hai sobat cakrawalaa!

eh sobat, kalian tau kan bahwa akhir-akhir ini bumi rasanya panaaaasss banget. terutama karena efek pemanasan global yang membuat iklim dibumi semakin panas dan gersang. ditambah lagii banyak kendaraan yang beroperasi wadidawww polusi tuh dimana-mana, sehingga membuat kurangnya udara bersih. nih mimin kasih tau ya ada suatu tempat yang disana itu masih asri suasananya nih, udaranya juga bersih, sejuk, pokoknya dijamin mantul. apalagii ada air terjunnya guyss mantep dah tu, tempatnya yaitu di Curug pangeran, dimana itu?

Curug pangeran  berada dalam Kawasan Wisata Gunung Bunder di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Nama ‘Pangeran’ yang disematkan pada air terjun ini sekaligus menjadi keunikan tersendiri. Dengan keindahan dan suasananya, wisatawan dapat merasakan sensasi mandi layaknya anak raja.
Air terjun dengan ketinggian sekitar 6 meter ini berada di bagian hulu mata air Gunung Salak. Airnya sangat jernih dengan pantulan cahaya hijau kebiruan. Akses menuju lokasi air terjun yang bersahabat dengan jarak dekat juga menjadi nilai tambah.

curug pangeran
Harga Tiket Masuk Curug Pangeran
Ada beberapa jenis tiket yang perlu dibayar untuk bisa sampai ke kawasan Air terjun. Pertama tiket pintu masuk kawasan Taman Nasional Halimun Salak dan tiket air terjun.

Tiket Taman Nasional Rp7.500
Tiket Curug Rp10.000

Jam Buka Curug Pangeran
Pengunjung bisa datang ke air terjun hari apapun, baik hari biasa maupun akhir pekan. Buka dari pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu 08.00 – 18.00
Ragam Aktivitas Wisata
Air terjun ini disebut curug ‘Pangeran’ karena dipercaya di sinilah tempat pemandian para pangeran kerajaan jaman dahulu. Dengan pemandangan indah dan relatif sepi, membuat wisatawan merasakan nikmatnya mandi ala anak raja.

  1. Trekking
    Menuju Curug Pangeran Bogor, wisatawan akan melakukan treking ringan dengan jarak yang tidak terlalu jauh
    jarak Curug Pangeran dari tempat parkir sekitar 150 meter dengan jalur cukup bersahabat. Kontur jalannya relatif mudah untuk dilalui. Wisatawan cukup menuruni jalur anak tangga lalu menyeberangi jembatan tembok.Di sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Hawa sejuk khas pegunungan juga akan menemani perjalanan. Dengan hanya melakukan treking sekitar 10 menit deburan air terjun sudah dapat terdengar. Dari kejauhan, air terjun ini terlihat seperti air kolam renang. Airnya sangat jernih dengan pantulan cahaya kebiruan.
  2. Menikmati Pesona Keindahan Curug
    Sesampainya di Curug Pangeran, warna hijau toska di muaranya menjadi daya tarik utama. Warna kebiruan tersebut berasal dari pantulan cahaya pada kolam di bawah air terjun. Arusnya tidak terlalu deras didukung pepohonan rindang memberikan suasana sejuk dan nyaman untuk relaksasi. Wisatawan dapat menyusuri aliran sungai menikmati pesona pemandangan bebatuan besar. Jernihnya air membuat dasar sungai yang tediri dari aneka batu alam terlihat jelas. Di sekitar air terjun juga terdapat tumbuhan pakis yang membingkai keindahan air terjun ini.
  3. Berenang di Air Terjun
    Menikmati kesegaran air Curug dengan berenang di kolam di bawah aliran air terjun.
    Menyentuh permukaan air dan menikmati kesegarannya dilakukan setiap wisatawan yang mengunjungi Curug Pangeran. Kejernihan airnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk bermain air dan berenang. Wisatawan yang tidak bisa berenang dihimbau untuk tidak melewati tali pembatas.Di bawah air terjun terbentuk kolam alami dengan kedalaman sekitar 4-5 meter. Arusnya tidak deras sehingga anak-anak pun bisa berenang di aliran sungainya. Namun wisatawan dilarang untuk mendekati pusat alirannya demi keamanan dan keselamatan.Suasana di air terjun ini relatif sepi layaknya bermain di kolam pribadi. Hal ini menjadi keunikan tersendiri karena suasananya layaknya air terjun pribadi sebuah kerajaan. Wisatawan akan dapat merasakan segarnya mandi ala anak raja.
  4. Melompat dari Tebing
    Curug Pangeran tak luput menjadi arena adu nyali dan unjuk keberanian wisatawan. Tebingnya yang tidak terlalu tinggi menjadi wahana untuk melompat ke permukaan air. Air terjun ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas tersebut karena air terjunnya tidak terlalu tinggi.Tidak sedikit wisatawan melancarkan aksi meloncat dari tebing atas aliran air terjun. Sensasi kesegaran akan terasa saat jatuh di permukaan kolam. Kegiatan ini tidak disarankan bagi wisatawan yang tidak bisa berenang.
  5. Berfoto
    Selain berenang, di sini juga cocok untuk dijadikan tempat selfie dan berfoto ria. Bebatuannya terlihat unik, ditambah dengan pemandangan air terjunnya yang cantik. Kehijauan area sekitarnya pun menjadi latar yang indah dan sangat alami.
  6. menginapdi Camping Ground Curug Pangeran
    Curug Pangeran merupakan air terjun yang letaknya paling dekat dengan penginapan-penginapan sekitar Gunung Bunder. Wisatawan dapat bermalam di penginapan yang lokasinya berdekatan dengan lokasi Air Terjun. Wisatawan dapat menyewa fasilitas ini untuk menikmati air terjun dan panoramanya lebih lama
  7. berkemah di Sekitar Curug Pangeran

berkemah di curug pangeran

.Bagi wisatawan yang menyukai berjiwa petualang dapat berkemah di sekitar Curug Pangeran. Tidak jauh dari air terjun tersedia camping ground. Jaraknya sekitar lima menit dengan jalan kaki. Di sini, wisatawan dapat mendirikan tenda dan menikmati hangatnya api unggun di malam dingin. Wisatawan juga dapat melakukan kegiatan luar ruang di sekitar area berkemah.

 

Fasilitas
kawasan wisata alam Curug Pangeran telah didukung oleh fasilitas yang memadai. seperti lahan parkir yang luas, mushola, toilet, dan kamar bilas.

Beberapa warung menyediakan berbagai hidangan ringan dan menu utama serta aneka macam minuman hangat. Tersedia juga beberapa saung yang dapat digunakan untuk bersantai bagi wisatawan.

Lokasi Curug Pangeran
Wisata air terjun ini terletak di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810. Dari Kota Bogor objek wisata ini berjarak kurang lebih 30 Km atau 1,5 Jam berkendara.

 

Jika ingin mengetahui info wisata lebih lengkapnya bisa cek website https://cakrawalatour.com

selamat berlibur!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.