menyambut siapapun yang datang. Walaupun belum populer, malah membuatnya semakin eksotis dan terjaga kealamiannya.

Lokasi Dan Rute Menuju Air Terjun Ciblungan

Lokasi air terjun ini bisa diakses dari jalan raya jurusan Dampit-Lumajang, lokasi tepatnya berada di Desa Purwohajo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke lokasinya, kamu bisa menempuh perjalanan dari Kota Malang menuju Turen yang kemudian dilanjutkan menuju ke Dampit. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju ke Tirtoyudo, terus ke Ampelgading, dan terkahir ke Purwoharjo, atau lebih mudahnya kea rah PLTA Ampelgading.

Lokasinya sangat mudah dicari, karena berada di perbatasan Kota Malang dan Lumajang, lebih tepatnya terletak di sebelah kanan sebelum Gapura perbatasan. Nanti kamu bisa melihat papan petunjuk arah menuju air terjun ini, lanjutkan saja dengan mengikuti arah dari papan petunjuk tersebut.

Fasilitas Dan Tiket Masuk

Wisata air terjun ini masih belum terlalu familiar di kalangan para wisatawan, jadi kesan alaminya benar-benar tarasa sangat kental. Selain itu, pihak pemerintah maupun swasta juga belum ada yang mengelolanya, sehingga belum banyak fasilitas yang tersedia bagi wisatawan.

Sedangkan untuk tiket masuknya, setiap wisatawan hanya perlu membayar retribusi sebesar 3.000 rupiah saja dan ditambah biaya parkir kendaraan sebesar 5.000 rupiah. Sebenarnya harga tersebut tentu tidak sebanding dengan keelokan air terjun yang tersaji. Tempat ini menjadi lokasi yang pas untuk kamu yang suka berburu tempat-tempat anti mainstream dan memiliki hobi photography.

Nah, daripada liburanmu kali ini hanya diisi dengan nonton tv di rumah, atau nongkrong-nongkrong di kafe yang sudah biasa banget, apa salahnya untuk sesekali mengeksplore kecantikan alam di daerah lain. Kalau sudah di Malang, pasti kamu bakal merasa enggan untuk segera pulang ke rumah. Karena bukan hanya ada satu atau tiga tempat saja yang dapat kamu jelajahi dan nikmati kecantikannya.

Kota dingin ini menawarkan pesona alam tapa batas yang bisa menjadikan liburanmu kali ini semakin berkesan. Daripada sendiri dan bingung karena tidak teman ngobrol, lebih asyik kalau kamu menjelajahi Coban Ciblungan Bersama sobat cakrawala lainnya. Selain rame-rame, tentu cantiknya air terjun satu ini layak untuk dibagikan bersama temen. So, apalagi yang kamu tunggu? Rencanakan perjalananmu sekarang dan happy holiday!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *