Indahnya Situ Cisanti Bandung Yang Masih Alami

lokasi-situ-cisanti-bandungSitu Cisanti, danau kecil ini memang masih kalah dengan nama danau atau situ lain di Bandung seperti situ patenggang atau situ cileunca. Meskipun demikian, ternyata tempatnya ga kalah indah lho. Bahkan dalam beberapa hal bisa dikatakan lebih adem.

Buat rekan-rekan penyuka wisata alam dengan lokasi yang instagramable di Bandung, Situ Cisanti Bandung bakal bikin puas sepertinya.

Sekilas Tentang Situ / Danau Cisanti
Situ/danau Cisanti merupakan titik nol atau hulu sungai citarum, salah satu sungai terbesar di jawa barat yang dikenal dengan polusinya. Sepertinya ga bakal nyangka kalau sungai citarum yang kotor berawal dari tempat yang begitu bersih dan indah.

Kawasan danau cisanti dikelilingi oleh beberapa gunung seperti gunung wayang, gunung malabar, gunung bedil, dan gunung rakutak. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari kawasan perkebunan teh pangalengan.

Setelah mendapatkan pembenahan, sekarang situ cisanti mulai dikenal masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata di kabupaten Bandung.

Di awal tahun 2018, pemerintah mencanangkan program citarum bersih. Situ Cisanti juga ngga lepas, mendapatkan sentuhan tambahan. Apalagi setelah presiden Joko Widodo berkunjung dan meresmikan program revitalisasi Citarum di situ Cisanti.
Sekarang terdapat tambahan fasilitas yang lebih lengkap. Area sekitar situ juga jadi lebih enakeun untuk pengunjung yang datang.

Hulu Sungai Citarum
Situ, atau danau kecil ini merupakan hulu sungai Citarum. Disini ditampung aliran dari 7 mata air yang membentuk hulu sungai citarum yang utama.

7 Mata air yang ada disini antara lain:

Mata air citarum
Mata air cikoleberes
Mata air cikahuripan
Mata air cihaniwung
Mata air cisadane
Mata air cikawudukan, dan
Mata air cisanti
Semua mata air di tampung di situ cisanti, dengan debit air mencapai 200-400 liter/detik.

Tempat Wisata Di Lokasi
Ada beberapa hal yang bisa rekan-rekan lakukan saat dilokasi. Situ Cisanti tentunya lebih mengandalkan ke wisata alamnya. Disini rekan-rekan bisa menikmati pemandangan sekitar danau yang masih hijau adem, dan berfoto-foto di berbagai spot yang instagramable di lokasi. Selain itu, saya sarankan buat berjalan mengelilingi situ cisanti biar lebih puas, dan berfoto sekalian di tugu kilometer nol Citarum, biar ga penasaran. Jaraknya tidak terlalu jauh kok. Sudah ada jalan setapak yang cukup layak buat diikuti, tanpa takut harus tersesat.

Petilasan Dipati Ukur
Di situ cisanti juga terdapat petilasan Dipati Ukur. Beliau adalah seorang wedana para bupati Priangan di abad 17. Beliau juga salah seorang yang memimpin penyerangan ke Belanda di Batavia. Sekarang nama beliau di abadikan menjadi nama salah satu jalan di kota Bandung.

Di area petilasan Dipatiukur terdapat mata air yang dikeramatkan. Tidak sembarang orang bisa datang ke sini, harus didampingi oleh kuncen yang ada di lokasi.

Alamat / Lokasi Situ Cisanti
Alamat / Lokasi situ Cisanti tepatnya berada di kampung Pejaten, desa Tarumajaya, kecamatan Kertasari kabupaten Bandung. Tidak terlalu jauh dari Bandung, hanya sekitar 60 KM saja. Luas area situ sekitar 5 hektar, dan ada di dalam area lahan sebesar 10 hektar.

Lama waktu tempuh dari Bandung kurang lebih 2 jam jika kondisi jalan lancar. Kalau macet mah kita serahkan kepada Tuhan aja ya :p

Rute / Jalan Ke Situ Cisanti
Ada beberapa alternatif jalan ke situ cisanti yang bisa anda gunakan.

Rute menuju situ Cisanti via Pangalengan

Melalui rute ini, arahkan kendaraan ke pangalengan. Dari bundaran pertigaan Pangalengan, ambil jalan ke kiri dan ikuti terus jalan ini. Waktu tempuh dari bundaran sekitar 1 jam. Konon jalan ini masih banyak yang jelek, tapi memiliki pemandangan yang indah di sepanjang jalannya.

Jika menggunakan angkutan umum; naik bis jurusan Bandung-Pangalengan dari terminal leuwi panjang. lalu disambung dengan angkutan desa jurusan kertasari, dan turun tepat didepan gerbang masuk lokasi.

Jalan ke situ Cisanti via Ciparay

Ini rute yang saya gunakan. Jalan ke situ cisanti via Ciparay lebih bagus dan cukup mulus sampai ke lokasi. Jalannya berupa aspal dan jalan beton.

Untuk menempuh rute ini, arahkan kendaraan ke jalan terusan buah batu menuju bojongsoang. Ikuti terus sampai ke jalan laswi ciparay, dan ikut terus sampai ke terminal ciparay. Dari terminal belok kanan untuk menuju ke jalan lembur awi-ciparay, ikuti terus dan akan masuk ke jalan raya pacet. Rekan-rekan cukup ikuti terus jalan ini. Setelah melewati pasar Cibeureum, maka lokasi danau tidak jauh lagi.

Hati-Hati!

Kalau baru hujan, anda perlu ekstra hati-hati di jalan sebelum pasar cibeureum. Kondisi jalannya sih bagus, berupa jalan beton. Tapi berlapis tanah merah tipis yang kalau hujan langsung berubah jadi lumpur tipis yang bikin jalan super licin meskipun di kecepatan rendah. Pastikan anda berhati-hati kalau kondisi jalan basah.

Fasilitas Yang Tersedia
Untuk fasilitas di lokasi sekarang sudah cukup lengkap. Anda bisa menemukan mushalla di area depan. Lapangan parkir pun tersedia cukup lega dan bisa menampung cukup banyak mobil dan motor. Selain itu terdapat beberapa warung di lokasi. Dulu ada beberapa yang buka di pinggir danau, tapi sekarang semuanya terpusat di area depan tepat di pinggir lahan parkir. Kondisinya juga lebih baik dan lebih nyaman untuk jajan, makan, ataupun sekedar ngopi beristirahat disini. Untuk toilet, sejauh yang saya lihat hanya tersedia di area depan. Akan sedikit sulit juga kalau anda kebelet pipis saat di lokasi; harus pergi ke area depan dulu.

Tempat sampah sekarang sudah banyak tersebar disekitar danau. Ngga seperti dulu yang ngga ada sama sekali.

Selain itu, ada juga beberapa tempat duduk dan istirahat di spot-spot yang memang enak buat melihat sekitar situ cisanti. Ada yang berupa bangku sederhana, ada juga kursi yang cukup nyaman.

Tiket Masuk Situ Cisanti
Tiket masuk situ Cisanti rada aneh sih, kurang jelas sejauh ini mah. Dulu pertama kali datang ke sini, saya bayar Rp 10,000/orang, dan parkir Rp 3000 untuk motor. Kemudian jadi Rp 12.000/orang, motor Rp 4000 dan mobil Rp 9000.

Terakhir kesini, saya bayar Rp 10.000/motor. Yang dihitung motornya bukan orangnya, dan tanpa karcis .. haha,,

Biar aman, ambil nilai paling tingginya aja; Rp 12.000/orang.

Nah buat rekan-rekan penyuka wisata alam, tempat wisata ini bisa jadi salah satu tujuan liburan juga..

Selamat berlibur!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *