Laguna Kehe Daing merupakan salah satu keindahan yang tidak bisa kamu temukan selain di kepulauan Derawan. Selain laguna memang jarang dijumpai di Indonesia, Kepulauan Derawan memang menjadi salah satu kepulauan pantai dengan pesona yang berbeda dan menjadikan salah satu destinasi wisata pantai favorit di Indonesia.

Laguna sendiri sebenarnya berasal dari Bahasa Latin Lacuna yang berarti ruang kosong. Pengertian istilah ini yaitu, sebuah tempat pemandian yang bukan laut, tapi airnya yang berasal dari laut. Sehingga nampak seperti danau namun airnya asin dan berwarna biru laut. Jadi sebenarnya Laguna Kehe Daing ini adalah salah satu fenomena unik dan langka di Indonesia.

Pesona Laguna Kehe Daing

Tempat ini sebenarnya masih belum banyak dikunjungi oleh para traveler yang datang ke Kepulauan Derawan. Padalah sebenarnya destinasi ini bisa menajdi salah satu highlight wisata yang dapat dijumpai di Derawan karena kecantikannya. Karena belum banyak dikunjungi, untuk memastikan lokasinya, kamu perlu menyewa jasa pemandu lokal.

Laguna ini terletak di Pulau Kakaban, yaitu salah satu pulau yang ada di Derawan. Untuk menuju lokasinya, kamu harus menggunakan speed boat yang memakan waktu sekitar 45 menit dari Pulau Derawan. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan melewati terowongan yang ukurannya lumayan kecil untuk dilewati dalam kondisi berjalan biasanya. Sehingga, kalau kamu punya masalah punggung, sebaiknya piker ulang untuk melewatinya.

Pada terowongan kecil ini mengalir aliran air yang cukup untuk memenuhi ruangan. Namun aliran air ini juga lah yang menuntun para wisatawan untuk keluar dari terowongan dan akhirnya sampai di laguna yang dituju. Begitu sampai, semua tantangan dan lelah selama perjalanan akan terbayar kontan dengan pesona pemandangan yang tersaji di depan mata.

Alternatif lainnya untuk menuju laguna selain melewati terowongan adalah melalui tangga. Kemudian dilanjutkan dengan trekking menyusuri tebing, karena memang kawasan di sekitar pantai ini berupa tebing. Arulah setelah itu kamu akan mencapai laguna.

Keunikan Laguna Kehe Daing

Kehe Daing ini terlihat seperti sebuah danau, airnya yang asin dan berwarna biru tosca berasal dari air laut. Tempat ini dikelilingi oleh pepohonan pantai dengan pasirnya yang berwarna putih. Hhmm bisa bayangkan kan gimana mempesonanya tempat ini? Di sini kamu bisa langsung berenang dan menikmati kesegaran airnya.

Tempat ini dinamakan Kehe daing karena adanya terowongan untuk menuju lokasinya. Terowongan ini memang kecil untuk dilewati, sesuai namanya yang berarti lubang ikan. Dari lubang ikan inilah air laut asing mengalir menuju ke suatu tempat hingga membentuk sebuah danau yang bernama laguna.

Biasanya saat air laut pasang, terowongan tersebut tidak bisa dilalui sama sekali. Sehingga satu-satunya cara untuk menuju laguna adalah dengan melewati tebing. Namun, menurut pemandu lokal di sana, pasang-surut air di pantai sekitar laguna terbilang tidaklah sering.

Tidak Berpenghuni

Di tempat ini tidak ada satu orang penduduk pun yang tinggal, hanya sesekali ada beberapa nelayan yang singgah untuk beristirahat. Karena itulah mengapa tempat ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi refreshing, bukan hanya airnya yang menyegarkan tapi pemandangannya yang menakjubkan.

Karena lokasinya yang cukup terpencil dan jauh dari tangan manusia, di tempat ini juga belum ada fasilitas yang tersedia. Agar lebih nyaman untuk menghabiskan waktu liburan di salah satu destinasi wisata alam di Kaliman Timur ini, ada baiknya kalau kamu membawa bekal dan perlengkapan yang cukup.

Karena sepi pengunjung, kamu bisa bersantai sepuasnya layakya berada di pantai pribadi. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai tempat untuk menghibur diri dari hirup pikuk perkotaan. Kapan lagi kamu bisa jalan-jalan di tempat seeksotik ini. Laguna Kehe Daing dapat menjadi pilihan terbaik untuk liburanmu di Kalimantan Timur.

Nah, tunggu apalagi? Yuk catat tanggal keberangkatanmu untuk jalan-jalan menjelajahi Kepulauan Derawan yang mempesona. Jangan lupa untuk memasukkan Laguna Kehe Daing dalam list kunjunganmu di Pulau Kalimantan. Kamu punya pengalaman liburna di Kepulauan Derawan? Atau malah sudah pernah berkunjung ke laguna cantik satu ini? Share di kolom komentar yuk cerita serumu!

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *