Kalimantan Timur yang kini santer dibicarakan sebagai ibu kota baru Indonesia ini menyimpan sejuta pesona yang membuatnya selalu layak untuk dikunjungi. Jauh-jauh datang ke Kaltim tidak lengkap tanpa menyelami wisata budayanya yang unik. Sebelum membahas wisata alam Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo, tidak ada salahnya untuk berkenalan sebentar dengan budaya Kalimantan Timur.

Salah satu yang bisa sobat cakrawala kunjungi adalah Desa Budaya Pampang yang jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota. Di desa ini kamu bisa melihat atraksi budaya suku Dayak Kenyah yang ditampilkan setiap hari minggu. Di desa budaya ini terdapat dua suku Dayak yaitu Dayak Kenyah dan Apokayan, awalnya kedua suku tersebut menghuni hutan Kutai Barat dan Malinau yang kemudian melakukan pergerakan atau berpindah tempat karena tidak mau bergabung dengan Malaysia. Tingginya rasa nasionalisme yang dimiliki oleh suku Dayak, membuat mereka tidak segan untuk menempuh perjalanan jauh demi tetap bergabung dengan NKRI.

Perjalanan teresebut berakhir di Desa Pampang dan hingga saat ini desa tersebut terus berkembang. Bahkan pada tahun 1991 Desa Pampang diresmikan menjadi desa budaya di Kalimantan Timur. Berbagai kerajinan khas Suku Dayak, makanan khas, hingga kerajinan menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh tempat ini. Bukan saja dikunjungi oleh wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga banyak loh yang tertarik dan berkunjung ke desa wisata ini.

Kecantikan Telaga Yang Sulit Ditandingi

Nah, setelah sedikit berkenalan dengan keunikan salah satu desa di Kaliman Timur, sekarang saatnya untuk menyimak salah satu pesona alamnya yang sulit untuk ditandingi. Yaitu, Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo Namanya. Tempat wisata di Kalimantan Timur ini memiliki keunikan berupa airnya yang sangat jernih, bahkan banyak yang mengatakan birunya air di danau ini sebiru langit. Dasar telaga biru ini dipenuhi dengan batuan alam dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami.

Tentu saja keindahan alam di tempat ini mengundang banyak wisatawan untuk berbondong-bondong mengunjunginya. Untuk sampai ke lokasinya pun sangat mudah, karena banyak penanda jalan yang terpasang untuk menunjukkan lokasi wisata tersebut. Kalaupun merasa ragu, kita bisa bertanya langsung kepada masyarakat lokal yang pasti dengan senang hati menunjukkan jalan kepada kita. Jadi, jangan merasa takut tersesat ya.

Begitu sampai di tempat ini, kamu bisa langsung merasakan segarnya air di Telaga Biru, memandang jernihnya air danau yang cantik, merasakan bebatuan yang menyembul dari dasar danau, dan menikmati segarnya udara yang berhembus di antara rindangnya pepohonan di hutan sekitar telaga. Bahkan saking jernihnya, wisatawan bisa melihat langsung dasar danau meskipun kedalamannya 3 sampai 13 meter.

Tidak susah untuk mencari momen atau spot berfoto yang bagus di tempat ini, karena hampir semua sudutnya menyajikan pemandangan unik nan eksotis. Wajar saja kalau objek wisata alam satu ini menjadi incaran para wisatawan, selain pemandangannya yang ciamik, lokasinya pun sangat mudah untuk diakses.

Lokasi Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

Pesona yang dimiliki oleh Bumi Batiwakal Berau ini memang tidak akan pernah ada habisnya untuk dinikmati kecantikannya. Telaga yang juga dikenal sebagai Danau Labuan Cermin versi tawar ini berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih. Wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 5 jam melalui jalur darat dari Tanjung Redeb. Wisatawan yang datang hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk menyaksikan jernihnya air di Telaga Biru Ni’Lenggo ini. Jika tertarik, tempat ini mulai dibuka pada pukul 08.00 WITA sampai 17.00 WITA.

Fasilitas Di Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

Tempat yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat melalui BUMK (Badan Usaha Milik Kampung ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Karena itulah, beberapa fasilitas pun disediakan seeprti, perahu dayung, wahana flying fox, hingga perlengkapan snorkeling.

Waaah, cantik sekali kan tempat wisata alam yang satu ini? Yakin masih mau mager di rumah saja? Sayang kan kalau liburan hanya dihabiskan untuk nonton tv di rumah, karena ada banyak tempat wisata eksotis yang menunggu untuk didatangi. Sobat cakrawala punya rekomendasi tempat wisata lain di Kalimantan Timur? Share di kolom komentar yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *