Kalau mendengar kata Jakarta umumnya orang pasti mengira kalau kota ini adalah kota yang panas dengan sedikit kehijauan. Sekarang, kalau kalian mendengar isu seperti itu, tidak perlu terlalu dihiraukan ya. Karena, Jakarta juga punya hutan loh! Namanya Hutan Mangrove Muara Angke yang berlokasi di Penjaringan, Jakarta Utara. Dijamin, setelah main ke sini, kamu bisa banyak-banya menghirup udara segar yang jarang didapatkan di tengah kota.

Biaya Masuk Dan Jam Operasional Hutan Mangrove Muara Angke

Untuk bisa merasakan udara segar di tempat ini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp 25.000. walaupun banyak spot foto instagenic, tapi pengunjung hanya diperbolehkan mengambil foto dengan kamera HP. Kalau kamu ketahuan memotret dengan kamera digital maupun yang sejenis, siap-siap saja dengan denda yang akan dikenakan sebesar Rp 1.000.000. jam buka Hutan Mangrove Muara Angke ini dimulai sejak pukul 07.00 sampai 18.00.

Transportasi Ke Hutan Mangrove Muara Angke

Untuk datang ke tempat ini kamu bisa memilih alat transportasi sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan. Kalau datang ramai-ramai, misalnya saja berempat, kamu bisa menggunakan jasa transportasi online setelah turun dari Stasiun Jakarta Kota. Biar lebih hemat, kamu bisa mengajak patungan, karena biayanya bisa mencapai Rp 55.000 untuk satu kali jalan. Nah, beda lagi kalau kamu datang sendiri atau hanya berdua saja.

Setelah dari Stasiun Jakarta Kota lanjutkan naik Bus Kota yang terintegrasi dengan Busway atau BKTB tujuan Pantai Indah Kapuk, dan turun di Yayasan Budha Tzu Chi. Setelahnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot menuju ke detinasi wisata hutan mangrove. Dengan transportasi ini, dana yang harus dikeluarkan tergolong minim, karena kalau dijumlahkan uang yang harus dikeluarkan hanya berkisar Rp 37.000 saja.

Fasilitas Yang Tersedia Di Hutan Mangrove Muara Angke

Walaupun namanya hutan, tapi destinasi ini telah dikelola dengan sangat baik, sehingga beberapa fasilitas pun sudah tersedia. Nah, di bawah ini ada beberapa fasilitas di Hutan Mangrove Muara Angke yang dapat kamu jumpai saat mengunjunginya.

Pondok Kemah 

Menyatu bersama alam memang paling asyik kalau sekalian berkemah, kamu bisa membawa tenda pribadi atau menyewa pondok kemah yang telah disediakan. Pondok kemah di sini memiliki kapasitas dua orang yang dipatok Rp 450.000 untuk non AC dam Rp 600.000 dengan fasilitas AC per malam.

Selain pondok kemah, di sini juga disediakan villa-villa yang berkapasitas hingga 20 orang. Camping groundnya juga dilengkapi arena api unggun. Kamu bisa melakukan aktifitas paling menyenangkan, yaitu menikmati gemerlap bintang saat malam tiba.

Kantin Lesehan

Setelah masuk beberapa meter dari pintu masuk, kamu bisa menjumpai kantin lesehan yang merupakan satu-satunya rumah makan di kawasan ini. Walaupun namanya Kantin Lesehan, tenang saja kerena tetap ada meja kursi untuk bersantap.

Penanaman Bibit Mangrove

Ingin berkontribusi dalam penyelamatan hutan mangrove? Salah satunya dengan ikut menanam bibit mangrove di Hutan Mangrove Muara Angke. Bibitnya sendiri sudah disediakan oleh pengelola yang bisa kamu beli seharga 150.000 rupiah per pohon. Program penanaman mangrove ini sangat diminati oleh sekolah, universitas, komunitas, maupun perusahaan.

Wisata Air

Bosan hanya memotret di rute pejalan kaki? Yuk susuri mangrove dengan wahana wisata air. Selain lebih menyenangkan, wahana air ini juga bisa menambah momen kebersamaanmu bersama orang-orang terdekat yang datang bersamamu. Tersedia perahu dengan kapasitas 6 orang yang dipatok Rp 350.000, sedangkan yang berkapasitas 8 orang bisa disewa dengan hara Rp 450.000. Tapi kalau mau berdua saja juga bisa kok, perahu dengan kapasitas dua orang ini dibandrol Rp 100.000 untuk satu kali jalan.

Jalur Bersepeda

Membayangkan mengitari hutan mangrove yang memiliki luas 99,82 hektar saja mungkin sudah melelahkan. Tapi tenang saja, karena kamu tidak harus selalu berjalan kaki, karena tempat ini juga punya jalur bersepeda yang dapat kamu susuri.

Penasaran gimana asrinya Hutan Mangrove Muara Angke? Langsung saja agendakan kedatanganmu sekarang yuk! Punya informasi lain seputar destinasi wisata di Jakarta ini? Share di komentar yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *