Foto: Google Maps/Galih Permadi

Siapa ngomong tidak ada tujuan rekreasi pantai di dekat tempat Jakarta selainnya Ancol? Pasti banyak yang dapat Anda peroleh bila Anda bertandang ke Jawa Barat persisnya di wilayah Banten dengan berkunjung Pantai Bagedur. Pantai ini dikenali dengan pantai yang tidak mempunyai ombak yang menakutkan karena semburannya yang tidak begitu tinggi, jadi untuk pelancong yang akan berenang, pantai ini ialah opsi yang paling tepat.

Meskipun pantai ini seringkali dipandang seperti tujuan rekreasi yang sepi pengunjung, tetapi pantai benar-benar pas bila digunakan sebagai posisi pengunjung yang ingin menyendiri atau ingin rayakan moment tertentu supaya berkesan lebih privat dan seakan pantai punya sendiri. Pantai ini berada di Dusun Sukamanah, Malingping, Lebak, Banten, Jawa Barat. Anda cukup memakai dengan perjalanan darat lebih kurang sepanjang 4 jam dari Jakarta dan 3 jam dari Serang.

Harga Ticket Masuk

Jika Anda ialah seorang pelancong yang telah jemu dengan Pantai Carita maupun Pantai Anyer, Pantai Bagedur ialah opsi yang pas sebagai tujuan rekreasi alternative untuk liburan. Tak perlu keluarkan uang yang berlebihan untuk berekreasi di teritori ini hanya karena dikenai ongkos sejumlah Rp 5.000,- tiap kendaraan beroda 2 dan Rp 15.000,- untuk tiap kendaraan beroda 4. Untuk Anda yang tiba bersama kelompok dan memakai transportasi bis, akan dikenai ongkos sejumlah Rp 35.000,- Sedang untuk Anda yang tiba tidak bawa kendaraan cuman akan dikenai ongkos Rp 2.000,- tiap orang.

Akses dan Jalur

Aksesbilitas ke arah teritori Pantai Bagedur ini sangat lancar, karena perjalanan dari pusat perkotaan Jakarta ke arah Banten yang bisa dijangkau lewat tol. Bila telah tiba ke tempat pantai, capek Anda akan tertebus dengan bentangan pasir putih yang luas ditambah lagi angin yang terhembus kuat. Tempat ini pas untuk Anda yang ingin melangsungkan camping bersama rekan-rekan karena pantai ini sarat dengan pohon kelapa dan perkebunan karet yang tumbuh di tempat pantai.

Untuk tempuh ke posisi ini, banyak lajur yang dapat dipakai seperti lajur Gunung Kencana, Saketi, atau lajur Sukabumi Dermaga Ratu. Tetapi antara beberapa lajur itu beberapa pelancong umumnya memakai lajur Gunung Kencana. Sebagian besar di lajur itu dipenuhi oleh rimba dan jalanan yang bekelak-kelok, tetapi jalanan sangat lancar karena telah cor.

Berikut sejumlah opsi jalur perjalanan yang dapat diputuskan, tentu saja harus disamakan dengan posisi paling dekat Anda :

  1. Lewat lajur Gunung Kencana

  • Serang-Petir Sampay-Gunung Kencana-Malingping Bagedur
  • Serang-Pandeglang-Petir Sampay-Gunung Kencana-Malingping Bagedur
  1. Lewat lajur Saketi

  • Serang- Pandeglang-Saketi-Malingping Bagedur
  1. Lewat lajur Sukabumi Dermaga Ratu

  • Bogor- Cibadak Sukabumi- Dermaga Ratu-Malingping Bagedur
  • Bogor-Cikidang-Pelabuhan Ratu-Puncak Habibie-Cibareno-Sawarna-Bayah-Cihara-Malingping Bagedur

Antara ke-3 opsi jalur di atas, perjalanan yang sedikit menghemat waktu ialah jalur ke-3 yakni melalui Dermaga Ratu hanya karena memerlukan waktu 2 jam saja.

Object Rekreasi

Disitu belum mempunyai banyak sarana yang dapat digunakan pelancong untuk eksplor semakin banyak keseluruhnya pantai, bahkan juga dalam tempat pantai tidak ada tempat wisata apa saja. Pantai ini kurang selingan, tetapi mempunyai banyak kekhasan dan kelebihan yang tidak kalah dari pantai yang lain. Keunggulannya diantaranya seperti berikut :

  • Mempunyai pasir yang padat

 

Berlainan dengan pantai pasir putih yang lain, Pantai Bagedur ini tidak mempunyai struktur pasir pantai yang enteng dan benyek, tetapi padat . Sehingga untuk Anda yang ingin membuat mainan dari pasir pantai atau bermain lempar-lemparan pasir, Anda tidak bisa melakukan. Bahkan juga beberapa pengunjung sering manfaatkan tempat laut untuk parkir kendaraan pribadinya.

  • Spot pas untuk camping

Dengan struktur pasir putih yang padat, Anda dapat manfaatkan untuk membangun tenda dan membuat api unggun bersama rekan-rekan. Ditambah lagi Anda yang ingin membuat suatu acara, tempat ini ialah terbaik karena masih sepi pengunjung dan Anda semakin dapat nikmati keseluruhnya pantai secara bebas.

  • Mempunyai pemondokan di tempat pantai

Untuk Anda yang tiba bersama kelompok dan ingin menginap di tempat pantai, selainnya dapat membangun tenda di teritori pantai, Anda bisa juga sewa pemondokan yang memiliki jarak lebih kurang 100 m dari pantai. Disitu mempunyai home staydan pemondokan yang dipakai untuk istirahat.

  • Sarana yang lumayan komplet

Meskipun tidak disokong dengan permainan sarana dan tempat wisata dalam pantai, tetapi sebagai tujuan rekreasi, pantai ini cukup mempunyai sarana yang lumayan komplet seperti toilet, kamar mandi, ruangan basuh yang bersih, dan beberapa warung yang berjajar jual bermacam minuman dan makanan enteng.

  • Dapat melingkari tempat pantai dengan kendaraan individu

Bila beberapa pantai di Indonesia larang ada pelancong yang bawa kendaraan pribadinya masuk di tempat pantai, berlainan dengan Pantai Bagedur. Disitu Anda bisa nikmati bentangan pasir putih yang padat dengan bawa sepeda maupun sepeda motor untuk melingkari dan telusuri pantai yang memiliki jarak 7 km ini.

Selainnya dapat bebas menyendiri, eksplore keseluruhnya tempat pantai, atau dapat melangsungkan acara bersama rekan-rekan, Anda akan memperoleh kesan liburan yang sesungguhnya. Meskipun pantai ini belum disokong dengan sarana yang dapat Anda gunakan dan kurangnya opsi kulineran didalamnya, Anda dapat mempertimbang dengan menyiapkan keperluan yang dibutuhkan seperti bawa bekal sendiri. Tentu saja sebagai pelancong, Anda harus jaga kebersihan pantai dan keasrian alamnya. Selamat liburan

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *