Sumber : penawisata.com

Pulau Sangiang sebagai pulau kecil yang berada di Selat Sunda, yaitu di antara Jawa dan Sumatera. Secara administratif, pulau ini terhitung dalam daerah Kabupaten Serang, Banten.

Menurut warga di tempat, Pulau Sangiang telah memiliki penghuni semenjak era ke-19. Waktu itu Raja Lampung mengimbau ke masyarakat supaya tempati Pulau Sangiang. Pulau ini sempat juga disinggahi oleh warga Jepang saat mendekati Perang Dunia II (1942-1945). Saat itu, Jepang membuat Pos Penyelamatan di Pulau Sangiang yang diperlengkapi dengan rel besi untuk dilalui kapal perang mereka.

Awalannya Pulau Sangiang sebagai teritori cagar alam, tetapi di tahun 1991 pulau ini dengan cara resmi diganti sebagai Taman Rekreasi Alam. Ada banyak yang belum mengetahui mengenai Pulau Sangiang dan bisa dibuktikan masih tetap sedikit pelancong yang bertandang hingga keelokan dan kebersihan Pulau Sangiang tetap terlindungi.

Untuk kalian yang ingin liburan nikmati keelokan alam di Pulau Sangiang, berikut sejumlah hal bagus yang harus kalian kenali:

Keelokan yang pertama kalinya menyongsong kehadiran pelancong ialah nuansa hijau dari rimba bakau. Beberapa pelancong akan rasakan nuansa seolah tengah ada di sungai Amazon. Karena perjalanan ke arah pelabuhan Pulau Sangiang melalui anak sungai yang di kelilingi rimba bakau.

  • Goa Kelelawar

Bila kalian mencari Pulau Sangiang, Kalian akan mendapati tempat sepi dan tenang, kelihatan benar-benar memesona dan memikat buat di cari info.

Tempat memesona yang bakal kalian jumpai yakni Goa Kelelawar, kita akan menyaksikan banyak beberapa ratus kelelawar bermain dengan deburan ombak yang masuk goa itu. Kabarnya goa itu sebagai beberapa hiu menunggu mangsa. Tetapi tidak boleh cemas, sudah pasti mangsa hiu ialah beberapa kelelawar yang jatuh dan siap dikonsumsi oleh hiu.

  • Mempunyai Bukit-bukit yang Cantik

Untuk beberapa pelancong yang tiba ke pulau ini umumnya nikmati kecantikan alam pulau dari ketinggian. Karena itu umumnya beberapa pelancong kerap lakukan trackking ke atas bukit dan santai di pucuk. Pulau ini mempunyai dua tempat pucuk untuk beberapa pelancong nikmati keelokan pulau dari ketinggian, yakni Bukit Keinginan dan Pucuk Perampok.

  • Tempat Monumental Pulau Sangiang

Ada banyak yang masih belum ketahui bila Pulau Sangiang mempunyai sisa-sisa warisan dari periode Perang Dunia kedua. Warisan yang berada di Pulau Sangiang berbentuk benteng pertahanan Jepang dan ada warisan alat perang.

Untuk beberapa pelancong yang ingin bertandang untuk dapat nikmati tersisa warisan ini. Pelancong harus memerlukan ijin lebih dulu dari Pos TNI Angkatan Laut. Untuk ijinnya termasuk cukuplah susah dan ketat sekali.

Disamping itu, Pulau Sangiang bisa juga jadi spot diving. Pulau ini mempunyai panorama bawah laut yang paling cantik dengan snorkeling atau diving. Bila kalian tidak bawa alat untuk bersnorkeling, tidak boleh cemas karena Pulau Sangiang sediakan banyak penyewaan alat snorkeling untuk beberapa pelancong.

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *