curug parigi

hai sobat cakrawala!

kalian tau gak Terkadang, tempat yang indah berada tersembunyi dan tidak disadari keberadaannya. Seperti Curug Parigi yang ada di Bekasi ini, tepatnya di Bantar Gebang Pangkalan 5. Lokasinya yang cukup terpencil membuatnya jarang diketahui, bahkan warga Bekasi sendiri.
Padahal, curug atau air terjun Parigi ini memiliki pesona yang tidak dapat diremehkan. Beberapa wisatawan yang pernah mengunjungi pun mengatakan bahwa tempatnya seperti Niagara. Dengan bentuk air terjun memanjang dengan bagian atasnya berupa batuan yang datar.

Harga Tiket Masuk Curug Parigi
Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk. Pun begitu dengan tiket parkir yang juga gratis. Hal ini dikarenakan belum adanya loket tiket resmi untuk pembayaran tiket.

Tiket Masuk Gratis

Jam Buka Curug Parigi
Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung dapat datang kapan pun di hari apapun. Karena tidak ada batasan waktu kunjungan ke air terjun.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

 

Jika mendengar kata curug dan membayangkan air terjun deras di tengah hutan, tidak dengan Curug Parigi. Air terjun ini justru berada di tengah kota, hanya saja tempatnya cukup masuk. Meski begitu, objek wisata ini masih terletak diantara dua kabupaten, yaitu Bekasi dan Bogor.

Curug parigi  ini dikatakan berbeda, karena air terjun yang mengalir dari puncak yang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya sekitar 2 meter saja. Namun, sangat datar seperti Air Terjun Niagara, sehingga pengunjung dapat berdiri di atasnya.

Dindingnya tersusun dari batu sungai yang kuat dan berwarna cokelat kekuningan. Ditambah lagi, bongkahan batu besar tampak menyembul diantara air terjun. Menambah pemandangan semakin indah.

Pesona Alam Curug Parigi

curug parigi
Air terjun tidak lengkap jika tidak ditemani dengan rimbunnya pepohonan. Meskipun tidak meneduhkan air terjun, namun pepohonan tampak tumbuh di tepian sungainya. Mengingat air terjun ini berasal dari aliran Sungai Cileungsi.

Air di sini bisa dikatakan cukup jernih, namun tidak dingin mengingat berada di dataran rendah. Namun, pengunjung tetap harus berhati – hati terhadap debit air. Karena dapat berubah sewaktu – waktu. Hijau pepohonan dan rerumputan masih menyelimuti sekitar kawasan air terjun. Perpaduannya menimbulkan kesan alami yang begitu mempesona.

Bersepeda di Curug Parigi
Jalan menuju Curug Parigi masih berupa jalan tanah dan batuan yang terbilang sempit. Di kanan kiri jalanan terdapat ilalang yang tumbuh cukup tinggi. Hal ini membuat melewati jalan ini cukup sulit dengan kendaraan roda empat.

Justru sebaliknya, di sini dapat menjadi area bersepeda yang menyenangkan. Apalagi di pagi atau sore hari, bersepeda menuju air terjun bisa menjadi pilihan. Menikmati hembusan angin yang langsung menerpa tubuh dengan nyaman.

Datang di Pagi atau Sore?
Waktu yang tepat untuk mengunjungi Curug Parigi adalah saat pagi atau sore hari. Pada waktu ini, pengunjung akan menjumpai pemandangan yang jauh lebih indah. Daripada datang di siang hari yang cenderung panas.

Sambil naik di atas bebatuan, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang air terjun. Ditambah matahari yang hanya sedikit menyembul. Dan cuaca pun tidak terlalu panas kala pagi dan sore hari.

Selain itu, pengunjung juga dapat duduk santai di tepian kolam air terjun. Tepiannya berupa batuan yang rata, sehingga dapat diduduki. Pengunjung juga dapat menggelar tikar sambil menghadap air terjun, menikmati pemandangan indahnya.

Warung di Tepi Air Terjun
Memang belum banyak penjaja makanan di sini. Warung pun hanya ada dua buah, yang menjual makanan dan minuman. Warung ini pun hanya buka saat Sabtu dan Minggu saja.

Sehingga lebih baik, membawa perbekalan yang cukup dari rumah. Apalagi jika berniat untuk tinggal lebih lama di sini.

Fasilitas
Objek wisata ini belum terkelola dengan baik, sehingga fasilitas pun belum memadai. Tidak ada toilet, mushola, bahkan tempat parkir. Jika berkunjung ke sini, pastikan membawa peralatan dan kebutuhan yang mencukupi.

Lokasi Curug Parigi
Objek wisata ini berada di Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Tepatnya berada di belakang Perumahan Villa Nusa Indah 5. Serta di belakang area kawasan industri atau pabrik.

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

selamat berlibur!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.