Pantai Gigi Hiu memiliki ciri khas berupa jajaran batu karang yang tersebar di sepanjang pantainya. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang terkenal karena hamparan pasirnya yang luas dan landai. Pantai Gigi Hiu malah tidak berpasir, kalaupun ada sangatlah sempit dan untuk memanjakan pengunjungnya pantai ini menyajikan panorama berupa hamparan batuan artistic yang tersebar secara alami.

Gugusan batuan karang itupun menjulang hingga 10 meter, dengan pemandangannya yang membuat siapapun bergidik terpesona. Begitu melihatnya, kamu pasti teringat dengan kondisi pantai di film animasi Avatar, yang digunakan untuk Latihan bagi pendekar pengendali bumi. Dengan keeksotisannya, tentu saja pantai satu ini memiliki panorama yang tidak dapat diabaikan. Apalagi, pancaran matahari terbit dan tenggelamnya yang membuatnya pemandangan di tempat ini makin menarik. Nah, kalau kamu punya cukup nyali untuk bermalam di pantai saat cuaca cerah, ada Star Gasing yang bisa kamu saksikan.

Lokasi Dan Rute Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu berada di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Untuk mencapai lokasinya ada dua alternatef jalur dari Kota Bandar Lampung. Tapi rute paling sering diambil adalah melewati rute teluk Kilauan, yang berjarak sekitar 80 km dari Bandar Lampung. Setelah keluar dari gerbang utama Kilauan, akan ada jalur menanjak di sebelah kiri, kamu tinggal mengikutinya saja. Dari sini perjalanan hanya tinggal 5km saja sebelum sampai di Pantai Gigi Hiu.

Walaupun hanya menyisakan total 5km perjalanan saja, kondisi jalannya makin rusak. Jadi sebaiknya kamu parkir saja kendaraan di Kilauan lalu melanjutkan perjalanan menggunakan jasa ojek. Kondisi jalan makin parah ketika musim hujan.

Sedangkan rute kedua, dari Bandar Lampung tancap gas kendaraanmu menuju ke Padang Cermin. Lalu susuri hingga ke Bawang sampai ke Kampung Kelumbayan. Desa ini merupakan desa terdekat dengan Pantai Gigi Hiu. Medannya pun sama beratnya, namun kelebihan dari rute kedua ini adalah jarak tempuhnya yang lebih dekat dibanding rute pertama.

Daya Tarik Pantai Gigi Hiu

Gugusan Batu Karang

Pantai yang satu ini berbeda dari kebanyakan pantai lainnya, keeksotisannya terletak pada gugusan batu karang yang menjulang tinggi. Batuan karang tersebut terlihat seperti cakar-cakar yang muncul dari dalam lautan. Gugusan batu tersebut memiliki tinggi dan besar yang bervariasi, mulai dari ketinggian 1 hingga 10 meter.

Karena formasi batuan yang eksotik inilah yang membuatnya dikenal dengan nama Gigi Hiu. Penduduk lokas biasanya juga menyebut pantai ini dengan nama Batu Layar, karena salah satu batu besar di pantai tersebut memiliki bentuk seperti layar perahu yang berkembang.

Matahari Terbit

Pemandangan terbaik untuk menikmati panorama pantai ini adalah saat matahari terbit. Ketika itula kamu bisa menyaksikan pemandangan indah berupa pancaran lembayung berwarna jingga yang menyusup di antara celah bebatuan.                         

Keindahan tersebut makin sempurna dengan adanya sentuhan debur ombak, bukan hanya suara saja karena ombak ini juga memantulkan cahaya yang berasal dari matahari terbit. Untuk memperoleh pemandnagan sempurna tersebut, maka pastikan untuk datang pada saat pagi hari. Perjalananmu bisa dimulai dengan menikmati lumba-lumba di Teluk Kilauan. Lalu lanjutkan dengan mengendari ojek menuju pantai perawan yang satu ini.

Panorama Matahari Tenggelam

Untuk kamu yang punya hobi fotografi, sangat disarankan untuk datang ke pantai ketika sore hari. Karena pemandangan yang disajikannya sangatlah cantik dan tentunya ciamik! Kamu bisa mengabadikan momen tenggelamnya matahari yang perlahan membuat pantai lebih gelap dan sejuk.

Saat menjelang matahari tenggelam, sudut jatuhnya sinar matahari yang menyirami deretan batu karang tersebut membuat panorama makin sempurna untuk dipotret. Belum lagi warna langit sore hari yang menawan untuk dijadikan latar belakang foto. Tidak heran mengapa banyak fotografer yang berburu momen matahari tenggelam di tempat ini.

Nah, setelah menyimak beberapa hal menarik mengenai Pantai Gigi Hiu di atas, masih piker-pikir lagi untuk datang ke sini? Hmm, langsung saja catat jadwal keberangkatanmu sekarang juga. Atau kamu juga bisa coret-coret di kolom komentar untuk share cerita perjalanan liburanmu.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *