Rasa kagum pasti menghampirimu ketika melihat sendiri pemandangan berupa batuan granit yang menjulang setinggi ratusan meter di kawasan Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Batu-batu granit tersebut seperti tersusun rapi yang membentuk dinding alami dan menampilkan kesan eksotik yang sulit untuk dijumpai di belahan bumi lainnya. Saat kamu datang ke tempat wisata alam satu ini, kedatanganmu langsung di sambut oleh hamparan sawah yang ditanami padi dan sungai-sungai yang mengalir dengan airnya yang mengalir. Selain itu, ada juga air terjun yang semakin menambah nuansa damai di tempat ini.

Lokasi Lembah Harau

Lembah Harau berjarak ratusan kilometer dari Kota Padang yang bisa ditempuh lewat jalur darat yang memakan waktu kurang lebih 3,5 jam. Sedangkan, kalau kamu datang dari Bukittinggi, waktu yang dibutuhkan hanya berkisar satu jam saja.

Lokasi tempat ini tidak jauh dari pasar tradisional Sari Lamak dan Kantor Bupati, sehingga cukup mudah untuk menemukan tempat mengagumkan yang satu ini. Kalau masih tidak bisa menemukannya, bertanya kepada warga lokal bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi masyarakat di sini sangat ramah, sehingga mereka dengan senang hati akan menunjukkan jalan ke Lembah Harau.

Rekomendasi Aktivitas Wisata 

Karena dikelilingi oleh tebing batu yang sangat tinggi, tempat ini menjadi salah satu favorit wisatawan untuk menguji adrenalin. Khususnya bagi para pemanjat tebing yang pasti akan menikmati aktivitas memanjat dinding terjal Harau yang tingginya berkisar 30 sampai 300 meter. Tingkat kesulitannya pun cukup untuk membuat kamu tertantang, mulai dari hanger yang dindingnya memiliki kemiringan 45 derajat hingga lebih, sampai lintasan roof atau atap.

Yang lebih mengagumkan lagi yaitu dinding-dinding ala mini bukan hanya satu, tapi terhampar hingga puluhan hectare. Cagar alam dan suaka margasatwa Lembah Harau ini totalnya memiliki luas 270,5 hektar yang bisa menjadi lokasi petualanganmu. Sejumlah tempat peristirahatan yang terkesan natural pun bisa menjadi tempat untuk kamu melepas lelah dan melihat fenomena alam tak tertandingi ini.

Pesona Lembah Harau

Jika dilihat dari informasi pemerintah setempat, Lembah Harau memiliki tiga air terjun besar yang kemudian ditampung ke dalam satu kolam alami. Kolam ini sangat luas hingga bisa menampung puluhan orang untuk berendam di dalamnya. Kalau kamu tertarik mengunjungi tempat wisata di Sumatera yang satu ini, cuup sediakan uang masuk sebanyak 10.000 rupiah saja. Murah kan?

Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhi pemandangan berupa bukit barisan yang saling berjajar dan menguntit membentuk garis melingkar yang seolah tidak terputus. Suasana ini semakin membuatmu merasa teduh, apalagi ditambah dengan kesibukan para petani di kawasan ini yang menambah kesan pedesaan semakin kuat.

Bahkan, kamu juga bisa melihat sebuah prasasti peninggalan Belanda yang berada di Lembah Harau, lebih tepatnya di kaki air terjun yang disebut Sarasah Bonta. Prasasti tersebut menunjukkan bahwa Lembah Harau pernah dikunjungi oleh penjajah Belanda pada tahun 1926. Prasasti tersebut ditandatangani oleh Asisten Residen Belanda untuk Limapuluh Kota bernama F Rinner serta dua orang wakil dari Indonesia yaitu Datuk Kuning Nan Hitam dan yang satunya Datuk Kodoh Nan Hitam.

Bukan hanya pemandangan alamnya saja yang bisa dinikmati mata, sejumlah spesies tumbuhan dan binatang endemik Sumatera pasti menggugah rasa ingin tahumu, seperti monyet ekor panjang. Bahkan, menurut masyarakat lokal di tempat ini, jika beruntung kamu bisa berjumpa dengan harimau Sumatera, landak, beruang, kambing hutan, hingga tapir. Aneka jenis burung juga melengkapi koleksi satwa di cagar alam ini. Jika kamu bertemu dengan hewan-hewan liar tersebut, apalagi yang buas jangan sampai memberanikan diri untuk mendekat ya. Walaupun tampak menggemaskan, bukan berarti mereka bisa kamu sentuh.

Layaknya cerita-cerita di negeri dongeng, keindahan Lembah Harau seakan nampak tidak nyata karena  saking indahnya. Kamu punya pengalaman liburan ke Lembah Harau? Atau ada informasi unik dan menarik yang bisa kamu bagikan seputar liburan dan tempat wisata di Sumatera? Bagi list destinasi dan ceritakan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini dulu yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *