Wisata Alam Wana Wisata Penggaron Ungaran Kab Semarang.

Berada sekitar 2 KM dari Kota Ungaran atau sekitar 18 KM dari Kota Semarang, Kawasan Wana Wisata Penggaron secara administratif berada di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten semarang. Area ini merupakan salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jateng.

Wana Wisata Penggaron atau Wisata Alam Wana Wisata Penggaron merupakan sebuah tempat wisata hutan yang bisa anda gunakan untuk berlibur bersama keluarga anda, salah satunya untuk camping. Tempat ini banyak di jadikan sebagai tempat untuk camping atau berlibur oleh masyarakat Semarang.

Wana Wisata Penggaron sebuah hutan yang eksotis, sayangnya surga di kota semarang ini jarang tersentuh mata. Bagi pengunjung yang bertanya kepada penjaga loket, dengan jawaban yang sederhana dan apa adanya “hutan biasa yang sering dipake kemah, tidak ada yang istimewa”, tentunya akan merasa kecewa.

Apabila melintasi Jalan Tol Bawen-Ungaran, di Jembatan Penggaron layangkanlah pandangan ke sekitarnya, maka akan terlihatlah suatu pemandangan hutan yang indah, pepohonan pinus tampak lebat berdiri tepat di sekeliling jembatan. Di pagi hari Nampak selimut kabut tipis bergelayutan. Sungguh Cantik nian!

Ketika mulai menerobos dan merambah hutan, akan disambut hutan lebat dengan dedaunan yang rimbun, batang pohon yang menjulamng tinggi dengan susunan yang unik malang melintang tak beraturan, ketidak beraturan yang misteri, angin semilir mengelus-elus lembut, lingkaran hidup yang alami, kuasa Illahi yang tak tertandingi. Bunga-bunga cantik dengan species yang jarang dijumpai, siulan burung-burung yang bersahutan irama alami menyentuh kalbu. Bukalah mata hati, maka akan terhampar surga dunia yang dasyat di kota semarang.
Konsep yang diterapkan sebenarnya sangat menarik, hutan luas dengan pepohonan eksotis, jalanan halus dan tertata, ada bumi perkemahan, dan beberapa hewan yang bisa dilihat seperti merak dan monyet, warung disekitar wisata, tempat bermain untuk anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, tapi sayangnya tidak terawat dan sepi pengunjung, hanya ada beberapa sepeda motor, itupun hanya pasangan muda-mudi yang yang sedang menebar pesona mengumbar janji. Surga dunia di kota semarang yang dasyat ini hanya digunakan untuk pacaran.

Awalnya Wana Wisata penggaron ini berada di sebelah selatan tapi karena pernah terjadi longsor maka tahun 1997 dipindahkan disebelah utara, selain itu factor keterjangkauan mobil untuk memasuki hutan menjadi pertimbangan.
Beragam jenis aktivitas bisa dilakukan di kawasan ini, seperti jungle tracking, outbound training, olah raga, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi hingga penelitian. Dengan lokasi yang sebenarnya tidak terlalu jauh, seharusnya kawasan ini bisa lebih dikembangkan lagi menjadi salah satu potensi wisata, melepas kepenatan dari kesibukan kota yang padat. Karena lokasi pintu masuknya hanya sekitar 1 KM saja dari jalan raya Semarang Solo.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *