Kawah Sikidang terhitung objek rekreasi favorit Dieng yang harus didatangi. Posisi rekreasi ini berada di Akan Buntet, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa tengah.

Dieng sebagai salah satunya lokasi yang kerap jadi tujuan rekreasi untuk beberapa orang. Keelokan alam yang alami jadi argumen beberapa pengunjung yang liburan di situ. Salah satunya rekreasi yang bisa didatangi di Dieng ialah Kawah Sikidang. Di Kawah ini Anda bisa nikmati panorama alam yang natural serta keelokan kawah.

Kawah ini adalah rekreasi yang penting Anda datangi saat ke Dieng. Daya tarik antiknya jadi daya magnet tertentu untuk banyak pelancong. Kawah yang ada di sini bisa beralih-pindah, sudah pasti ini susah untuk diketemukan di rekreasi kawah yang semacam. Posisi kawah berada di tanah datar hingga pengunjung bisa melihat letupan pada permukaan kawah secara jelas.

Daya Ambil Kawah Sikidang

Saat Anda pergi bertandang ke rekreasi kawah, Anda akan hadapi dengan panorama alam dengan rutinitas vulkanik yang termasuk masih aktif. Rekreasi yang berada di daratan Dieng sebagai salah satunya rekreasi favorit di Jawa tengah yang bisa datangi. Beberapa daya magnet yang bisa Anda peroleh saat bertandang ke rekreasi kawah ini, yakni:

  • Menyaksikan bibir kawah langsung

Agar bisa sampai ke bibir Kawah Sikidang, beberapa pelancong perlu berjalan kaki kurang lebih sepanjang 1 km dari tempat parkir ke arah tempat kawah khusus. Temperatur air yang ada di kawah khusus kurang lebih bisa capai temperatur 100 derajat celcius berdiameter kawah seputar lima mtr..

Anda dapat menyaksikan bibir kawah ini dalam jarak yang dekat, Anda perlu berdiri di luar pagar yang dipasang dan dipakai sebagai pemisah, ini dilaksanakan untuk menahan terjadi beberapa hal yang bisa mencelakakan.

Di saat-saat tertentu ada pertunjukan rebus telur dengan mencelupkan telur ke kawah. Bila Anda untung bisa bertandang di saat itu, Anda bisa melihat dan kemungkinan mencicip telur rebus ciri khas Sikadang.

  • Naik kuda

Bila Anda ingin ke tempat kawah atau sekedar ingin menyaksikan wilayah teritori kawah secara detail, tetapi Anda malas berjalan, Anda bisa berusaha untuk berkuda yang dikontrakkan oleh masyarakat seputar. Anda bisa rasakan kesan naik kuda antara kepulan asap belerang dan dinginnya udara di Dieng.

Sudah pasti, pengalaman itu bisa menjadi pengalaman yang susah dilalaikan dang benar-benar membahagiakan. Bila Anda senang berpose, Anda bisa berpose di atas kuda sepuasnya. Saat menunggangkuda, Anda tak perlu berasa takut, pemilik kuda dengan sabar akan membimbing kuda supaya masih aman.

  • Foto Hunting

Sekarang ini, mendokumentasikan photo untuk kepentingan tersimpan sebagai koleksi individu jadi hal yang harus. Anda bisa mendokumentasikan photo daya tarik dari Kawah Sikidang yang paling mengagumkan.

Tempat kawah ini benar-benar luas dan ada bukit yang ada di atas kawah, hingga Anda bisa ambil photo dari bermacam pojok untuk memperoleh hasil photo terbaik. Untuk Anda pecinta selfie, anda dapat berpose bersama burung hantu yang disiapkan oleh masyarakat.

  • Cenderamata unik

Saat Anda liburan ke luar kota, umumnya Anda akan beli cenderamata sebagai kenangan pernah bertandang ke tempat tertentu. Di kawah ini, Anda akan mendapati warga lokal yang jual batu belerang sebagai wujud cenderamata ciri khas Kawah Sikidang. Batu belerang ini bukanlah lah batu biasa, batu ini dipercayai mempunyai banyak faedah dan manfaat untuk kesehatan.

Dari sejumlah sumber, batu ini mempunyai kandungan mineral yang tinggi dan air hasil pengendapan belerang ini bisa mengobati bermacam penyakit kulit, misalkan seperti jerawat, kadas, dan panu.

Sarana Kawah Sikidang

Seperti tempat rekreasi yang lain, rekreasi kawah ini mempunyai beberapa sarana yang bisa dipakai dan digunakan oleh beberapa pengunjung.

Sarana umum

Untuk sarana umum yang ada, sesungguhnya masih bisa disebut cukuplah sederhana. Di teritori rekreasi, Anda bisa mendapati tempat makan hingga Anda tidak susah untuk beli makanan saat berada di sana. Disamping itu, ada tempat parkir dan toilet untuk menfasilitasi keperluan beberapa pengunjung.

Rental sepeda dan motor trail

Di situ, Anda dapat sewa sepeda atau motor trail yang disiapkan oleh masyarakat seputar. Untuk ongkos sewa benar-benar bervariasi, dimulai dari Rp. 10.000, Anda bisa nikmati keelokan alam sekalian naik sepeda.

Jam Membuka dan Harga Ticket Kawah Sikidang

Anda bisa berkunjung kawah dimulai dari pagi hari jam 08.00 dan tutup jam 16.00 dan rekreasi ini membuka tiap hari. Agar bisa nikmati panorama cantik di seputar kawah, Anda perlu bayar sejumlah Rp. 10.000 dan ticket yang dipakai ini sebagai ticket terusan yang dipakai saat masuk daerah kompleks Candi Arjuna.

Posisi dan Jalur Kawah Sikidang

Kawah Sikidang ini berada tidak jauh dari Candi Bima dan Candi Arjuna, umumnya pelancong yang bertandang ke kawah ialah pelancong yang awalnya sudah nikmati keelokan di Candi Bima dan Candi Arjuna. Untuk capai tempat rekreasi ini Anda bisa memakai motor maupun mobil. Kawah ini beralamat di Akan Buntet, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa tengah.

Bila Anda dari arah Yogyakarta, Anda dapat memakai kendaraan umum yang ke arah Wonosobo, dengan jalur perjalanan Wonosobo-Purworejo dan jalan ke arah Jalan Diponegoro atau Jalan Raya Dieng. Dari Wonosobo, Anda bisa meneruskan perjalanan memakai kendaraan mini bis yang pergi ke arah Dieng. Biaya untuk mini bis ini lebih kurang Rp. 15.000 saja.

Tempat rekreasi Kawah Sikidang ini benar-benar pas didatangi dengan keluarga atau mungkin dengan rekan-rekan. Panorama yang cantik di situ menjadi salah satunya alternative Anda untuk pergi liburan namun tetap bisa berasa santai.

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.