Pulau Mansalaar atau yang dikenal juga dengan nama Pulau Mursala adalah pulau terbesar di Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulau ini juga sempat membuat sebuah produsen film Hollywood terpesona akan kecantikan alamnya dan menjadikannya sebagai salah satu tempat shooting film. Pulau ini mempunyai luas 8.000 hektar dan berjarak 22,5 km dari Kota Sibolga.

Pulau eksotis ini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Tapian Naulli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang membuatnya semakin indah, selain panorama pantainya Pulau Mursala memiliki daya tarik utama yaitu sebuah air terjun.

Air Terjun Pulau Mursala

Air Terjun Pulau Mursala memiliki ketinggian 35 meter, keunikan air terjun yang satu ini adalah aliran airnya yang langsung masuk ke laut. Hal ini dikarenakan letaknya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Lebih menariknya, air terjun seperti ini hanya ada beberapa saja di dunia dan Indonesia memiliki dua air terjun seperti ini. Selain di Pulau Mursala, satunya lagi adalah Air Terjun Kahalota yang berada di Kabupaten Halmahera Barat.

Untuk aliran air terjun di Pulau Mursala ini berasal dari aliran sungai terpendek di dunia yang memiliki lebar 400 meter dan panjangnya 700 meter. Aliran tersebut mengalir melewati batuan granit yang berada di tebing pulau dan langsung meluncur ke laut. Hal tersebut menciptakan pemandangan yang luar biasa memukau.

Selain keunikannya yang jarang bisa dilihat di tempat lainnya, air terjun satu ini juga punya legenda tersendiri. Konon katanya, air terjun ini adalah tempat bermain seorang permaisuri cantik bernama Putri Runduk. Pada masanya dulu Putri Runduk terkenal akan parasnya yang cantik dan tersohor hingga ke luar kerajaan. Selain sebagai tempat bermainnya, aliran air yang ada di atas air terjun tersebut juga dipercaya sebagai kolam pemandian sang Putri Runduk.

Destinasi Wisata Lainnya

Selain panorama pantai dan anggunnya air terjun Pulau Mursala, ada beberapa objek wisata lain yang tak kalah menariknya di sekitar tempat ini. Nah, di bawah inilah beberapa diantaranya.

  • Pulau Jambe, lokasi ini merupakan perairan dangkal yang di dalamnya terdapat aneka terumbu karang aneka warna dan berbagai jenis ikan.
  • Teluk Labuan Hunik, tempat ini adalah salah satu spot terbaik untuk diving dan snorkeling
  • Pulau Silabu Na Menek, keunikan yang dimiliki oleh tempat ini adalah adanya batu yang menjorok dan sekilas mirip seperti burung yang berada di atas ketinggian 70 meter di atas permukaan laut. Batu tersebut bernama Batu Garuda yang berada di pantai curam, selain itu ada pula Bonsai Pinang Merah alam yang tumbuh di atas bebatuan.
  • Laguna, yups! Tempat ini memiliki laguna yang berpasir putih dan menyatu di antara Pulau Silabu-labu Na Godang dan Pulau Kalimantung Na Menek.
  • Pulau Puti, inilah destinasi wajib yang harus kamu singgahi saat ingin menenangkan diri di pantai yang berpasir putih dengan perairan dangkal dan kehidupan lautnya yang mempesona.

Akses Menuju Pulau Mursala

Tertarik untuk liburan ke Pulau Mursala? Kamu bisa memulai perjalanan dari Sibolga yang kemudian dilanjutkan dengan perahu cepat dari dermaga yang letaknya berada di pesisir Kabupaten Pandan, Sibolga menuju ke Pulau Mursala. Perahu cepat ini bisa kamu naiki dengan tarif sekitar Rp 1.300.000 per perahu dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Nah, trik untuk menghemat pengeluaranmu adalah dengan mengajak beberapa orang wisatawan atau penumpang lain untuk patungan. Sehingga tarif tersebut bisa kamu bagi rata, tentu lebih terjangkau kan.

Selain perahu cepat, kamu juga bisa menumpang kapal biasa, namun waktu tempuh yang dibutuhkannya sedikit lebih lama, yaitu sekitar 3 jam. Hhhm, menarik dan beragam sekali bukan tempat wisata di Sumatera ini? Destinasi wisata pantai tapi juga sekaligus wisata air terjun ini pasti memberimu pengalaman liburan yang berkesan dan tidak mudah untuk kamu lupakan.

Apalagi kalau kamu datang ramai-ramai bersama sahabat, pasti aa nada banyak momen yang terkenang dan menjadi cerita perjalananmu. Tunggu apa lagi? Yuk catat tanggal keberangkatanmu!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *