THE BEST OF KARIMUNJAWA
 

Hello ma frieds ketemu lagi dengan saya raul fattahillah di blog ini, kali ini saya mau membahas tentang pulau karaimunjawa yang tepatnnya ada di kota jepara jawa tengah. Daripada penasaran langsung aja di read artikelnya….
Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
Objek wisata Karimunjawa Jepara adalah wisata yang paling terkenal di Jepara. Jika Jakarta punya Kepulauan Seribu, maka Jepara punya wisata Jepara Karimunjawa. Wisata ini sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara, lho. Daya tarik wisata ini tentu saja keindahan pantai yang tersebar di beberapa pulau. Taman Nasional Karimunjawa berada 83 KM dari Kota Jepara. Untuk menuju ke Karimunjawa ada beberapa alternative bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan paket wisata yang sudah banyak tersedia di agen perjalanan. Kepulauan Karimunjawa berfungsi sebagai cagar alam laut yang dilindungi. Karimunjawa adalah surge bawah laut dengan pemandangan berupa hutan hujan daratan rendah, algae, hutan pantai, hutan mangrove, terumbu karang dan padang lamun. Keindahan kehidupan bawah laut di Karimunjawa sudah sangat terkenal. karena memang objek wisata Jepara yang ini mempunyai keindahan kehidupan bawah laut yang eksotis dan sangat cantik.

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.
Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Beberapa biota laut disini adalah biota yang dilindungi, jadi Anda juga harus berhati-hati saat snorkeling dan diving disini sehingga tidak merusak biota laut tersebut. Selain snorkeling dan diving, masih ada permainan air yang menarik serta seru yang bisa Anda lakukan disini. Beberapa aktivitas tersebut adalah berenang, memancing, berjemur, atau menjelajahi Laut Jawa yang lebih jernih. Berbagai keunikan tradisi dan budaya dari penduduk lokal disana adalah salah satu objek wisata di Jepara yang dapat menambah wawasan budaya Anda. Disini terdapat banyak penginapan danjuga restoran sehingga Anda tidak perlu khawatir bila ingin berlama-lama di Karimunjawa. Wisata kuliner Jepara juga dapat Anda nikmati di Karimunjawa.
Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.
Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus.
Adapun kuliner khas karimun jawa yang banyak diminati yaitu :
Masakan
Masakan khas Karimunjawa, adalah:
·         Pindang Serani


·         Lontong Telur Tahu
      PICT BY WWW.TOURKARIMUNJAWA.NET

·         Lontong Krubyuk
 PICT BY WWW.TOURKARIMUNJAWA.NET 

Minuman
Minuman khas Karimunjawa, adalah:
·         Wedang Blung


·         Wedang jahe
 


·         Es Kelapa Rainbow


video by mazaya galva

Thanks for reading my blog and see you next guys…

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *