Salah satu keindahan wisata alam Indonesia memang beragam. Mulai dari pesona matahari terbit, area perbukitan, area perkebunan, danau-danau atau mungkin dengan padang sabana dan bisa juga dengan candi. Tetapi, diantara keindahan yang dimiliki oleh Indonesia ada satu wisata yang mungkin cukup menarik untuk dikunjungi yaitu Air Terjun.

Jumog-Waterfall-1

Jumog-Waterfall-1

Indonesia dari ujung ke ujung memiliki banyak sekali air terjun dengan ciri khas yang beragam pula. Nah, di kawasan Karanganyar tepatnya berada di kaki gunung lawu, terdapat sebuah Air terjun yang namanya semakin menanjak naik tidak hanya untuk Sobat Native yang berada di Nusantara saja tapi juga ke mancanegara.

Air Terjun Jumog

Air terjun jumog merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di lereng gunung lawu Karanganyar. Tidak jauh dari lokasi wisata ini, juga terdapat tempat wisata yang cukup populer yaitu grojokan Sewu. Berada di lereng pegunungan, suasana di sekitar air terjun jumog sangat sejuk.

Layaknya seperti air surga, aliran air terjun sangat jernih dan segar. Tidak sedikit wisatawan yang meminum langsung air dari alam ini. Aliran sungai yang masih dalam lokasi curug jumog juga menjadi salah satu tempat populer pengunjung untuk bermain.

Selain berenang di arus sungai dan kolam air terjun, pengunjung juga dapat berenang di kolam buatan pengelola. Oh iya, beda dengan air terjun grojokan sewu yang dikelola oleh pemerintah, air terjun jumog sendiri sampai saat ini dikelola oleh warga sekitar, sehingga penambahan fasilitas yang ada semua adalah inisiatif warga.

Selain kolam renang, terdapat juga warung warung yang menyediakan jajan. Jadi tidak perlu repot repot membawa bekal saat rekreasi ke air terjun jumog, cukup membawa bekal lebih saja. Lagipula, harga jajanan yang ditawarkan masih dalam batas wajar.

Menariknya Air Terjun Jumog

air terjun jumog

air terjun jumog

Air terjun jumog memiliki keindahan dari air terjunnya. Bila dilihat dari jauh, air terjun ini seperti mempunyai 2 buah aliran air. Karena, pandangan inilah yang membuat tempat ini dijuluki dengan Air terjun pengantin. Pemandangan ini menjadi sebuah pandangan yang tidak oleh disia-siakan.

Sebenarnya, air ini bukan terbelah menjadi dua atau mempunyai dua air terjun melainkan, air yang jatuh dari atas tebing. Tempat ini seperti terbelah sehingga, terkesan bahwa tempat ini terkesan menjadi dua.

Kawasan ini dibuka sejak tahun 2014. Keindahan kawasan ini konon katanya bisa dilihat saat kalian mengunjungi tempat ini pukul 10 pagi. Ada pelangi tehampar di depan mata. Sungguh indah nian air terjun yang mempunyai tinggi sekitar 30 meter ini.

Kalian akan menuruni tangga kurang lebih 116 tangga. Jumlah yang cukup banyak dan cukup berat. Tetapi, tidak seberat di Air Terjun Grojogan sewu yang konon katanya tangga di tempat ini bisa mencapai 1000-an lebih. Sudah terbayangkan bagaimana perjuangan yang harus dilakukan untuk menikmati sebuah keindahan.

Selain itu, kalian juga akan ditawarkan beberapa warung yang sudah berdiri. Warung-warung ini memliki menu-menu khas daerah Tawangmangu yang pasti rasanya menggugah selera dan bikin nagih. Apalagi, Sate kelinci dan Sate landak yang menjadi kuliner khas dari wilayah ini.

Kedua daging ini sangat empuk, berpadu dengan bumbu-bumbu khas yang sudah ada sejak turun-temurun. Membuat, Sobat Native betah untuk berlama-lama sembari mendengarkan indahnya musik alam berupa air terjun dan kicauan burung-burung yang merdu, menambah daya pikat tersendiri.

Soal harga, Sate kelinci dan Sate Landak tidak terlalu mahal. Hanya dengan harga 25 ribuan saja, kalian sudah bisa menikmati kuliner ini. Ditambah dengan segelas teh yang diambil dari perkebunan teh Kemuning yang dikenal memiliki cita rasa yang mumpuni. Dijamin, ketagihan lagi deh.

Lokasi Air Terjun Jumog Karanganyar

Masih terletak di lereng gunung lawu, air terjun jumog beramat di Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Jika anda membutuhkan peta, silahkan bisa klik view maps pada tabel rangkuman diatas.

Akses jalannya tidak terlalu sulit, namun anda tidak bisa membawa kendaraan menuju lokasi air terjun jumog. Untuk kendaraan roda 2, anda perlu berjalan 300 meter untuk sampai ke curug, dan untuk bus, anda harus parkir sejauh 800 meter sebelum curug jumog. Diperjalanan, menuju curug, anda bisa menemukan banyak penjual, mulai dari buah buahan, hingga penjual bibit tanaman.

Tiket Masuk Air Terjun Jumog Karanganyar
Tidak perlu kawatir kantong bakalan bolong, tiket masuk tempat wisata curug jumog hanya Rp. 5.000 saja, untuk biaya parkir kendaraan roda 2 hanya Rp. 2.000 dan untuk mobil Rp. 5.000 saja. Karena sekitaran lokasi juga ada fasilitas toilet, wahana permainan dan lainnya, tentu akan dikenakan biaya tambahan.

Galery Foto Air Terjun Jumog Karanganyar
Berikut ini beberapa foto yang diambil dari wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Jumog.

Air-Terjun-Jumog-bangjad_

Air-Terjun-Jumog-bangjad

Air-Terjun-Jumog-happy_pic19

Air-Terjun-Jumog-happy_pic19

Air-Terjun-Jumog-sbncrnns

Air-Terjun-Jumog-sbncrnns

Air terjun jumog tidak setinggi di air terjun grojokan sewu, namun arus air cukup deras, jadi jika berenang di bawah air terjun harus tetap hati hati. Demikian informasi ini dibagikan, semoga bermanfaat.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *