Sobat Cakrawala pasti masih asing dengan destinasi wisata di Kalimantan Barat ini. Secara administrative desa Temajuk masuk ke dalam wilayah Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Desa ini juga menjadi desa terakhir yang berbatasan langsung dengan Negeri Jiran, Malaysia. Letaknya juga persis di bagian ekor sisi barat laut Pulau Kalimantan. Jaraknya kurang lebih 350 km dari Pontinak yang merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Barat, menuju kea rah utara, dan hanya berjarak 4 km dari Kampung Teluk Melado di Malaysia.

Destinasi Wisata Di Desa Temajuk

Walaupun letaknya di ujung Indonesia, namun desa ini juga punya pesona tersendiri yang membuatnya nampak mempesona. Nah, di bawah ini ada beberapa destinasi wisata di desa Temajuk yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Teluk Atong Bahari

Desa ini punya pantai terbaik di Kalimantan Barat, salah satu yang telah dikemas dengan baik adalah Teluk Atong Bahari. Sesuai dengan namanya, pantai ini dikelola oleh Atong yang merupakan perintis pariwisata di daerah ini. Selain penginapan, wisatawan yang datang juga bisa melakukan aktivitas wisata snorkeling saat air leut sedang surut. Atong juga memiliki fasilitas perlengkapan snorkeling bagi wisatawan yang menginap di tempatnya.

Sunset Di Dermaga Dusun Camar Bulan

Sepanjang pantai di desa ini adalah tempat yang sempurna untuk menantikan matahari terbenam. Posisinya yang strategis dan menghadap langsung ke barat menjadikannya salah satu lokasi favorit untuk mengabadikan momen tenggelamnya matahari.

Pantai Batu Nenek

Pemandangan pantai di sini pasti mengingatkanmu dengan pantai di Belitung. Gugusan batuan raksasanya terhampar di beberapa titik dan berpadu dengan air lautnya yang jernih. Lokasinya tidak jauh dari penginapan atong, Pantai Batu Nenek namanya.

Penyu Bertelur

Ingin melihat langsung penyu-penyu yang sedang bertelur di pantai? Datang saja saat bulan Juni hingga September yang menjadi musim puncak bagi penyu di Temajuk dan Kecamatan Paloh untuk bertelur. Memiliki garis pantai sepanjang 60 km menjadikan Paloh sebagai salah satu pantai terpanjang di Indonesia untuk penyu bertelur. Dalam semalam saja kamu bisa menyaksikan puluhan ekor penyu yang naik ke pantai untuk bertelur.

Panen Ubur-Ubur

Ingin sensasi wisata yang lebih unik? Di desa Temajuk kamu bisa ikutan memanen ubur-ubur yang biasanya dilaksanakan pada bulan Maret sampai April. Musim ubur-ubur ditandai dengan berakhirnya musim angin rebut dan laut yang mulai tenang. Ubur-ubur yang telah dipanen di desa Temajuk ini selanjutnya akan diekspor menuju ke Tiongkok, Jepang, Korea dan Taiwan yang biasanya akan diolah menjadi hidangan atau bahan baku kosmetik.

Perjalanan Menuju Desa Temajuk

Perjalanan bisa dimulai dari Jakarta menuju ke Bandara Supadio di Pontianak. Selanjutnya dari Pontianak lanjukan perjalanan menggunakan mobil menuju kea rah Singkawang, kemudian dilanjutkan ke Sambas dan diteruskan ke Teluk Kalong. Setelah sampai di Teluk Kalong kamu harus menyeberangi dua sungai menggunakan kapal ferry yang ada di Sekura dan Sungai Sumpit. Selain jalur tersebut, ada juga jalur baru yang menghubungkan Nunukan di Kalimantan Utara sampai ke Nunukan, jalur ini menjadi jalur yang lebih dekat.

Kuliner Di Desa Temajuk

Soal makanan gak perlu khawatir, karena mayoritas penduduknya musil, jadi sangat memudahkan kamu untuk mencari makanan halal. Selain itu, banyak juga tempat makan sederhana yang mematok harga ramah kantong. Kalau ingin lebih mudah, kamu juga bisa memesan makanan kepada pemilik penginapan, salah satu yang bisa kamu santap adalah ikan bakar.

Tips Berwisata Di Desa Temajuk

Temajuk adalah destinasi yang lebih dikhususkan bagi penikmat wisata alam, terutama pantai dengan sedikit petualangan dalam perjalanannya.

Kalau kamu punya kulit lumayan sensitif, bawalah lotion atau semprotan anti serangga selama berkeliling di kawasan ini.

Bawalah paspor, karena mungkin saja kamu akan diajak ke kampung Teluk Melano di Malaysia. Sebenarnya, tanpa paspor pun kamu bisa masuk ke sana, namun tentu harus melapor terlebih dahulu kepada petugas perbatasaan dengan didampingi oleh pemandu lokal.

Itulah beberapa daya tarik yang dimiliki Desa Temajuk, tertarik untuk liburan di perbatasan Indonesia? Atau kamu punya pengalaman liburan di Desa Temajuk? Share di sini yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *