foto: Gmap/Novilia Geenald

Madura rupanya mempunyai satu tujuan rekreasi yang benar-benar menarik. Bukit Jaddih, batu-batuan kapur putih yang terkenal karena keelokannya. Tujuan sebagai pembicaraan di sosial media ini pada akhirnya mengisap beberapa orang bersama-sama mendatanginya.

Harga Ticket Masuk Bukit Jaddih

Untuk berekreasi dan berkunjung tempat ini sesungguhnya pengunjung tidak diambil bayaran. Tetapi pengalaman dari beberapa pelancong yang pernah ke tempat ini, pengunjung akan ditanggung ongkos dimulai dari Rp10.000.

Harga Ticket Masuk Bukit Jaddih

Ticket Masuk Bukit Jaddih Rp10.000

Ticket Kolam Renang Rp10.000

Ticket Goa Pote Rp5.000

Ticket Naik Rakit Rp5.000

Bermacam rutinitas dapat dilaksanakan di tempat bukit-bukit kapur ini. Berikut sejumlah salah satunya.

Sebagai Warisan Belanda

Sedikit menelisik sejarahnya, ternyata Bukit Jaddih sebagai bungker sisa warisan Belanda. Bungker ini dulu jadi sebagai area untuk menyimpan senjata. Selanjutnya, Bukit Jaddih jadi posisi penambangan kapur. Karena keelokannya, tempat ini sekarang digunakan sebagai posisi rekreasi.

Pemandangan Bukit Jaddih benar-benar memesona. Bukit kapur yang ditambang membuat lanscape bikinan yang mengagumkan cantik. Di sini, ada goa-goa kecil dan tangga batu kapur. Ada juga sebuah waduk warna biru kehijauan yang sekarang digunakan seperti danau. Karena sangat cantiknya Bukit Jaddih, ada yang menyamainya dengan Cappadocia Turki lho. Betul kah?

Berenang Di Di antara Bukit Kapur

Selainnya nikmati panorama alam, pengunjung bisa juga berenang antara bukit-bukit kapur.

Bagaimana ya rasanya berenang antara keelokan bukit kapur putih? Di Bukit Jaddih, pengunjung dapat lho rasakan kesan hebat ini. Ada sebuah kolam besar, di mana pengunjung dapat berenang didalamnya. Airnya yang kebiruan memberi kesegaran tertentu di tengah-tengah batu-batuan kapur.

Walau tidak mempunyai Waterboom, berenang di sini masih memberikan kepuasan. Kolamnya luas, dan pengunjung disajikan panorama yang tidak biasa. Gunung batu melingkari kolam ini. Di ujung kolam, ada pentas yang sering berisi atraksi musik.

Berperahu Di Danau

Salah besar bila menduga berekreasi di sini cuman untuk naiki bukit kapur. Berekreasi di Bukit Jaddih makin terkesan dengan pengalaman melaut di danau. Ada beberapa rakit yang siap mengantarkan pengunjung menelusuri danau namanya Danau Biru ini.

Satu rakit dapat diisi 6-7 orang. Sambil telusuri danau, pengunjung bisa menyaksikan panorama mengagumkan tujuan sisa penyimpanan senjata ini. Airnya yang alami lumayan luas untuk diarungi. Pengunjung juga dapat minta guide untuk stop dan berpose di lokasi yang menarik.

Menghasilkan Foto-Foto Bagus

Mendokumentasikan peristiwa di Bukit Jaddih ialah sebuah kewajiban. Situasinya yang mengagumkan benar-benar instagramable dan sering ditampilkan di media sosial. Pengunjung bisa berpose di bukit kapur, bungker, atau gua-gua kecil di seputar sini.

Hal yang sering dilaksanakan di sini yaitu photo pra dan post-wedding. Dengan nuansa alam menarik, berpose pernikahan di sini juga jadi target beberapa orang. Walau cukup ribet, semua terbayarkan dengan keelokan alamnya. Karena sekali sepanjang umur, berpose pernikahan sebaiknya terkesan ya!

Membeli Oleh-Oleh Di Goa Pote

Pulang tanpa bawa oleh-oleh kurang komplet rasanya. Tetapi tidak perlu cemas. Warga sekitaran Bukit Jaddih memiliki inisiatif untuk bikin toko souvenir antara ceruk gua. Tempat ini mereka namai Goa Pote. Di sini pengunjung bisa beli pakaian, makanan, dan souvenir ciri khas Madura yang lain.

Hal Yang Harus Jadi perhatian Saat Ke Bukit Jaddih

Untuk ke arah tujuan ini, pengunjung akan lewat jembatan Suramadu. Pengunjung dapat memakai kendaraan beroda 2 atau beroda 4. Namun, dekati tempat, jalan mulai curam dan tidak rata. Pengunjung diinginkan berhati-hati melewati jalur ini.

Disamping itu, yang penting jadi perhatian ialah penambangan masih aktif dilaksanakan di Bukit Jaddih. Tidaklah aneh bila pengunjung akan menyaksikan truk angkut berakhir-lalang. Karenanya, sebagai mengantisipasi keadaan penambangan batu kapur, pengunjung disarankan menggunakan masker.

Posisi Rekreasi

Bukit Jaddih beralamat di Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161. Yok ke tempat ini, dan cicipi keelokan alamnya!

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *