Foto : Instagram/kevinarlim27

Pantai Sawarna sebagai teritori rekreasi pinggir laut di Lebak, Banten. Tempat pantai ini mempunyai beberapa rekreasi pantai ditambahkan rekreasi guanya. Keelokan pemandangan laut, rekreasi gua yang eksotik, dan keasrian alam jadi daya magnetnya.

Nama Pantai Sawarna diambil dari nama kades pertama di wilayah itu, yakni Swarna. Kata Sawarna sekalian mengisyaratkan jika warga di posisi itu satu warna, yaitu warga Sunda.

Harga Ticket Masuk Pantai Sawarna

Ticket masuk rekreasi pantai ini termasuk lumayan murah. Cukup hanya beberapa ribu pengunjung bisa nikmati keelokan teritori pantai. Untuk harga ticket masuk di pantai sawarna anda cuk bayar Rp.5000.

Macam Rutinitas Rekreasi Di Pantai Sawarna

Pantai Sawarna mempunyai rentang teritori pinggir laut dengan beberapa titik pantai dan rekreasi gua. Beberapa lokasi itu jadi lokasi yang pas untuk bermacam rutinitas rekreasi pantai.

Nikmati Keelokan Pantai

Pantai Sawarna tawarkan keelokan pemandangan pinggir laut dengan airnya yang warna biru. Daerah bibir pantainya menyebarkan daya tarik halusnya pasir putih dikitari bukit-bukit hijau yang asri. Di sejumlah bagiannya ada pantai karang yang natural serta eksotik.

Serasi keelokannya jadi daya magnet tujuan rekreasi ini untuk pelancong lokal atau luar negeri. Banyak pelancong menjuluki Pantai Sawarna sebagai ‘The Hidden Paradise’ atau ‘Surga yang Terselinap’.

Dengan lingkup daerah rekreasi Sawarna lumayan luas, hidangan rentang alam yang tawarkan bermacam panorama mempesona. Pelancong bisa nikmati pantainya yang terhampar dimulai dari disamping barat sampai segi timurs. Dimulai dari Pantai Pulo Manuk sampai ke Pantai Karang Taraje memvisualisasikan begitu eksotisnya teritori Pantai Sawarna.

Surfing

Laut Sawarna berhadap langsung dengan Samudera Hindia. Populer akan ombak yang besar, watak gelombang di pantai ini lumayan tinggi. Ini membuat tempat wisata pinggir laut ini benar-benar pas ditingkatkan sebagai rekreasi selancar.

Gelombangnya yang lumayan tinggi dibarengi angin ribut bagus untuk olahraga surfing. Posisi ini jadi favorite surfing untuk pelancong lokal atau luar negeri nyaris sehari-harinya. Dengan tingginya ketertarikan pelancong, di teritori ini ada beberapa tempat persewaan papan selancar.

Banyak wilayah dari teritori Pantai Sawarna sering jadi tempat berseluncur. Diantaranya Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Monitor, Pantai Karang Bokor, dan Pantai Karang Seupang. Disamping itu di Pantai Karang Taraje, Pantai Legon Pari, dan Pantai Pulo Manuk.

Bermain Pasir dan Air

Santai di teritori pantai banyak dilaksanakan pelancong untuk nikmati situasi liburan mereka. Banyak pelancong jalan-jalan rileks bertelanjang kaki untuk nikmati lebutnya pasir putih. Keluarga khususnya dengan beberapa anak juga menyenangi bermain pasirnya yang bersih.

Pelancong tidak perlu cemas bermain air dan berkejaran dengan ombak Pantai Sawarna. Dengan tempat pasir pantai putihnya yang luas, pelancong tidak terasa terusik dengan gelombang ciri khas pantai selatan. Beberapa penjaga pantai juga siap memantau dan mengingati pelancong yang tanpa sadar masuk tempat beresiko.

Berenang

Dengan tempat perairan pinggir pantai yang cantik, Pantai Sawarna mempunyai banyak spot untuk pelancong bisa berenang. Khususnya di tempat perairan dangkal di Pantai Pasir Putih dan Pulo Manuk.

Pelancong bisa berenang pada standard batasan aman yakni 25-30 mtr. dari bibir pantai. Rambu-rambu seperti bendera dan papan anjuran juga terpasang di tiap pinggir pantai. Tidak seluruhnya titik diperlengkapi tower pemantau, tetapi team life-guard siap arahkan, mengawasi dan selamatkan.

Peristiwa Sunrise dan Sunset di Pantai Sawarna

Di Pantai Sawarna, pelancong akan memperoleh cantiknya peristiwa sunrise atau sunset. Panorama cantik tempat ini sering kali jadi untuk tempat aktivitas photografi.

Seperti biasanya, umumnya rekreasi pantai selalu tawarkan pemandangan mendekati senja yang cantik. Panorama matahari tenggelam yang menarik bisa dicicipi keelokannya dari semua titik pantainya.

Sedang untuk nikmati cantiknya langit sunrise cuman bisa dilaksanakan di sejumlah tempat pantai saja. Lokasi yang pas diantaranya pantai Karang Beureum, Legon Pari, dan Tanjung Monitor. Cantiknya fajar dari ufuk timur memberi hidangan peristiwa sunrise yang memikat.

Trackking Gua

Selainnya rekreasi pinggir laut, di tempat wisata ini ada banyak tempat wisata goa. Di pantai dengan gua, pelancong bisa lakukan jelajahi gua, seperti Goa Lalay dan Goa Langir. Bersama-sama dengan pemandu, pelancong akan ditujukan dan dikasih keterangan berkenaan riwayat berkaitan gua itu.

Bermalam dan Kemping di Pantai Sawarna

Rekreasi Pantai Sawarna mempunyai lokasi-lokasi pantai dan rekreasi gua. Sehari tidak cukup buat menelusuri teritori rekreasi sejauh dusun pinggir laut ini.

Dengan bermalam di teritori pantai, pelancong bisa berkunjung banyak lokasi yang berada di rekreasi Sawarna. Pelancong dapat istirahat sekalian nikmati keelokan pemandangan pantai semakin lama.

Untuk bermalam di seputar tempat pantai, ada beberapa pemondokan dan hotel. Disamping itu, pelancong yang menyenangi alam bebas dapat kemping di daerah aman pantai.

Pantai di Sekitaran

Pantai Sawarna mempunyai pemandangan alam yang lain keduanya dengan bermacam titik posisi rekreasi. Seperti jejeran pantai dengan daya magnetnya masing-masing, dan rekreasi gua-gua elok.

Pantai Tanjung Monitor

Pantai ini sebagai rekreasi favorit yang harus didatangi saat liburan ke Sawarna. Ciri-ciri uniknya yakni sepasang karang memiliki ukuran raksasa berupa monitor kapal yang terkembang. Itu penyebabnya posisi pantai ini dinamakan Tanjung Monitor.

Pantai Pasir Putih

Posisi ini sebagai pantai di Sawarna dengan bentangan pasir putih paling panjang. Di pantai ini telah ada tower pemantau dan team life guard yang siap mengawasi.

Pantai Karang Taraje

Keunikan pantai ini terbagi dalam karang besar yang sama-sama bersusun seperti tangga. Dari sini penyebutan ‘Taraje’ yang dengan bahasa Sunda memiliki arti tangga. Ada spot seperti air terjun yang tercipta dari debur ombak besar yang menghempaskan karang.

Pantai Legon Pari

Posisi ini sebagai pantai di Sawarna yang terbaik untuk berenang. Watak pasirnya lebih halus, air lautnya biru, dan ombaknya semakin tenang. Pasirnya masih bersih, situasi alam masih natural serta tenang membuat seperti pantai individu.

Pantai Karang Beureum

Karang pada tempat ini mempunyai warna kemerah-merahan. Beureum dengan bahasa Sunda memiliki arti warna merah. Karang memimpin tiap pojok pantai ini, dengan jumlah dan ukuran tidak besar.

Pantai Gua Langir

Selainnya pantai asri, pantai yang posisinya terselinap ini mempunyai gua-gua tembus tebing. Gua ini berisi bebatuan stalagtit dan stalagmit yang tercipta semenjak beberapa ratus tahun kemarin. Di ‘surga terselinap’ ini ada banyak gua :

Gua Langir, banyak air menetes dari dinding tebing dengan batu-batuan simetris yang besar dan basah.

Gua Seribu Candi, diberi nama begitu karena jumlahnya bebatuan stalagmit yang seperti stupa candi. Lorongnya pendek dengan beberapa ornament alam yang cantik.

Gua Kanekes, berupa horizontal dengan panjang sekitaran 85 mtr..

Gua Harta Karun, dulu digunakan penjajah Jepang untuk simpan harta rampasan. Sisi depan gua ini banyak vegetasi hijau.

Pantai Karang Bokor

Di pantai ini ada pulau dari karang yang banyak bermacam tipe tanaman ciri khas pantai. Dibuka untuk umum sekitaran tengah 2017, Karang bokor mempunyai panorama yang cantik. Situasi di atas tebing yang menghadap lautan terlepas disertai deburan ombak yang keras.

Pantai Pulau Manuk

Terletak bersisihan dengan Leweung (rimba) Saketeng, posisi ini masih rimbun dengan beberapa kera dan lutung. Rutinitas memberikan makanan kera sebagai pengalaman hebat saat tiba ke tempat ini.Di Pantai ini ada spot berenang dengan ombak yang tenang.

Bukit Cariang

Dari Bukit Cariang kita dapat menyaksikan panjang pesisir Pantai Sawarna keseluruhannya. Tempat ini pas untuk menikmani pantai dari ketinggian sekalian santai nikmati sajian enteng.

Gua Lalay

Daya magnet Gua Lalay ialah adanya bebatuan stalaktit dan stalakmit yang menghias dalam jumlah yang lumayan banyak. Panjangnya lebih dari 1000 mtr., tetapi pelancong cuman dianjurkan sampai 200-400 mtr.. Kekhasan goa ini yakni sebagian besar dasarnya tergenang air dengan tinggi betis orang dewasa.

Sarana

Pantai Sawarna sudah sediakan beberapa sarana pendukung untuk pelancong. Pelancong bisa mendapati banyak tempat makan, toilet, dan tempat istirahat di teritori rekreasi ini. Di ujung pantai ada batu-batuan karang yang digunakan sebagai spot untuk swafoto.

Layanan pemandu rekreasi ada untuk mendapatkan info dan mendapati tempat cantik terselinap di sini. Beberapa puluh personil Tubuh Penyelamat Rekreasi Tirta (Balawista) Banten waspada amankan rutinitas rekreasi di pantai ini.

Posisi Pantai Sawarna

Tempat wisata alam pantai ini berada di Jalan Raya Sawarna, Dusun Sawarna, Bayah, Kebupaten Lebak, Banten 42393. Dari Jakarta memiliki jarak sekitaran 183-234 km atau sekitaran 6 jam perjalanan. Pelancong bisa ambil jalur lajur barat ke Malingping, lalu Bayah selanjutnya Sawarna. Sedang lajur timur lewat Dermaga Ratu ke Cisolok lalu Sawarna.

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *