Purwokerto adalah ibukota dari Banyumas yang populer dengan destinasi wisata Baturadennya. Ada Small World, Pancuran Pitu dan Telu, hingga kebun raya. Salah satu destinasi wisata di Purwokerto yang tidak kalah kerennya adalah Telaga Sunyi Baturaden. Kira-kira seunik dan hal apa saja sih yang membuat tempat ini wajib untuk dikunjungi? Berikut ini artikelnya.

Bukan hanya tempatnya saja yang eksotik, konon terdapat mitos di tempat ini yang masih dipercaya hingga sekarang. Katanya, siapapun yang berkata kotor akan didorong ke dasar sungai oleh makhluk halus yang tinggal di tempat ini. Bukan itu saja, katanya kalau ada pasangan yang cekcok di sini maka pasangan tersebut akan berpisah. Namun, terlepas dari mitos tersebut, sudah sepantasnya sebagai wisatawan kita haru menjaga sopan santun dan tidak berkata kasar ya sobat cakrawala.

Telaga Sunyi Baturaden ini dikelilingi oleh bebatuan di sekitarnya, ada pula tebing yang di tengahnya di aliri oleh air yang jernih. Aliran air di tebing tersebut ternyata mengalir dari sumber mata air di Gunung Slamet loh. Di sekitar telaga ditumbuhi oleh pepohonan hijau seperti pinus dan damar. Sementara air di kolamnya terlihat sangat bening dan menyegarkan, bahkan saking jernihnya kamu bisa melihat dasar telaga.

Telaga Sunyi Baturaden ini memiliki air yang nampak berwarna biru tosca dengan kedalamannya yang mencapai 3 meter. Kamu bisa menjadikan tempat ini untuk berenang dan snorkeling sampai ke dasar telaga. Namun jika cuaca sedang tidak mendukung, jangan memaksakan diri untuk berenang ke dalam telaga ya. Karena tempat ini memiliki peraturan untuk tidak berenang ketika cuaca sedang tidak mendukung. Bagaimana pun hal tersebut untuk melindungi wisatawan ya.

Lokasi Telaga Sunyi Baturaden

Penasaran dimana lokasi telaga cantik ini? Kamu bisa langsung menuju ke Limpakuwus, Sumbang, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Telaga ini juga masih termasuk ke dalam kawasan pinggang Gunung Slamet dan berada di kawasan hutan wisata Baturaden Banyumas.

Lokasinya hanya berjarak 2,5 km saja dari Lokawisata atau dari depan sebelum pintu gerbang Wanawisata Baturaden, lebih tepatnya ke arah Timur Laut. Destinasi wisata ala mini juga tidak seberapa jauh dari Kota Purwokerto karena bisa ditempuh selama 25 hingga 30 menit berkendara dari pusat kota.

Rute Menuju Telaga Sunyi Baturaden

Rute menuju Telaga Sunyi Baturaden ini sangat mudah dijangkau, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor maupun menggunakan bus jika datang bersama rombongan. Kamu bisa menuju ke telaga ini dari Lokawisata Baturaden atau terminal menuju ke arah timur dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 15 menit. Telaga Sunyi ini letaknya sekitar setengah kilometer saja dari Baturaden Adventure Forest.

Nantinya kamu akan melewati padang rumput milik Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Sapi Perah yang memiliki lebar 425 meter. Setelah melalui padang rumput tersebut, kamu akan melewati jalan berkelok hingga melintasi sebuah hotel bernama Hotel Queen Garden yang berdiri di sebelah kanan jalan. Adventure Forest pun juga dapat terlihat di sebelah kiri hingga sampai di kawasan Telaga Sunyi.

Berapa Harga Tiketnya?

Untuk bisa memasuki atau berenang di jernihnya Telaga Sunyi Baturaden, kamu harus mengeluarkan uang tiket sebesar 10 ribu rupiah dan 2 ribu rupiah untuk biaya parkir kendaraan. Ingat ya, harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, jadi lebih baik kalau kamu membawa uang lebih.

Telaga Sunyi Baturaden di Purworkerto ini merupakan lokasi yang tepat kalau kamu mencari tempat sunyi untuk bersembunyi sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Pemandangan alam pegunungan, pepohonan yang asri, air telaga yang jernih menjadi perpaduan alam yang membuat siapapun pasti betah berlama-lama.

Itulah salah satu destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi saat berada di Jawa Tengah. Selain Telaga Sunyi Baturaden tentu masih banyak destinasi wisata di Jawa Tengah lain yang tidak kalah menariknya untuk didatangi. Kamu punya cerita perjalanan di Jawa Tengah yang seru untuk diceritakan? Atau punya referensi wisata di Jawa Tengah Lainnya? Share di sini yuk.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *