Dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia memang tidak pernah berhenti untuk saling unjuk gigi soal kecantikan alamnya. Pada artikel satu ini kita akan mulai menjelajahi Sukabumi, di mana tempat ini menyimpan segudang pesona yang menyenangkan. Situ Gunung namanya, penasaran pesona macam apa yang dimilikinya hingga layak untuk dijadikan buah bibir? Langsung saja kita mulai menjelajah sekarang juga.

Sekilas Tentang Situ Gunung

Kepadataan kota seringkali membuat orang ingin pergi dan bersantai sejenak sambil menikmati indah serta teduhnya alam Indonesia. Situ Gunung yang berada di ketinggian 850 meter di atas permukaan laut membuatnya menjadi destinasi yang wajib untuk dikunjungi. Apalagi, pepohnan di sekitarnya yang menjulang tinggi, semakin menambah rasa nyaman dan damai.

Selain pemandangan hijau, sobat cakrawala juga akan disuguhi pemandangan danau yang menjaid perpaduan alam yang sempurna. Airnya yang jernih membuat siapapun pasti ingin segera menyentuhnya. Tidak jarang kamu akan mendengar suara burung yang bernyanyi saling bersahutan dan menari ke sana-kemari. Inilah gambaran nyata dari alam Indonesia dengan segala keragaman di dalamnya.

Untuk bisa dekat dan menikmati danau ini, kamu bisa menyewa perahu atau sampan untuk berkeliling danau. Jangan lupakan, di dekat danau juga ada Air Terjun Sawer yang patut untuk dikunjungi. Air terjun ini terkenal dengan aroma mistisnya yang membuatnya terasa berbeda saat menginjakkan kaki. Bukan ketakutan, melainkan rasa takjub karena debit airnya yang tinggi dan deras yang menambah eloknya alam di sekitar tempat ini.

Pesona Jembatan Gantung

Diantara semua alasa mengapa harus berkunjung ke Situ Gunung, inilah salah satunya, yaitu jembatan gantung yang melintang di atas rimbunnya pepohonan. Siapapun yang menyaksikannya pasti akan dibuatnya terpesona. Bukan itu saja, adrenalinmu juga akan terpacu begitu melihat ke bawah jembatan yang merupakan jurang menganga.

Memiliki panjang 250 meter dan lebar 2 meter serta tergantung di ketinggian 150 meter, membuatnya tampak begitu aduhai di mata para traveler yang gencar mengunjungi tempat-tempat menantang.

Alamat Dan Harga Tiket Masuk Situ Gunung

Tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata alam di Jawa Barat yang satu ini? Kamu bisa langsung datang ke lokasinya yang berada di Taman Nasional Gede Pangrango. Lebih tepatnya di Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Karena berada di kawasan taman nasional, cukup mudah bagi kamu untuk menemukannya.

Walaupun menyajikan panorama yang tidak ada duanya, harga tiket masuk ke kawasan ini terbilang sangat murah. Tidak sampai 15.000 rupiah kamu sudah bisa langsung menyaksikan kecantikan alam di tempat ini. Kalau kamu ingin berkeliling danau menggunakan perahu, tentu ada biaya tambahan yang harus dibayar ya.

Cara Menuju Situ Gunung

Ada beberapa rute yang bisa mengantarmu menuju ke kawasan ini, bila kamu menggunakan kereta api tujuan bogor, lanjutkan perjalanan menggunakan kereta api Pangrango menuju ke Sukabumi untuk kelas ekonomi. Lalu turun di Stasiun Cisaat, selanjutnya lanjutkan naik angkot menuju ke Polsek Cisaat, dan naik angkot lagi menuju ke Situ Gunung.

Untuk kamu yang mau menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya pikirkan ulang, karena jalan Bogor-Sukabumi selalu macet, terlebih lagi ketika week end. Tapi kalau masih mau menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk mengecek kendaraan dalam kondisi prima untuk menghadapi medan jalan yang menanjak dan berkelok menuju Situ Gunung.

Situ Gunung merupakan kawasan di Sukabumi yang menghadirkan berbagai macam hal. Tempat menarik juga eksotis ini sangat pas untuk dijadikan lokasi pelarian ketika kamu merasa penat akan tuntutan pekerjaan yang menumpuk. Tempat ini juga sangat cocok untuk kamu yang sedang igin menyendiri untuk mencari inspirasi.

Nah, setelah menyimak beberapa ulasannya di atas, masih ragu-ragu untuk datang dan menyaksikan sendiri kecantikannya? Jangan lupa untuk membawa kamera terbaikmu, karena panorama yang memukau ini pasti sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke sini? Atau mungkin sudah pernah dan punya pengalaman yang perlu dibagikan setelah datang ke Situ Gunung? Share di kolom komentar yuk!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *