Kawah Wurung yang menjadi salah satu destinasi di Bondowoso, Jawa Timur adalah sebuah alam liar yang berupa hamparan tanah luas dan ditumbuhi rerumputan. Mungkin bisa dikatakan sama dengan savanna atau padang rumput yang luas. Yups! Jika dilihat sekilas memang tempat ini terlihat sama dengan padang rumput, hanya saja kawasan ini diapit oleh berbentuk perbukitan.

Sejarah Kawah Wurung

Dalam Bahasa Jawa, wurung berarti sesuatu yang gagal atau tidak jadi, sehingga Kawah Wurung berarti kawah yang tidak jadi terbentuk. Kalau Kawah Ijen terkenal akan air danaunya yang mematikan, maka di Kawah Wurung ini kamu tidak akan menjumpai air sama sekali. Hanya ada cekungan tanah luas yang diatasnya ditumbuhi rerumputan saja. Cekungan tanah yang mirip kawah ini disebut bukit cincin, yang ditepi kaldera kosongnya dikelilingi oleh pepohonan yang bentuknya melingkar, karena itulah diberi nama Bukit Cincin.

Kalau kamu melihatnya sekilas saja, lokasi Kawah Wurung ini mirip dengan kawasan Gunung Bromo di Jawa Timur. Hanya luasnya lebih kecil, dan ketika musim hujan saja kamu bisa menikmati panorama hijau bak permadani. Karena saat musim kemarau, bukit rerumputan hijau di sini akan berubah menjadi kekuningan, terkadang juga tampak berwarna merah muda.

Alamat Kawah Wurung

Kalau tertarik mendatangi destinasi wisata alam di Jawa Timur satu ini, kamu bisa langsung menuju ke Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabuten Bondowoso, dan letaknya cukup berdekatan dengan Kawah Ijen. Hanya berjarak tidak lebih dari sepuluh kilometer, kamu bisa menyisikan waktu untuk mengunjungi Kawah Wurung setelah menghabiskan beberapa waktu di Kawah Ijen.

Kalau cuaca sedang cerah dan terang, kamu bisa melihat penampakan puncak Kawah Ijen dari kejauhan. Gelaran tanah yang menghijau dilengkapi dengan pemandangan berwarna biru dari Gunung Ijen dengan puncaknya yang nampak gagah menjadi kenikmatan tersendiri dalam berwisata ke tempat ini.

Ketinggian Kawa Wurung yang berada di 1.500 meter di atas permukaan laut ini bisa kamu kelilingi dengan membawa kendaraan. Apalagi kalau kamu datang ke sini menggunakan motor, kamu bisa langsung menaiki bukit sampai ke puncak Kawah Wurung. Hanya saja, jalan di tempat ini masih belum terawat dan memang sengaja dibiarkan apa ada begitu saja. Tujuannya untuk menjaga kealamian tempat ini tanpa olah tangan manusia.

Aktivitas Wisata Di Kawah Wurung

Contoh kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Kawah Wurung adalah bersepeda. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif wisata ketika kamu lelah dan bosan berjalan kaki saja. Selain itu, kamu juga bisa duduk-duduk bersantai menikmati pemandangan cantik menggunakan hammock atau tempat duduk lipat yang bisa kamu bawa sampai ke puncak bukit.

Kalau kamu datang ke sini bersama dengan keluarga dan anak-anak, piknik cantik mungkin bisa menjadi pilihan yang oke. Kamu bisa menggelar karpet kecil sambil membawa beberapa bekal makanan dan camilan untuk dinikmati bersama. Tapi, jangan lupa ya untuk membawa kembali sampah plastikmu turun dari bukit ya. Jangan sampai hijaunya bukit ini menjadi kotor karena sampah-sampah yang ditinggalkan berserakan bergitu saja.

Satu lagi hal wajib yang tidak boleh terlewatkan ketika kamu datang ke Kawah Wurung di Bondowoso ini. Apalagi coba kalau bukan mengabadikan momen seperti berfoto atau membuat video.sayang kan kalau jauh-jauh ke tempat secantik ini tapi tidak diabadikan dengan bidikan lensa kamera. Palagi, destinasi wisata ala mini punya banyak sudur yang menarik dan bisa menjadi latar foto yang ciamik. Destinasi ini bisa menjadi salah satu cara untuk lebih mensyukuri nikmat Tuhan yang diberikan lewat pemandangan indah yang dapat disaksikan oleh mata. Dan sudah seharusnya kalau kita bertanggung jawab untuk melestarikan dan menjaganya tetap seperti seharusnya, tanpa mengotori maupun mengalihkannya menjadi destinasi yang berupa tanaman beton.

Hhmm, tunggu apalagi? Masih sibuk dengan urusan pekerjaan atau rutinitas yang seakan tidak ada habisnya? Sudah saatnya untuk mengambil waktu sejenak untuk merefresh dan meletakkan sejenak tubuh dan pikiran yang lelah dengan mengeksplore destinasi wisata yang menakjubkan.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *