Ingin mencari detsinasi wisata berupa sebuah pulau yang unik nan eksotis? Pulau Gusung Sanggalau bisa menjadi pilihan yang tepat. Penasaran dengan pulau cakti satu ini? Simak info menariknya di bawah ini.

Kalau berbicara soal sekumulan pantai berpasir putih nan indah, Pulau Derawan adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Pulau ini berada di sebelah timur Kalimantan dan merupan sebuah surge bagi para menikmat suasana pantai. Di pulau itulah terdapat sebuah pulau menarik yang bisa didatangi. Pulau Gusung Sanggalau namanya, walauapun tidak berpenduduk namun panorama yang tersembunyi di dalamnya yangatlah patut untuk diselami.

Keunikan yang bisa kamu saksikan di pantai ini adalah ketika air laut sedang surut. Karena itulah ada baiknya untuk bertanya kepada warga sekitar terlebih dahulu tentang waktu yang tepat untuk berkunjung. Karena di waktu yang tepat itulah kamu akan disajikan panorama alam yang memukau. Untuk menuju lokasinya dibutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dari Derawan.

Apa Itu Pulau Gusung Sanggalau?

Kalau kamu belum tahu ap aitu sebenarnya Pulau Gusung Sanggalau, inilah waktunya untuk kamu mengetahuinya. Sebenarnya pulau ini adalah tumpukan pasir putih bersih yang memanjang dan cukup luas, sehingga nampak seperti sebuah gurun pasir.

Tumpukan pasir putih inilah yang membuat suasana di tempat ini terasa menenangkan dan membuatmu merasa lebih tentram dan membantu menghilangkan penat di dalam diri. Kepenatan diri karena rutinitas harian pasti akan hilang dengan indahnya warna laut di sini.

Dan uniknya, suhu air di kawasan ini termasuk hangat loh! Tentu sengatan matahari terik juga akan menemanimu selama berada di tempat ini. Jangan sangat dianjurkan untuk memakai baju lengan panjang atau sun screen agar kulit tidak terbakar.

Aktivitas Wisata Di Pulau Gusung Sanggalau

Begitu tiba di tempat ini, kamu pasti langsung disajikan dengan panorama lautnya yang indah. Bersantai sambil duduk di kawasan ini menjadi salah satu hal yang sering dipilih oleh kebanyakan wisatawan yang datang. Selain itu, berenang juga dapat menjadi salah satu aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Dengan kondisi langitnya yang nampak biru dan bersih tempat ini dapat menjadi spot foto yang ciamik.

Menjadikannya sebagai salah satu konten di dalam feed instagrammu dapat menjadi pilihan yang oke. Karena kondisi alam di sini sangat instagramable loh. Jadi selain mendapat panorama alam yang cantik, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas santai tapi juga seru.

Sarana Transportasi

Untuk bisa sampai di pulau cantik ini, kamu bisa memulainya dengan memesan tiket pesawat tujuan Kota Balikpapan. Dari Balikpapan perjalanan bisa dilanjutkan dengan mengendarai bus atau kendaraan umum lainnya. Atau kalau tidak ingin ribet, ada juga kok tempat penyewaan mobil maupun motor. Lalu tinggal arahan GPS menuju ke Pulau Derawan.

Ketika sudah sampai di Pulau Derawan, tugas selanjutnya adalah mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pulau Gusung Sanggalau. Oh ya, ada baiknya kalau kamu menggunakan jasa pemandu lokal agar lebih muda mengetahui kapan waktunya untuk datang ke pulau cantik ini.

Habitat Bintang Laut

Inilah salah satu hal menarik yang bisa kamu lakukan sebelum sampai di Pulau Gusung Sanggalau. Yaitu berkunjung ke habitat bintang laut yang ada di PUlau Derawan. Kamu juga bisa berinteraksi dengan bintang-bintang laut yang berada di sana. Selain bisa menyentuhnya secara langsung, kamu juga akan dibekali informasi menarik tentnag bintang laut.

Di tempat ini juga kamu akan bertemu dengan beberapa jenis bintang laut yang mungkin sulit dijumpai di tempat lainnya. Karena memang ada beberapa jenis bintang laut yang merupakan endemik tempat ini. Karena itulah wajib banget untuk menjaga kebersihan di tempat ini ya.

Jadi bagaimana dengan informasi Pulau Gusung Sanggalau di atas? Tentu sangat menarik dan ingin segera kamu kunjungi bukan? Kamu punya informasi wisata di sekitar Pulau Derawan lainnya? Atau punya pengalaman berkunjung ke sana? Share dulu di kolom komentar yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *