Satu lagi nih tempat wisata baru Gunungkidul, Namanya wisata ATG yang tidak mau kalah dengan Bantul yang terkenal denga Hutan Pinus asru dan Sleman yang punya destinasi wisata populer The Lost World Castle. Gunungkidul juga punya tempat wisata baru yang masih hangat dan belum banyak orang tahu. ATG adalah singkatan dari Air Terjun Gedad yang merupan salah satu air terjun terindah di Gunungkidul.

Destinasi wisata ini memang wajib dikunjungi, terutama bagi traveler yang suka berburu tempat nongki kekinian. Air terjun ini beralamat di Dusun Gedan Banyusoco, Playen, Gunungkidul yang penataan lokasi wisatanya terbilang mirip dengan Taman Sungai Mudal di Kulon Progo.

Meskipun terbilang mirip, namun air terjun di sini punya ciri khasnya sendiri, dimana air terjun Gedad hanya memiliki ketinggian 10 sampai 15 meter saja. Tapi, dinding air terjunnya cukup lebar dan berundak, sehingga aliran airnya terlihat sangat unik. Karena destinasi wisata ini baru saja diresmikan, masih belum banyak wisatawan yang tahu, sehingga tempatnya pun masih sangat alami dan asri.

Pesona Dan Lokasi Air Terjun Gedad

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, air terjun Gedad punya dinging yang lebar dan berpunuk atau berundak, sehingga airnya pun bisa mengalir dengan berbuih. Kolamnya pun bisa digunakan untuk bermain air seperti berendam atau berenang. Di depan air terjun juga telah dibuat dek khusus berupa jalur yag diatasnya dilapisi bamboo untuk mendukung kalian yang hobi berfoto. Tempatnya yang masih asri dan suasananya yang ciamik membuatnya cocok untuk kamu yang punya hobi fotografi.

Destinasi wisata baru di Playen ini berada di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya berada sekitar 50km dari pusat kota Jogjakarta atau 2 jam perjalanan. Air terjun ini berada di sebelah selatan air terjun Srigethuk yang menjadikannya salah satu alternatif wisata lainnya. Kalau ingin lebih jelas atau takut nyasar, lokasinya bisa kamu cari di GPS ponsel kok.

Rute Dan Tiket Masuk Air Terjun Gedad

Ada beberapa rute yang bisa dipilih kalau kamu ingin berkunjung ke air terjun Gedad, tapi salah satu yang paling mudah adalah dari arah jalan Wonosari terus ikuti jalur menuju ke air terjun Srigethuk. Setelah sampai di pertigaan arah Srigethuk, selanjutnya ambil jalan ke kiri sejauh 3 km yang kemudian akan sampai di perempatan balai Desa Banyusoco. Lanjutkan perjalanan dengan mengambil arah kiri dan ikuti saja jalur tersebut sejauh 1 km, nah di sana nanti terpasang banyak papan penunjuk arah menuju ke air terjun Gedad.

Karena nerupakan destinasi wisata baru, harga tiket masuk ke air terjun ini pun masih gratis. Wisatawan yang datang hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan saja. Sedangkan fasilitasnya memang masih sangat minim dan terbilang belum memadai karena masih dalam proses awal pembangunan.

Waahh ternyata selain terkenal dengan wisata edukasi dan wisata budayanya, Yogyakarta juga kaya akan destinasi wisata alam yang memukau. Biar liburanmu di Jogja anti mainstream, saatnya sekarang untuk menjelajah tempat-tempat wisata baru, terutama destinasi wisata alamnya.

Setelah puas jalan-jalan menyusuri cantiknya alam Jogjakarta, sekarang saatnya berburu makanan khas yang terkenal legendaris. Apalagi kalau bukan gudeg! Rasa manis gurih, dan sajiannya yang dilengkapi dengan aneka menu lauk membuatnya terasa pas untuk mengisi perut yang sedang keroncongan.

Apalagi kalau menyantapnya bersama orang tersayang, tentu bukan hanya terasa nikmat tapi juga dapat menjadi kenangan tak terlupakan selama perjalanan wisata di kota yang terkenal sebagai salah satu kota Pendidikan ini. So, apalagi yang kamu tunggu? Masih ragu-ragu? Hhmm, jangan rencanakan lama-lama, karena air terjun Gedad sudah siap untuk menyambut dan memberikan kenangan liburan yang manis untuk kamu kenang bersama sobat cakrawala lainnya. Kamu punya daftar destinasi wisata baru di Jawa Tengah khususnya Jogjakarta? Share di kolom komentar yuk! Siapa tahu kita bisa menjelajahinya sama-sama.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *