Kabupaten Berau di Kalimantan Timur tidak pernah habis memberikan kejutan yang berupa keindahan alam. Kali ini ada Gua Haji Mangku yang merupakan sebuah gua di tebing pantai terpencil, dan memiliki air yang sangat jernih dan tenang. Tentu saja ada stalaktit yang menghiasi tempat ini layaknya gua alam pada umumnya.

Tempat wisata di Kalimantan ini terkenal sebagai destinasi wisata tersembunyi. Karena, untuk sampai di danau yang jernih dan biru ini wisatawan harus melalui sebuah gua terlebih dahulu. Yang juga sebagai pintu masuk dari danau air payau.

Saat melewati pintu gua yang berair, kamu akan menyaksikan pemandangan cantik namun sekaligus menyeramkan dan sedikit menegangkan. Karena danau dengan warna airnya yang kebiruan ini memiliki ruang yang sempit. Dan kalau dilihat lebih dalam kearah danau, kamu akan melihat pemandangan seperti sebuah jurang yang sangat dalam.

Namun rasa lelah dan takut akan terbayar lunas dengan danau air payau yang memberi kesan seolah sedang berada di dunia lain. Airnya yang kebiru-biruan dengan toska yang bergemilang, membuatnya layak untuk dijadikan sebuah cerita tentang tempat wisata alami dalam sebuah memori kehidupan.

Lokasi Dan Rute Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku berlokasi di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Gua ini berada puluhan meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua dan bisa dijangkau mulai dari Pulau Maratua tersebut. Ada dua alternatif yang bisa kamu pilih untuk menuju ke tempat wisata ala mini, yaitu menggunakan rute darat dan laut.

Untuk rute darat, kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor dari Pulau Maratua menuju ke Desa Payung-Payung. Selanjutnya, kamu harus melakukan trekking ringan yang memakan waktu beberapa jam untuk sampai ke lokasi gua.

Sedangkan jika menggunakan jalur laut, kamu bisa menyewa speed boat atau perahu milik nelayan sekitar dengan waktu tempuh 20 menit saja dari Pulau Maratua. Perjalanan dengan perahu ini akan mengantarkanmu sampai di pinggiran pulau karang atau yang biasa dikenal sebagai trekking point. Dari titik ini kamu hanya perlu trekking ringan sekitar 10 menit saja untuk sampai di area bibir Gua Haji Mangku.

Pesona Gua Haji Mangku

Selain airnya yang jernih, gua ini juga punya pesona lain yang membuat siapapun pasti merasa kagum. Selain sajian alamnya, ada juga beberapa daya tarik yang membuat destinasi wisata di Kalimantan ini layak untuk dikunjungi, apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Lokasinya Yang Tersembunyi

Lokasi gua ini berada di tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun, saat trekking menuju ke gua wisatawan harus ekstra hati-hati karena jalurnya yang berkarang tajam. Setelah beberapa menit melewati pepohonan rindang, sekarang tengoklah ke bawah. Wisatawan akan disambut oleh bibir gua yang memiliki kolam alami memanjang dan airnya yang sangat jernih.

Kesan pertama yang dirasakan oleh kebanyakan pengunjung mungkin aura mistis tempat ini yang membuat bulu kuduk berdiri, tapi cobalah dorong sedikit lagi keberanianmu untuk menyelami airnya yang biru itu.

Birunya Air Kolam Gua

Gua Haji Mangku ini bisa kamu datangi ketika siang hari, dimana sinar matahari terlihat menembus bagian dalam gua yang warnanya biru berkilau. Kamu bisa meloncat terjun lansung dari atas gua maupun masuk dari mulut gua yang setengah bagiannya tertutupi air. Saat siang hari air di kolam gua ini juga terlihat makin biru berkilau dibanding saat sore hari.

Jangan heran kalau kamu merasakan air di gua ini terasa asin, karena Lorong Gua Haji Mangku yang tembus sampai ke laut. Dengan menggunakan peralatan snorkeling standart kamu bisa menikmati indahnya perairan ini dengan sempurna. Sensasi berenang di dalam perut bumi bisa kamu rasakan, layaknya film-film fiksi ilmiah soal dunia bawah tanah.

Tertarik? Langsung saja agendakan keberangkatanmu ke Guah Haji Mangku di Pulau Maratua ini. Biar gak sepi, lebih baik kalau kamu ngajak juga sahabat atau keluarga untuk sama-sama liburan di tempat wisata tersembunyi sambil berpetualang di pelosok bumi pertiwi.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *