Gereja Ayam adalah sebuah tempat ibadah yang berada di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Walaupun namanya Gereja Ayam, namun bangunan tersebut sebenarnya memiliki bentuk seekor burung merpati. Asal mula dibangunnya gereja ini atas gagasan seorang pengusaha bernama Daniel Alamsyah pada tahun 1990 an.

Nama Gereja Ayam mulai dikenal sejak tempat ini dijadikan sebgai lokasi syuting film AADC 2. Tempat wisata religi di Jawa Tengah ini bukan hanya memiliki bentuk bangunan yang unik, namun juga pemandangannya yang menarik. Kamu bisa melihat view dari puncak mahkota crown yang memang nampak eksotis. Makanya, tidak heran kalau tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Tengah.

Daya Tarik Gereja Ayam

Selain mengagumi arsitekturnya yang unik, kamu juga bisa mendapat penawaran berupa beberapa hal menarik yang hanya ada di Gereja Aya mini. Apa saja ya kira-kira? Langsung simak beberapa daya tariknya di bawah ini dulu yuk

Nikmati Kecantikan Sunrise

Lebih tepatnya berada di Bukit Rhema, tempat ini memang menjadi spot paling pas untuk berburu matahari terbit. Untuk menikmatinya, wjaib bagimu untuk datang sejak pagi buta, dan hanya bisa dilakukan saat hari Sabtu dan Minggu saja. Karena, pada hari lain gereja ini baru mulai buka pukul 6 pagi. Jadi sebelum datang, perhatikan harinya dulu.

Mengagumi Karya Seni Lukisan

Tidak sah rasanya kalau kamu berkunjung ke Gereja Ayam tanpa mengamati beberapa lukisan yang ada di dalam gereja. Di bagian dinding gereja, kamu bisa menikmati karya lukis dengan beragam temanya yang mendidik. Mulai dari nasionalisme, perjalanan hidup, hingga bahayanya narkoba.

Hunting Foto Dengan Panorama Ciamik

Salah satu daya tarik dari gereja ini adalah adanya sebuah mahkota di bagian atasnya, nah inilah salah satu spot paling favorit wisatawan untuk berofoto ria. Salah satu momen paling oke untuk mengambil potret di sini adalah ketika pagi hari saat matahari terbit. Dari atas bagunan ini, kamu bisa melihat pemandangan berupa Gunung Merapi, Merbabu, Puncak Suroloyo, dan tentu saja Sumbing.

Tempat ini juga menwarkan desain klasik yang pastinya fotogenik, di pelataran gerejanya saja ada banyak sisi yang bisa kamu eksplore. Apalagi, desain motif yang diusungnya memang nampak cukup unik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan objek foto maupun backround fotomu.

Oh ya, ada satu lagi lokasi yang bisa kamu pilih untuk berfoto, yaitu saat perjalanan menuju ke gereja yang lebih tepatnya di Bukit Rhema. Kamu akan disambut oleh seekor burung hantu, nah kamu bisa berfoto bersama hewan tersebut dengan membayar secara sukarela.

Wisata Kuliner

Jawa Tengah memang terkenal luas sebagai salah satu daerah dengan aneka panganannya. Selain cocok dilidah, banyak kok makanan yang dijual dengan harga terjangkau namun rasanya bisa bikin kamu terus rindu jika sudah mencicipinya. Di kawasan Gereja Aya mini kamu akan berjumpa dengan warung-warung yang menawarkan menu aneka makanan tradisional. Beberapa angkringan juga menawarkan makanan khas Yogyakarta atau Jawa Tengah seperti singkong goreng yang disajikan bersama sambal, maupun nasi kucing.

Destinasi Wisata Religi

Bangunan yang awalnya difungsikan sebagai tempat beribadah ini masih memiliki beberapa peninggalan religi. Contohnya adalah motif salib yang ada di langit-langit gereja, jadi selain menikmati panorama alamnya, kamu juga bisa mendalami berbagai hal yang berkaitan dengan religi di sini.

Dengan segala keunikan dan kelebihan yang ditawarkannya, pantas rasanya untuk menjadikan Gereja Ayam sebagai salah satu destinasi yang tidak boleh terlewat dari daftar kunjunganmu. Khususnya untuk sobat cakrawala yang sedang atau akan menjelajahi area Magelang dan sekitarnya. Kamu juga bisa sekalian datang ke sini saat ke Borobudur, karena letaknya yang tidak terlalu jauh. Aksesnya yang mudah bisa kamu jangkau dengan menggunakan transportasi umum seperti ojek maupun kendaraan pribadi.

Apalagi yang kamu cari? Datang Jawa Tengah dengan segudang pesonanya menunggu untuk kamu datangi. Bukan hanya wisata sejarahnya, di sini juga ada beragam destinasi lain hingga atraksi wisata memukau yang menunggu untuk kamu jumpai.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *