Kalimantan selalu saja punya rahasia yang membuat siapapun pasti penasaran untuk mendatanginya. Salah satunya Sungai Sekonyer yang berada di Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah yang mampu memikat siapapun yang meliriknya. Sungai ini merupakan pintu menuju ke Taman Nasional Tanjung Putting yang terkenal menjadi habitat bagi orang utan. Sungai yang membelah hutan hujan tropis lebat ini layaknya Sungai Amazon.

Aktivitas Wisata Menyusuri Sungai Sekonyer

Saat mengikuti wisata tour menyusuri Sungai Sekonyer mungkin sejenak kamu akan merasa seperti berada di tengah Sungai Amazon, Amerika Selatan. Saat memulai penyusuran sungai pada pagi hari, kamu akan menyaksikan kabut tipis yang menutupi kawasan sungai dan sinar matahari pagi yang menembus sela-sela pepohonan. Keseruan perjalananmu akan disapa dengan suara burung-burung cantik di sekitar sungai, tidak jarang kamu juga akan berjumpa dengan fauna menarik lainnya yang tengah berburu makan atau sekedar turun untuk minum di tepi sungai.

Salah satunya adalah burung king fisher atau biasa dikenal dengan Raja Udang yang mungkin bisa sering kamu jumpai di sekitar sungai. Tidak jarang juga ada kapal-kapal wisatawan lain yang bersandar di sepanjang tepi sungai, lengkap dengan lensa kamera panjangnya untuk memotret fauna menakjubkan di Sungai Sekonyer.

Sejarah Sungai Sekonyer

Siapa sangka kalau sungai ini bukan hanya terkenal dengan panoramanya saja, tapi juga punya nilai sejarah tersendiri bagi masyarakat Kalimantan Tengah khususnya. Nama sungai ini ternyata diambil dari nama kapal Belanda, Lonen Konyer. Kapal tersebut karam setelah terkena tembakan Meriam para pejuang yang bersembunyi di bali rimbunnya pohon nipah.

Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tahun 1948, ketika Belanda kembali berusaha menjajah dan menggempur basis gerilyawan Indonesia. Sejak saat itulah, sungai yang awalnya bernama Sungai Buaya ini berganti menjadi Sungai Sekonyer oleh masyarakat.

Waktu terbaik untuk menyusuri sungai ini adalah pada bulan Mei hingga Oktober, atau saat musim kemarau. Karena pada bulan-bulan tersebut peluang untuk berjumpa dengan hewan-hewan liar lebih besar. Hanya saja kekurangannya pada periode tersebut wisatawan akan semakin padat.

Fasilitas Yang Tersedia

Satu-satunya cara menuju Taman Nasional Tanjung Putting adalah dengan naik kapal kelotok. Meskipun begitu, kamu akan dimanjakan dengan fasilitasnya yang membuatmu merasa nyaman selama mengarungi Sungai Sekonyer. Selain ada kasur yang bisa kamu manfaatkan untuk rebahan, penumpang juga bisa menyantap makan siang di bagian belakang kapal. Tentu santap siang seperti ini dapat menjadi pengalaman unik dan sulit dilupakan.

Sungai Sekonyer dan Taman Nasional Tanjung Putting ini dapat menjadi kombinasi yang tepat untuk menghabiskan waktu libur. Apalagi, Tanjung Putting terkenal sebagai salah satu pusat Konservasi Orang Utan. Selain orang utan, primate lain yang ada di kawasan ini adalah beruk, bekantan, monyet merah, dan beberapa hewan nocturnal seperti tarsius dan kukang.

Tour wisata ini biasanya juga mengadakan trekking pada malam hari untuk berjumpa dengan hewan-hewan nocturnal. Pasti seru! Kapan lagi kan kamu bisa jalan-jalan di tengah hutan lebat saat malam hari. Walaupun begitu, tenang saja karena pemandu tidak akan membiarkanmu tersesat atau berjalan sendirian di tengah hutan.

Selain bertemu dengan hewan-hewan liar di habitat aslinya, lihatlah ke atas langit! Cahaya bintang nampak sangat jelas dan cantik, karena jauh dari polusi cahaya bintang di langit nampak sangat jelas dari sini. Mungkin pemandangan langit malam di tempat ini bisa menjadi salah satu momen terbaik yang telah kamu saksikan selama mengikuti tour ini.

Satu lagi yang harus diperhatikan sebelum mengikuti tour menyusuri Sungai Sekonyer. Yaitu, bawalah sampahmu kembali ke desa atau dermaga kapal agar bisa dibuang ke tempatnya. Sayang kan kalau destinasi wisata alam di Kalimantan Tengah yang cantik dan rupawan ini ternoda dengan ceceran sampah plastik yang dibawa oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Nah, tunggu apalagi? Yuk mulai tour Sungai Sekonyer dan masukkan aktivitas wisata seru ini dalam list liburanmu di Kalimantan Tengah. Sayang kan kalau liburan Cuma dihabiskan dengan nonton tv atau main game di rumah aja.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *