Gunung Bromo menjadi obyek wisata alam yang sangat terkenal di Jawa Timur. Keindahan alamnya membuat para wisatawan seakan terhipnotis dan kagum ketika berada dekat dengan gunung ini.

Aktivitas Gunung Bromo masih aktif hingga kini, namun ngga mengurangi minat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk berkunjung ke obyek wisata ini.

Hamparan lautan pasir yang amat luas serta perbukitan hijau yang indah menjadikan sebuah pemandangan alam yang sempurna di sekitar Gunung Bromo.

Bagi mengunjungi tempat ini, dapat menggunakan jasa tour Bromo bagi memudahkan wisatawan mencapai semua titik terindah di Bromo.

Udara di sekitar bromo sangatlah dingin pada pagi dan malam hari. Semakin ke puncak maka hawa dingin semakin menusuk tulang. Selain itu untuk mencapai Gunung Bromo dan titik wisata terindah di sekitarnya maka wisatawan harus menggunakan kendaraan yang kuat dan kondisinya baik.

Wisatawan yang berkeinginan melakukan tour Bromo, ada baiknya mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik mungkin agar nantinya bisa menikmati liburan dengan nyaman dan menyenangkan.

Berikut akan dijelaskan tips ke Gunung Bromo.

1. Pilih Waktu Yang Tepat Bagi Ke Gunung Bromo

Sebelum berkunjung ke Gunung Bromo ada baiknya kalian menetapkan waktu keberangkatan dahulu, Waktu terbaik bagi berwisata ke Bromo ialah ada di bulan Mei hingga Agustus.

Di masa ini Gunung Bromo masih betul-betul hijau. Jadi kalian bisa berfoto ria dengan pemandangan alam yang amat indah. Selain itu ada di bulan ini sunrise dari puncak penanjakan akan benar-benar indah karena berlatar kan pemandangan gunung gunung yang kehijauan.

Untuk bulan di luar mei hingga agustus. Karena masuk musim kemarau. Gunung Bromo akan kering. Savannah yang ada di bulan awal kemarau masih hijau ada di bulan september hingga desember akan menguning. Meskipun sunrise ada di Puncak penanjakan masih bagus melainkan kalian tak akan maksimal. Inilah tips ke gunung bromo pertama dari kami.

2. Bila Sewa Hardtop Bookinglah Jauh Jauh Hari

Ke Gunung Bromo ngga lengkap rasanya jika ngga mengunjungi semua lokasi disini. Salah satu cara yang paling nyaman ialah dengan menyewa jeep hardtop. Harga sewanya pun juga tak terlalu mahal. Rata rata 450.000-600.000 tergantung dari berapa lokasi yang berharap kalian pilih.

Tips ke Gunung Bromo dari kami. Jikalau kalian memang ingin menyewa hardtop di Gunung Bromo, bookinglah maksimal 1 minggu sebelum. Apalagi sekiranya kalian berencana mengunjungi Bromo pada saat hari libur atau hari minggu. Karena sekiranya kalian menyewa hardtop mendadak kalian bisa beresiko tidak mendapatkan jeepnya. Dan rencana wisata kalian bisa terganggu.

Atau apabila kalian tidak ingin ribet kalian bisa mengikuti paket wisata open trip bromo atau paket wisata private yang kami sediakan. Kalian hanya tinggal duduk dan nantinya kita yang akan mengatur semua.

3. Naik Kendaraan Pribadi? Siapkan Dulu Kondisinya

Bagi kalian yang senang riding dengan sepeda motor atau touring dengan mobil pribadi. Pergi ke Gunung Bromo seperti tantangan tersendiri. Jalan yang berkelok = kelok dan tanjakan yang tajam bisa dijadikan pemacu adrenalin selain untuk melepas penat setelah bekerja.

Tapi sebelum kalian touring ada baiknya bila kalian memastikan kondisi kendaraan yang akan kalian gunakan. Cek sistem pengereman dan air radiator betul-betul penting. Karena kita ngga tahu rintangan apa yang akan kita hadapi ketika perjalanan dimulai.

Bagi yang ingin bersepeda motor menuju ke Gunung Bromo kami sarankan bagi tidak menggunakan sepeda motor matic. Karena selain kurang bertenaga. Sepeda motor hanya mengandalkan rem bagi mempelambat kecepatan. Sedangkan pada motor manual ada engine brake yang amat membantu.

Banyak kejadian sepeda motor matic yang rem nya blong karena terlalu lama mengerem tanpa jeda. Berbeda dengan motor manual kalian bisa hanya dengan memasukkan ke gigi 1 maka motor telah memperlambat kecepatannya.

4. Tips Ke Gunung Bromo : Persiapkan Fisik Sebelum Berangkat

Mungkin terdengar sepele namun ini sangat vital. Apabila kondisi badan kalian tidak fit maka waktu wisata kalian akan terbuang sia sia karena kita ga bisa menikmati semua lokasi wisata dengan nyaman.

Sebelum berangkat kami sarankan untuk menyiapkan fisik dengan berolahraga ringan. Atau sekiranya kalian memilki penyakit tertentu maka siapkanlah obat P3K yang akan kalian butuhkan semasa waktu.

Sekiranya kalian sering mabuk perjalanan jangan lupa untuk membeli antimo atau obat anti mabuk ketika akan berangkat. Kontur jalan menuju ke Gunung Bromo yang berkelok kelok akan amat mudah membuat kalian mabuk perjalanan.

5. Jangan Lupa Sepatu dan Jaket itu Penting

Tips Ke Gunung Bromo yang sering dilupakan merupakan ngga membawa jaket ketika akan berangkat ke Bromo Tengger Semeru. Meskipun disini terdapat penyewaan jaket alahkah lebih baiknya kalau kalian membawa jaket sendiri dari omah. Karena lebih bersih dan bisa pas di badan kalian.

Selain itu jangan lupa bagi memakai sepatu. Kenapa ngga sandal? karena dengan sepatu lebih nyaman untuk digunakan trekking atau hal berat. Selain itu memakai sepatu akan melindungi kaki kalian dari baha keseleo atau terkilir.

6. Bagi Muslim Persiapkan Peralatan Sholat Shubuh

Tips ke Gunung Bromo ini khusus bagi wisatawan muslim yang akan berkunjung ke Gunung Bromo. Biasanya mereka bingung bagi sholat subuh dimana. Gak usah khawatir ada di setiap titik point sunrise terdapat mushola atau tempat sholat yang bisa kalian gunakan bagi beribadah.

Apalagi ada di Bukit kingkong terdapat mushola gede apabila kalian berwisata dalam grup kalian bisa sholat di mushola ini. Jadi pakai kalian yang berharap berwisata ke gunung bromo bawalah rukuh atau perlatan ibadah kalian.

7. Bawa Kamera Buat Dokumetasi

Inilah inti dari tips wisata ke gunung bromo. Jangan lupa bagi membawa kamera yang akan kalian gunakan bagi mendokumentasikan semua kegiatan kalian selama di Bromo.

Atau sekiranya kalian punya budget lebih bawalah drone kalian. Landscape menawan bromo bisa kalian abadikan dari ketinggian. Melainkan hati hati karena angin di atas penanjakan benar-benar kencang ada resiko drone kalian akan terbawa angin ketika nanti diterbangkan.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.