Mungkin hanya sedikit orang saja yang tahu kalau Malang juga punya potensi wisata cekungan batu atau yang lebih akrab dikenal sebagai goa. Salah satunya adalah Goa Lo Bangi yang berada di Dusun Ngliyep, Kedungsalam, Donomulyo. Goa ini sangat dekat dengan Pantai Ngliyep yang lebih dulu popule sebagai destinasi wisata di Kabupaten Malang.

Pesona Goa Lo Bangi

Kalau selama ini Malang lebih dikenal dengan destinasi wisata alam berupa pegunungan atau wahana rekreasi yang menawarkan aneka wahana permainan. Sekarang kamu punya rekomendasi tempat wisata baru berupa goa alami. Sebenarnya, Goa Lo Bangi sendiri adalah dua goa terpisah yang letaknya saling berdekatan. Goa ini berada di lading milik warga bernama Pak Bangi yang memiliki sungai bawah tanah yang terjalin di pinggir bukit.

Goa ini nampak semakin mempesona karena lekukan yang dibuat dari lembah karst, hingga tidak jarang wisatawan yang punya jiwa petualang sering masuk ke Goa Lo dan keluar melalui Goa Bangi. Selain menawarkan keindahan alam yang berupa cekungan bebatuan, tidak jarang goa menyimpan misteri dan sejarahnya sendiri.

Kalau kamu menjelajahi goa ini, kamu pasti menjumpai beberapa bagian Lorong Goa Lo yang memiliki ketinggian kurang dari satu meter. Sehingga untuk meneruskan penelusuran, kamu diharuskan untuk merangkak agar kepala tidak terbentur atap Lorong. Kamu juga bisa melihat ornament-ornamen unik yang terbuat dari batu alam. Corak ornament tersebut juga nampak semakin indah karena berpadu dengan stalaktit yang menggantung di atas dinding goa.

Uniknya, kalau kamu perhatikan lebih detil, ornamen-ornamen tersebut nampak memiliki bentuk sebuah corak dan motif buah-buahan. Kalau kamu menyinari ornament tersebut dengan cahaya senter, akan ada bias yang memantul ke seluruh permukaan goa. Puas menikmati ornamen dan segala bentuk batuan yang ada di dalam goa. Sekarang coba deh lebih pertajam lagi pendengaranmu, ada suara alam yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Suara-suara tersebut berasal dari beberapa jenis satwa yang hidup di dalam goa, seperti wallet, kelelawar, udang, jangkrik, dan oleng.

Transportasi Menuju Goa

Kalau kamu berasal dari luar Kota Malang, sekarang tidak perlu bingung lagi untuk bisa sampai ke destinasi wisata Goa Lo Bangi Malang. Kalau masih bingung, berikut ini ada panduannya agar liburanmu ke Goa Lo Bangi makin mudah. Wisatawan yang ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil. Selanjutnya ada google maps yang siap menjadi teman setia untuk menunjukkan arah menuju goa. Karena letaknya yang sedikit jauh dari Pusat Kota Malang, setidaknya dua jam perjalanan, membawa kendaraan pribadi memang lebih nyaman.

Dengan membawa kendaraan pribadi, kamu bisa lebih bebas untuk beristirahat maupun mampir ke destinasi wisata lain yang lokasinya tidak jauh dari Goa Lo Bangi. Misalnya saja Pantai Ngliyep! Sambil berkendara santai, sesekali kamu bisa berhenti untuk berwisata kuliner atau memotret pemandangan cantik di luar jendela mobilmu.

Saran Dan Tips

Ada sedikit saran yang akan kami bagikan sebelum sobat cakrawala datang berkunjung ke Goa Lo Bangi Malang. Beberapa persiapan tersebut adalah helm, tabung oksigen, senter, peralatan rock climbing, sepatu karet, jaket anti air, dan bekal makanan maupun minuman. Dan satu lagi barang wajib yang harus kamu bawa, yaitu kamera! Karena sudah jauh-jauh datang ke tempat ini tentu sayang untuk melewatkan momen untuk mengabadikannya dalam bidikan kamera.

Karena tempatnya yang belum begitu populer bagi kebanyakan orang, bahkan juga warga lokal, ada baiknya kalau kamu sering-sering bertanya. Karena, bisa jadi kamu akan kebingungan dengan arah maupun letaknya yang belum terkenal ini.

Nah, sekarang sudah memantapkan diri mau liburan kemana? Masukkan destinasi wisata satu ini dalam daftar kunjunganmu yuk. Sayang kan kalau ke Malang tapi gak mampir-mampir ke tempat wisatanya yang mempesona. Apalagi destinasi wisata satu ini juga belum banyak dikenal wisatawan, sehingga kealamiannya bisa terjamin. Kamu punya tips wisata ke goa? Atau pernah mengunjungi goa mana saja? Dan di mana? Share di sini yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *