Disebut Raja Ampat karena terdapat empat pulau terbesar di gugusan kepulauan ini, yaitu Pulau Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Menurut legenda, nama empat pulau tersebut berasal dari empat butir telur dari seorang perempuan yang suatu hari menemukan tujuh butir telur. Empat telur meneta menjadi empat pangeran yang akhirnya menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. (Foto atas : misoolecoresot.com, Foto bawah : rajaampatkab.go.id)

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat adalah objek wisata yang menjadi idaman banyak orang, baik dari mancanegara maupun domestik. Gugusan pulau kecilnya yang lancip menjulang, menjadikan objek wisata di wilayah paling Timur Indonesia ini menjadi pesaing berat Ha Long Bay di Vietnam. Bagi penggemar wisata laut, Raja Ampat adalah surga yang menawarkan keindahan, ketenangan dan kekayaan biota laut. Kepopuleran Kepulauan Raja Ampat sudah diakui dunia. Beberapa laman wisata dari luar negeri seperti CNN, tripadvisor, Travel and Leisure dan sebagainya, sering menyebut keindahan objek wisata ini dan merekomendasikan kepada para wisatawan.

Mengenal Wisata Raja Ampat, Surga Biota Laut Indonesia


Disebut Raja Ampat karena terdapat empat pulau terbesar di gugusan kepulauan ini, yaitu Pulau Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Menurut legenda, nama empat pulau tersebut berasal dari empat butir telur dari seorang perempuan yang suatu hari menemukan tujuh butir telur. Empat telur meneta menjadi empat pangeran yang akhirnya menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Sedangkan tiga butir lainnya menjadi hantu, perempuan dan batu.

Dalam perjalanan sejarah Indonesia, wilayah Kepulauan Raja Ampat dihuni oleh bangsawan Maluku. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Wilayah kepulauan itupun menjadi daerah kekuasaan Kesultanan Tidore Maluku, hingga akhirnya penjajah Belanda menaklukkan kesultanan ini dan ketika Indonesia merdeka, Kepulauan Raja Ampat masuk dalam wilayah Provinsi Papua.

Kekayaan biota laut kepulauan ini diakui dunia sebagai yang paling beragam dalam hal jenis ikan, terumbu karang dan moluska. Dr John Veron, ahli karang berpengalaman dari Australia, dalam sebuah website mengungkapkan, Kepulauan Raja Ampat , sekitar 50 mil mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Sekitar 450 jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitiannya di daerah itu.

Mengenal Wisata Raja Ampat, Surga Biota Laut Indonesia

Tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2001 dan 2002 mencatat di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Spesies hewan laut yang menjadi cita-cita banyak penyelam untuk dapat menjumpainya adalah kuda laut kata, wobbegong dan ikan pari Manta yang jinak yang biasa menemani penyelam menikmati keindahan laut.

Bulan Oktober atau November disebut-sebut sebagai saat yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Raja Ampat karena perairannya tenang. Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, penyelam bisa dikelilingi oleh ribuan ikan kadang berupa kumpulan ikan tuna, giant trevallies, barakuda dan snappers. Di kawasan objek wisata ini, sekarang sudah berdiri beberapa resor ekowisata yang akan memandu wisatawan menikmati keindahan Kepulauan Raja Ampat. [berbagai sumber]

Mengenal Wisata Raja Ampat, Surga Biota Laut Indonesia
Mengenal Wisata Raja Ampat, Surga Biota Laut Indonesia

Pembaca Juga Mencari Info:


Adeline Fiananda · November 14, 2015 at 2:03 am

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata Indonesia dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermamfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru pada Indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id

Adeline Fiananda · May 19, 2016 at 2:54 pm

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata Indonesia dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermanfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru pada Indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di http://www.pariwisata.gunadarma.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *