Photo by Marvin Meyer

Garuda Wisnu Kencana sebuah tempat monumental yang merupakan mega proyek yang dikembangkan sebagai taman budaya yang menampung beberapa kegiatan seni dan budaya lokal, berada pada sebuah bukit tandus dengan luas 240 hektar. Tempat wisata yang terletak di wilayah Bali Selatan ini menjadi destinasi tour wajib bagi mereka yang liburan ke pulau Dewata Bali.

Garuda Wisnu Kencana atau disingkat dengan nama GWK, tempat ini menjadi salah satu letak rekreasi dan objek wisata populer di kawasan Bali Selatan. Itulah sebabnya setiap agen perjalanan hampir dipastikan mengemas paket tour di Bali dengan mengagendakan berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali.

Bermacam-macam informasi tentang keberadaan tempat wisata ini memang sudah betul-betul mudah anda temukan di Internet yang menawarkan daya tarik berbeda dengan keindahan dan budaya yang ditawarkan dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Bali, sehingga tak mengherankan Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik asing maupun domestik, apalagi saat liburan tiba pengunjung yang datang semakin banyak.

Jadi anda yang baru pertama kali datang dan liburan ke pulau Dewata Bali, maka objek wisata ini wajib anda kunjungi, apalagi lokasinya yang strategis, ada berdekatan dan searah perjalanan tour dengan letak rekreasi populer lainnya seperti pantai Pandawa, Tanjung Benoa dan Pura Uluwatu. Dan GWK satu-satunya destinasi wisata selain pantai yang paling hits dan populer di wilayah Bali Selatan.

Objek Wisata GWK Bali – Patung Garuda Wisnu Kencana

\Nama dari objek wisata GWK Bali identik dengan keberadaan patung Garuda Wisnu Kencana, yang mana patung Dewa Wisnu sebagai simbol Dewa pemelihara alam semesta beserta isinya, mengendarai seekor burung garuda. Bagi umat Hindu, Dewa Wisnu yakni salah satu bagian dari Dewa Trimurti diyakini sebagai dewa Pelindung dan Pemelihara.

Proses pengerjaan patung Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali tersebut memang pernah terjadi kendala, hanya beberapa bagian saja yang baru kelar dan ditempatkan ada di beberapa tempat terpisah, yang lebih sering kita lihat melalui media internet merupakan kepala patung garuda yang menoleh ke kiri, bagian tubuh dan kepala Dewa Wisnu, namun sekarang warga Bali bisa bangga, karena patung tersebut telah tuntas dikerjakan.

Patung Garuda Wisnu Kencana – GWK ini berdiri megah dengan ketinggian 120 meter dari atas permukaan bukit, dan merupakan hasil karya I Nyoman Nuarta seorang pematung terkenal di Bali. Penggarapan beberapa bagian patung yang sudah selesai dengan ketinggian 10 – 20 meter ini, balik dilanjutkan sejak bulan Mei 2013 dan selesai dikerjakan pada tahun 2018.

Jikalau anda berkunjung ke objek wisata GWK Bali, maka pada bagian selatan adalah letak bertenggernya patung Garuda Wisnu Kencana ini. Ketinggian patung ini akan melebihi ketinggian patung Liberty yang hanya setinggi 93 meter. Ini menjadi karya anak bangsa yang spektakuler dan mengukuhkan taman budaya Garuda Wisnu Kencana sebagai patung tertinggi ke-3 ada di dunia, menjadi tempat wisata dan destinasi tour wajib dikunjungi saat liburan ada di pulau Dewata Bali.

Tempat rekreasi taman budaya GWK Bali ada di desa Unggasan, jalan raya Uluwatu, kecamatan Kuta Selatan, Badung, masuk dalam kawasan peta wisata Bali Selatan. Dari bandara butuh sekitar 20 menit berkendaraan menuju ke arah objek wisata Uluwatu. Berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana bisa dengan sewa mobil di Bali, anda bisa mengemas perjalanan dengan mengunjungi letak wisata searah dan terdekat lainnya seperti objek wisata pantai Pandawa, pantai Balangan, pantai Padang-padang, Suluban, Dreamland dan objek wisata Uluwatu. Memang kawasan Bali Selatan ini didominasi dengan pemandangan alam laut, kecuali Garuda Wisnu Kencana.

Pengen mengikuti tour di Bali dengan kenyamanan lebih, kami juga sediakan sewa mobil keren seperti Toyota Alphard, BMW dan Mercedez Bens. Supir yang kami sediakan sudah berpengalaman ada di industri pariwisata, termasuk peta wisata ke pelbagai letak populer ada di pulau Dewata. Kawasan pariwisata Bali Selatan memang selalu ramai dikunjungi, selain menawarkan banyak destinasi wisata indah, kawasan Bali Selatan berdekatan dengan pusat-pusat pariwisata di pulau Bali dan bandara Ngurah Rai.

Daya Tarik Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana Bali

Daya tarik dari objek wisata GWK Bali ini tidak hanya pada patung Garuda Wisnu Kencana yang sudah berdiri tegak, tetapi juga bermacam pementasan seni tari tradisional Bali yang dimulai pukul 10.00 sampai pukul 19.15. Tempat wisata ada di Bali Selatan ini buka setiap hari, dari pukul 08.00 – 22.00 wita. Aneka macam hiburan yang ada bisa anda saksikan gak perlu ada biaya tambahan, semua anda bisa saksikan dengan leluasa.

Adapun jadwal pertunjukan seni ada di letak wisata Garuda Wisnu Kencana Bali, seperti berikut;

  • 10.00 – 10.40: Tari Barong dan keris dance.
  • 11.10 – 11.50: Tari Bali.
  • 12.00 – 12.50: Tari Bali.
  • 13.10 – 13.50: Garuda Wisnu Balet.
  • 14.00 – 14.40: Tari Bali.
  • 15.00 – 15.40: Tari Bali.
  • 16.10 – 17.20: Balinese Parade.
  • 17.30 – 18.30: Joged Bungbung.
  • 18.30 – 19.15: Tari Kecak.

Jika ingin menyaksikan sejumlah tarian, bisa bersantai sepanjang hari ada di GWK Bali ini, atau atur kunjungan tour ada di Bali anda sesuai jadwal pementasan tari Bali hal yang demikian di atas. Anda cukup membayar sekali tiket masuk saja, selain bisa menyaksikan alam indah sekitarnya, kemegahan patung juga berbagai hiburan yang disediakan. Perlu diketahui bagi bisa masuk ke dalam patung GWK dan naik menuju bagian puncak, maka akan dikenakan biaya tiket tambahan.

Bukit kapur tempat wisata GWK Bali, tampil begitu indah dan menarik, bukit ini ada di keruk dan dipotong-potong, sehingga sekilas terlihat seperti tanah timbul yang berupa gundukan tanah berbentuk segiempat, menciptakan lorong-lorong indah dan terdapat tanah lapang yang cukup luas, letak pementasan beragam pertunjukan spektakuler dan instagramable. Garuda Wisnu Kencana ini berkembang menjadi letak pameran seni dan budaya, menjadi wadah informasi dan juga komunikasi budaya terutama budaya Bali malah sampai budaya Internasional.

Di objek wisata Garuda Wisnu Kencana terdapat juga dua buah restoran yaitu Jendela Bali dan The Berandas, butik dan warung souvenier, Amphitheatre, Street Theatre, Wisnu Plaza, Exhibition Hall, Lotus Pond dan juga Indraloka Garden. Berkunjung ke objek wisata di Bali ini anda akan mendapatkan pelbagai pengalaman liburan menarik.

Proses Panjang Sejarah Pembangunan Patung GWK

Pandangan baru pembangunan Patung GWK ini pada tahun 1989 ketika saat itu seniman Nyoman Nuarta bertemu dengan dua menteri ada di zaman pemerintahan Soeharto, yaitu Joop Ave dan IB Sujana, serta dan Gubernur Bali saat itu Ida Bagus Oka. Setelah pembebasan lahan tahun 1990, maka dilakukan groundbreaking dilakukan pada tahun 1997. Karena krisis ekonomi membuat pengerjaanya berhenti.

 

Setelah mendapatkan suntikan dana, maka pada tahun 2013 pengerjaanya dilanjutkan, melibatkan seniman Nyoman Nuarta dan 120 seniman lainnya, dan akhirnya rampung kini bisa rampung, setelah penantian panjang sewaktu 28 tahun.

Tepatnya pada tanggal 4 Agustus 2018 akhirnya berdiri tegak, dengan ketinggiannya yang mencapai 121 meter dari permukaan tanah sanggup melebihi ketinggian patung Liberty ada di Amerika. Dan pada tanggal 22 September 2018 akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dihadiri juga oleh bapak Gubernur Bali I Wayan Koster.

Tiket Masuk Ke Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali

  • Dewasa: Rp 125.000/orang
  • Anak: Rp 100.000/anak
  • Masuk ke Patung GWK Rp 200.000/orang

Harga tiket masuk tersebut untuk WNI, sedangkan WNA Rp 165.000/dewasa dan Rp 125.000/anak. Walaupun harga tiket masuk Garuda Wisnu Kencana terbilang lebih tinggi dibandingkan harga rata-rata tiket masuk ke sejumlah letak rekreasi atau objek wisata ada di Bali lainnya, namun demikian anda bisa mendapatkan banyak hal ada di GWK Bali. Apalagi sekarang anda setelah patung GWK hal yang demikian diresmikan anda bisa menyaksikannya dari dekat dan disediakan shuttle khusus menuju letak patung tersebut


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.