Yuk ngopi sekaligus nongkrong manja di Banaran, banyak spot-spot foto yang lucu loh! yuk simak.

Kampoeng Kopi Banaran

telungatustravelingindonesia.blogspot-co-id

telungatustravelingindonesia.blogspot-co-id

Kawasan KAMPOENG KOPI BANARAN merupakan salah satu Wisata Agro yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara IX, yang terletak di Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35 dengan ketinggian 480 – 600m dpl dengan suhu udara sejuk antara 23ºC – 27ºC.

Fasilitas utama Kampoeng Kopi Banaran berupa bangunan untuk menikmati sedapnya kopi “Banaran Coffee” juga dibangun arena bermain anak – anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV.

MUSEUM KOPI BANARAN

Museum Kopi Banaran, terletak di Desa Gemawang, Kec. Jambu, Kab. Semarang, bersebelahan dengan Pabrik Kopi Banaran. Museum Kopi ini menyimpan sejarah panjang perjalanan kopi di Indonesia. Pengunjung dapat melihat varian-varian kopi Indonesia disini, beserta dengan peralatan pengolahan kopi klasik, seperti alu (alat untuk menumbuk kopi), manual grinder, dan tentu saja sejarah dari Kopi Banaran. Pengunjung akan melihat betapa kayanya ragam kopi Indonesia, dari bagian Barat Indonesia, hingga Bagian Timur Indonesia. Pengunjung juga dapat mencoba coffee cupping yang tentu saja memberikan sensasi bagi pengunjung dalam menikmati kopi, langsung dari pabriknya.

PABRIK KOPI BANARAN

Pabrik Kopi Banaran, merupakan Pabrik Kopi peninggalan Belanda, yang berdiri sejak tahun 1911. Pabrik Kopi Banaran dimiliki oleh PT Perkebunan Nusantara IX, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara. Pabrik Kopi Banaran terletak di Desa Gemawang, Kec. Jambu, Kab. Semarang.
Di sini, pengunjung dapat melihat proses pengolahan kopi dari kebun. Mulai dari proses penyortiran awal, proses pengupadan kulit kopi, hingga proses penyortiran biji kopi berdasarkan kualitas. Disamping itu, pengunjung juga dapat mencoba merasakan kopi langsung dari pabriknya, atau biasa disebut coffee cupping, karena di sini juga menampilkan proses roasting biji kopi, hingga menjadi kopi bubuk siap minum.
Pengunjung akan merasakan bagaimana proses panjang dalam pengolahan kopi dengan kualitas ekspor, yang tentu saja memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

TOUR PABRIK GULA RENDENG

banaran kopi

banaran kopi

Pabrik Gula Rendeng, adalah salah satu Pabrik Gula tertua di Jawa Tengah, yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No. 285, Kudus. Bangunan-bangunan yang berada di komplek Pabrik Gula Rendeng, merupakan bangunan Cagar Budaya, yang dilestarikan oleh Negara. Di sini, pengunjung akan disuguhkan cara pengolahan tebu hingga menjadi gula, dengan proses panjang yang menjadikan gula berbentuk kristal putih yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Di samping itu pula, pengunjung akan diceritakan sejarah dari Pabrik Gula Rendeng, dari jaman Onderneming, hingga dinasionalisasi menjadi milik Pemerintah Indonesia.
Di samping itu, beberapa spot di Pabrik Gula ini banyak digunakan untuk foto selfie dan Prewedding, karena keunikan bangunan dan alat-alat pengangkutan yang berupa lori pengangkut tebu, dan juga lokomotif antik yang dapat memberikan sensasi bersejarah bagi pengunjung. Pengunjung juga dapat menikmati suguhan khas dari Resto Banaran, yang berada tepat di sebelah Pabrik Gula Rendeng.

Menuju Kampung Kopi Banaran
Lokasi Kampung Kopi Banaran yang berada di sekitar Jalan Tol Semarang – Solo ini menjadikan perjalanan menuju kampung wisata tersebut mudah untuk ditempuh. Untuk menuju Kampung Kopi Banaran, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Apabila menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maka dibutuhkan waktu sekitar 2 jam agar sampai ke lokasi wisata.

Pertama, rute yang harus anda lalui ialah Kota Magelang barulah menuju Kota Semarang. Selama perjalanan anda akan melewati Candi Borobudur dan pusat perbelanjaan Artos. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju ke arah Salatiga melalui Jalan Magelang – Salatiga. Diteruskan ke Jalan Lkr. Sel. Salatiga kemudian Jalan Tol Semarang – Solo. Sesampai di Jalan Tol Semarang – Solo, Kampung Kopi Banaran berada di sebelah kiri jalan.

Jika anda dari arah Semarang dan berkendara dengan mobil, gunakan Jalan Tol Semarang – Bawen. Dari pintu keluar tol di ujung selatan terlihat terminal Bawen, kemudian belok ke kiri sekitar 1 km, anda akan sampai di Kampung Kopi Banaran.

Kegiatan seru di Kampoeng Kopi Banaran
Kampung Kopi Banaran ini merupakan wahana wisata milik BUMN PT. Perkebunan Nusantara IX yang sangat sesuai untuk keluarga. Berada di ketinggian 400-680 dpl pastilah membuat udara disini cukup sejuk. Suhu udara disini sekitar 23 – 27 drajat celcius.

Jika dulu Banaran hanya terdapat kebun kopi, kini tidak lagi. Sekarang perkebunan ini telah dikembangkan menjadi agrowisata yang dilengkapi dengan restoran, cafe, ruang pertemuan, taman kupu-kupu dan aneka fasilitas lainnya.

Bukan destinasi wisata keluarga jika tidak memiliki wahana permainan. Di tempat yang satu ini anda bisa menikmati berbagai permainan seru, seperti flying fox, panjat pinang , mandi bola. Ditambah lagi kegiatan atletik yang tak kalah asik seperti bermain tenis, berkuda dan berenang.

Untuk merasakan hiburan tersebut, anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Untuk permainan flying fox, anda hanya perlu mengeluarkan biaya IDR20.000. Sedangkan panjat pinang, Wood Ball Penalty, trampolin serta mandi bola, masing masing dikenakan biaya IDR10.000. Kemudian untuk kegiatan olahraga seperti berenang hanya dikenakan harga tiket masuk sekitar IDR8.000. Sangat terjangkau untuk semua orang kan?

Buat yang belum puas dengan wahana tersebut, tidak ada salahnya memuaskan adrenalin dengan berkuda ataupun menaiki ATV. Dengan mengendarai ATV, pengunjung diajak berkeliling memutari kebun kopi sembari menghirup aroma buah kopi. Jika beruntung anda bisa melihat aktivitas pengepul buah kopi. Mereka mengumpulkan buah kopi yang nantinya akan dipilih kembali berdasarkan tingkat kematangan buah. Harga menaiki kudu dalam satu putaran sekitar IDR40.000 lalu untuk menaiki ATV sebesar IDR30.000.

atv banaran

ATV banaran

Disediakan pula sarana kereta wisata untuk anak anak yang ingin menjelajah berkeliling kebun kopi. Tarifnya sebesar IDR60.000 per kereta. Selama perjalanan masinis kereta akan bertugas menjadi guide yang siap memandu dan mengenalkan lebih dekat suasana kebun kopi di area perbukitan. Perjalanan berlangsung sekitar 30 menit.

Setelah lelah berkeliling, anda dapat bersantai di tempat terbuka berupa joglo atau gazebo kayu yang tersebar di seantero taman. Ditempat peristirahatan ini, semilir angin bertiup sepoi di bawah kerindangan pohon-pohon besar.

semoga informasi ini bermanfaat ya guys buat kalian yang bingung mau liburan kemana.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *